Top Ad unit 728 × 90

7 Wisata Sekitar Kota Balige yang Asyik untuk Liburan

Tempat Wisata di Balige - Dijadikan sebagai ibukota kabupaten, Balige, kota kecil di Danau Toba yang dipisahkan dari Tapanuli Utara pada 1998 ini sangat populer dengan sejarah peradaban dan budaya Batak. Tak sedikit orang yang sudah berkunjung ingin datang lagi dan menelusuri sederet kekayaan serta tempat wisata di Balige yang begitu memesona.

Kentalnya kultur Batak sangat terasa di berbagai aspek masyarakat Balige, mulai dari situs dan bangunan hingga kekayaan dapat kamu temukan di sekitar Balige yang populer dengan jargon: "Tampakna do Rantosna, Rim Ni Tahi Do Gogona," ini.

Kali ini tim kami akan membawa kamu berjalan-jalan dan menelusuri berbagai destinasi serta tempat wisata Balige yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari situs sejarah, museum hingga atraksi wisata Danau Toba.

1. Pakkodian Toba

pakkodian toba via @dsilaban92
Hanya berjarak 25 menit dari Balige dan berada di Meat, Lintong Nihuta, tempat wisata di sekitar Balige bernama Pakkodian Toba ini menawarkan pemandangan keindahan Danau Toba dengan suasana alami dan masih tergolong asri.

Pantulan cahaya matahari acap kali membuat perairan Toba di tempat ini berwarna toscha. Jika kamu pernah menonton film "Toba Dream", kawasan ini adalah salah satu lokasi syutingnya.

2. Air Terjun Sigura-Gura

air terjun sigura-gura via @satryaazmi
Terkenal sebagai air terjun tertinggi di Sumatera Utara, Sigura-Gura yang terletak di Halado, Pintu Pohan Maranti ini juga bisa diakses dari Kabupaten Asahan. Selain wisata alam, sport tourism berupa rafting juga sudah dikembangkan di sekitar aliran sungai Asahan.

Sigura-Gura terkenal dengan label sebagai air terjun tertinggi di Provinsi Sumut, menandingi Sipiso-Piso di Kabupaten Karo.

3. Pantai Lumban Bulbul

pantai lumban bul-bul
Dapat ditempuh sekitar 33 km dari pusat kota Balige, obyek wisata Pantai Lumban Bulbul punya fasilitas cukup lengkap dengan biaya masuk relatif murah dan letaknya persis di tepi jalan raya.

Di pantai Lumban Bulbul terdapat juga beragam atraksi dan fasilitas wisata seperti speed boat dan banana boat. Kawasan pantai di Danau Toba ini cukup panjang sehingga sering juga dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan event pariwisata.

4. Wisata Bukit Gibeon

bukit gibeon sibisa via @vinoravabean
Memadukan wisata alam dan religi, Bukit Gibeon sempat viral beberapa waktu lalu karena keunikannya. Di tempat ini kamu dapat melihat berbagai rumah peribadatan, rumah doa dan juga kolam renang dimana sumber airnya berasal dari air terjun yang langsung jatuh ke dalam area kolam.
Baca: Agrowisata Paloh Naga Denai Lama 
Beralamat di Parsaoran Sibisa, Lumban Julu ini berjarak sekitar 60 menit dari Balige, rute lainnya bisa dari Parapat (Simalungun) yang hanya memakan waktu 30 menit.

5. Air Terjun Situmurun

air terjun situmurun via @uen_sugary
Hanya ada 1 air terjun yang langsung jatuh ke Danau Toba yakni Situmurun dan sering juga disebut Binangalom. Berlokasi persis di Jonggi Nihuta, Lumban Julu, Tobasa, aksesnya bisa dicapai dengan menggunakan kapal penumpang melalui rute Ajibata atau Parapat sekitar 1 jam sedangkan dari Balige membutuhkan waktu lebih lama yakni 1,5 jam.
Baca: Situmurun, Air Terjun yang Langsung Jatuh ke Danau Toba
Banyak travel agent maupun trip operator yang membuka paket wisata ke Air Terjun Situmurun karena keindahannya.

6. Taman Eden 100

eden 100
Objek wisata yang cukup menarik di sekitar Balige lainnya adalah Taman Eden yang berlokasi di di Lumban Rang, Kecamatan Lumban Julu. Kawasannya yang teduh dan sejuh membuat destinasi ini sangat ocok sekali bagi kamu yang ingin camping sembari menikmati suasana alam yang begitu alami. Di Taman Eden 100 terdapat beberapa spot menarik seperti Air Terjun Lumban Rang, Rumah Tarzan dan Camp Sites. 

Baca: Binahal Indah Resort

Beragam aktivitas juga dapat dilakukan oleh para pengunjung seperti agriwisata, mengunjungi sederet spot eksotis, belajar tanaman khas Batak, mendaki ke Bukit Senyum dan menjelajahi kawasan Taman Eden 100 yang diketahui berada di areal lahan seluas 40 hektar. Fasilitas di sini sudah sangat memadai, ada penginapan dan cafe.

7. Balerong Onan Balige

balerong onan balige via @sandezthira
Kurang lengkap rasanya jika kamu tak melangkahkan kaki ke pusat pasar Balerong Onan Balige yang dahulu dibangun oleh Belanda dan sampai sekarang masih tetap terjaga baik. Disini kamu juga bisa mencicipi aneka kuliner khas Batak, ada mie gomak hingga panganan tradisional lappet yang punya cita rasa menggoda.

Agar lebih update terkait informasi pariwisata di Sumatera Utara, ikuti akun Instagram resmi @pariwisata_sumut ya sobat, ayo telusur wisata Balige (Th.E/AN/PSN).
7 Wisata Sekitar Kota Balige yang Asyik untuk Liburan Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/05/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.