Top Ad unit 728 × 90

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Pariwisata

pariwisataSUMUT.Net - Pertumbuhan industri pariwisata semakin meningkat seiring dengan fenomena 3T (transportation, telecommunication and tourism). Ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pariwisata baik di suatu negara maupun secara global. 

1. Kemajuan Teknologi
Tak bisa dipungkiri lagi kemajuan teknologi yang seluruhnya hampir menyentuh segala bidang aspek kehidupan seperti transportasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi berpengaruh pada minat wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah karena cakupan informasi yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan ditambah aksesibilitas menuju destinasi wisata juga sudah memadai.

2. Politik dan Keamanan
Isu-isu keamanan dan politik di suatu negara tak hanya berimbas pada sektor perekonomian tetapi juga terhadap sektor pariwisata. Setiap wisatawan yang berkunjung tentu sangat memperhitungkan faktor keamanan oleh karena itu pula fenomena seperti terrorisme, carut-marut politik akan menjadi bahawan pertimbangan bagi setiap wisatawan.  Tidak hanya itu saja, faktor kesehatan di suatu tempat seperti adanya penyakit menular mempengaruhi minat wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata.

3.Demografi

Penduduk dunia semakin bertambah dari tahun ke tahun. Jumlah penduduk tersebut memberi peluang besar bagi industri pariwisata untuk semakin maju dan berkembang. Secara umum, terdapat 3 segmen wisatawan nasional dan dunia yakni mencakup: usia, jenis kelamin dan peminatan. 

Faktor-faktor tersebut diatas sangat berpengaruh dalam hal pertumbuhan pariwisata terlebih revolusi 3T pada industri pariwisata. Seyogianya insstansi baik pemerintah maupun non pemerintah diharapkan lebih aware terhadap 3 hal tersebut diatas demi pertumbuhan pariwisata. Salam peduli Pariwisata Sumut. Oleh: Antonius Naibaho
Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Pariwisata Reviewed by pariwisata SUMUT on March 31, 2015 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.