Home » , , , » Taman Nasional Batang Gadis

Taman Nasional Batang Gadis

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Thursday, December 4, 2014 | 4:05 AM

PariwisataSUMUT.net - Taman Nasional Batang Gadis atau disingkat TNBG, merupakan satu dari 8 kawasan lindung di Sumatera Utara. Berada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), TNBG menjadi tempat tinggal berbagai jenis habitat flora dan fauna langka.

Sejarah
Taman Nasional Batang Gadis disahkan sebagai wilayah konservasi pada tahun 2004. Nama Batang Gadis diambil dari sebuah sungai yang mengalir di Kabupaten Mandailing Natal yang juga melewati kawasan TNBG. Sejarah Taman Nasional Batang Gadis berawal dari kesadaran masyarakat Madina dan beberapa organisasi peduli kelestarian lingkungan, Berdasarkan kesepakatan maka Pemkab mengusulkan kawasan tersebut sebagai taman nasional.

Luas Kawasan
Dengan luas mencapai 108.000 Ha, Taman Nasional Batang Gadis mencakup 26 % kawasan Kabupaten Mandailing Natal. Namun luas tersebut semakin dikurangi menjadi 72,150 berdasarkan surat keputusan kementrian kehutanan pada tahun 2012. 

Flora dan Fauna
Jumlah total Fauna di TNBG sebanyak 294 ekor mencakup: 247 jenis burung dan 47 jenis hewan mamalia. 51 diantaranya merupakan hewan yang sudah langka ditemukan. Total jumlah flora di TNBG sebanyak 240 jenis tumbuhan. 6 diantaranya adalah flora yang sudah langka dan dilindungi.

Tempat Wisata Di Taman Nasional Batang Gadis
Terdapat 7 objek wisata di kawasan TNBG yakni: Bukit Sopotinjak, Lubuk Larangan Sungai Batang Gadis, Pemandian Air Panas Sibanggor, Air Terjun Sampuran Nagodang, Air Terjun Sampuran Namenek, Danau Saba Begu, Gunung Sorik Marapi dan Air Terjun Pagaran Sigala-Gala.


Unit Kerja
Taman Nasional Batang Gadis terdiri dari 11 unit kerja yakni: 
- Balai Taman Nasional Batang Gadis
- Taman Nasional
- Resort 1 Taman Godang
- Resort 2 Lumban Dolok
- Resort 3 Pagar Gunung
- Resort 4 Alahan Kae
- Resort 5 Sibanggor 
- Ressort 6 Simpang Gambir
- Seksi PTN Wil 1 Siabu
- Seksi PTN Wil 2 Kota Nopan
- Seksi PTN Wil 3 Muarasoma


Ancaman Utama
Sebagai kawasan taman nasional, TNBG tidak luput dari beberapa ancaman seperti: Penebangan hutan liar, perambahan hutan, pertambangan, kebakaran hutan, perburuan fauna dan flora.

Fungsi Kawasan Taman Nasional Batang Gadis
- Sebagai kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS), TNBG berfungsi untuk menjaga dan mempertahankan kebutuhan air di Kabupaten Mandailing Natal
-    Menghindari terjadinya bencana akibat ancaman-ancaman baik dari alam maupun manusia
-    Sebagai sumber pendapatan ekonomi daerah dan masyarakat.
-    Sebagai kawasan pelestarian lingkungan baik flora dan fauna.

Aksesibilitas menuju Taman Nasional Batang Gadis sudah cukup memadai, bila anda berangkat dari Kota Medan maka membutuhkan waktu sekitar 23 jam perjalanan melalui rute Medan - Panyabungan - TNBG dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat baik roda dua maupun roda empat. Salam Peduli Pariwisata Sumut. 
Share this article :
Facebook
1 Komentar
pariwisatasumut.net team

+ komentar + 1 komentar

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net