Widget HTML Atas

Desa Lumban Suhi Suhi, Pusat Penenun Ulos Samosir

penenun ulos - foto: instagram.com/chiwets_0406
Pariwisata Sumut Net - Anda mengenal ulos? atau bahkan telah memiliki kain tenun asli dari tanah Batak tersebut?. Ulos menjadi salah satu ciri khas kebudayaan Batak yang melegenda terutama bagi suku Batak itu sendiri. Ulos kini tidak hanya dicintai oleh halak Batak akan tetapi para wisatawan baik domestik maupun internasional juga melirik ulos sebagai oleh-oleh yang harus dibawa bila hendak pulang ke tempat asalnya.

Desa Lumban Suhi-Suhi, sebuah kawasan yang sejuk dengan atraksi wisata berbeda. Desa ini terletak di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Bila anda berangkat dari Kota Medan, maka membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk sampai ke Desa Lumban Suhi-Suhi. 

Desa Lumban Suhi-Suhi banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sebagai pusat pembuatan berbagai jenis ulos (baca: 19 Jenis Ulos Dan Fungsinya). Desa Lumban Suhi-Suhi benar-benar menarik untuk disambangi.

Baca juga:
Tempat Wisata di Balige, Ibukota Toba Samosir 
Tempat Wisata di Berastagi 
 
Bila anda biasanya berkunjung ke Danau Toba dan membeli aneka oleh-oleh dari Tomok ataupun Parapat, tak ada salahnya jika anda menyempatkan diri melihat langsung pembuatan ulos di Desa Lumban Suhi-Suhi.

Harga Ulos di Lumban Suhi-Suhi berkisar antara Rp. 300.000 - 500.000 untuk jenis ulos yang menggunakan benang biasa. Namun untuk Ulos yang berbahan dasar Benang Sutra, kisaran harganya mencapai Rp.5.000.000. Harga tersebut juga dipengaruhi oleh motif dari ulos itu sendiri karena semakin beragam motifnya maka semakin lama durasi waktu yang dibutuhkan oleh penenun untuk mengerjakan selembar ulos. (Th.E/PSN)**