Top Ad unit 728 × 90

Pinggan Pasu Bernilai Ratusan Juta

pariwisataSUMUT.Net - Kebudayaan Batak secara turun temurun tidak terpisahkan dari keberadaan alat-alat ritual tradisional Batak (Habatakon). Salah satu benda peninggalan kebudayaan Batak adalah Pinggan Pasu yang harganya sangat mahal hingga ratusan juta perbuahnya. Lantas kenapa dihargai sangat mahal?

Menurut para tetua Batak, Pinggan Pasu tidak hanya sekedar keramik cina biasa akan tetapi Pinggan Pasu memiliki kekuatan magis seperti membuat sang empunya menjadi kaya raya dan memiliki jabatan tinggi. Oleh karena itu kepemilikannya juga biasanya hanya dikalangan raja-raja Batak saja. Selain itu Pinggan Pasu adalah salah satu alat bagi Datu (Dukun) Batak untuk melakukan ritual seperti penyembuhan orang sakit. Tradisi marpangir (bagi orang Batak) yakni menggunakan air perasan jeruk purut biasanya menggunakan Pinggan Pasu.


Pinggan Pasu berasal dari Daratan Cina, menurut para arkeolog muncul di zaman dinasti Sung dan Yuan. Pinggan Pasu terbuat dari bahan Celadon namun ada juga yang terbuat dari Batu Giok. Pinggan Pasu berbentuk seperti mangkuk atau cawan. Motifnya berbeda-beda, ada yang polos namun ada juga yang bergambar naga dan lain-lainnya.


Hingga kini mahalnya harga Pinggan Pasu disebabkan oleh perburuan para kolektor benda-benda bersejarah dan juga seni. Oleh karena itu pula banyak Orang Batak menjual benda tersebut bahkan dijarah dari kuburan-kuburan tua. (Antonius Naibaho)
Pinggan Pasu Bernilai Ratusan Juta Reviewed by pariwisata SUMUT on January 23, 2015 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.