Home » , , , » Tentang Geopark

Tentang Geopark

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Friday, March 13, 2015 | 9:55 AM


pariwisataSUMUT.Net - Pengertian/defenisi terkait Geopark terdiri dari berbagai macam sesuai dengan organisasi atau lembaga yang mengeluarkan defenisi tersebut. World Geopark dan National Geopark memiliki khasanah dan ruang lingkup berbeda. World Geopark biasanya dikelola/didanai oleh UNESCO sedangan National Geopark dikelola oleh negara dimana objek/kawasan geopark itu berada. 

Berikut 2 defenisi Tentang Geopark
Geopark adalah kawasan geologi dengan nilai ilmiah, sejarah dan jarang memiliki pembanding di tempat lain sehingga dianggap unik.
Geopark adalah kawasan yang merupakana warisan alam (geologi) yang dapat dijadikan sebagai kawasan ekonomi berkelanjutan melalui menejemen terstruktur dan realistis.

Sejarah Geopark
UNCED merumuskan Agenda 21 di Rio De Janerio pada tahun 1992 yang didukung oleh badan internasional dunia dari PBB yakni Unesco untuk meningkatan nilai warisan bumi.

Jaringan Global Geopark UNESCO
1. Lembaga/organisasi masyarakat yang aktif di bidang konservasi geologi
2. Perwakilan nasional dan internasional
3. Man and Biosphere World
4. World Heritage Center UNISCO

Artikel ini merupakan rangkaian dari topik pariwisata SUMUT (pariwisataSUMUT.Net) untuk #Maret terkait Geopark Kaldera Toba, bagi anda yang ingin menyumbangkan tulisan/foto sila kirim via email ke: team.pariwisatasumut@gmail.com dan kami akan mempublikasikan setiap karya yang sesuai dengan kriteria. Oleh: Antonius Naibaho.
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net