Top Ad unit 728 × 90

10 tempat wisata di Pesisir Selatan yang keren dan hits tahun ini

-- --
wisata pesisir selatan via @erico.setiawan.es
Ada banyak tempat wisata menarik di Pesisir Selatan Sumatera Barat yang wajib kamu kunjungi. Apalagi Pesisir Selatan dengan ibukota Painan ini merupakan kabupaten terluas ke-2 di Sumbar dan hanya terpaut jarak sekitar 79,4 kilometer dari Kota Padang.

Destinasi keren mulai dari rekreasi laut berupa pulau dan pantai, keindahan alam, air terjun hingga pertunjukan budaya dapat dijumpai di Pesisir Selatan. Asiknya, tujuan berlibur di Passel tidak hanya menyajikan pemandangan cantik dan memesona, banyak juga yang unik dan tampil ekstra dengan sisi kekinian.

Tempat Wisata di Pesisir Selatan

Berikut adalah 10 tempat wisata di Kabupaten Pesisir Selatan dan Painan yang pariwisatasumut.net rekomendasikan

1. Bukit Langkisau

bukit langkisau - @sumbar_rancak
Berada di jalan Langkisau Salido, obyek wisata bukit di Painan ini menyuguhkan panorama bahari yang eksotik. Dari dataran tinggi Langkisau, mata pengunjung akan dimanjakan pemandangan super menawan.

Bukit Langkisau bisa juga dinikmati melalui aktivitas paralayang atau terjun payung dengan biaya Rp300.000,- yang tentunya akan dipandu oleh jasa profesional. Saat terbang di atas, rumah penduduk dan bangunan tampak seperti miniatur. Ya, keindahan spot yang cocok dijadikan tempat bersantai ini dijamin sulit terlupakan.

Sebaiknya datang ke sana waktu pagi atau sore hari, lantaran cuaca saat siang cukup terik dan panas. Perlu diperhatikan, jalan ke Bukit Langkisau hanya bisa dilewati 1 unit mobil. Tiket masuk ke lokasi gratis kok.

2. Pantai Carocok

pantai carocok via @bulu.dado
Pantai yang tak pernah sepi ini cocok disebut pantai yang merupakan salah satu ikon khas dari Painan. Lokasinya pun cukup dekat, hanya berjarak 5 kilometer dari pusat kota dan berada di jalan lintas sehingga mudah diakses.

Berlibur ke Carocok akan membuat ketagihan, dari berfoto selfie yang keren di spot kekinian dengan latar laut biru, berjalan-jalan di anjungan dermaga, hingga seru-seruan di wahana airnya yang lengkap hingga berburu souvenir.

Pantai yang memiliki nama lain 'Kandang Jawi' ini ternyata sudah menjadi tujuan rekreasi semenjak tahun 80-an sampai sekarang. Pantai pasir putih dan suasana saat sunset di sini memang bikin terpikat.

3. Wisata Mandeh

via @ridlohali
Kawasan wisata terpadu Mandeh yang mulai dikembangkan sejak 2015 lalu merupakan destinasi paling utama di Pesisir Selatan. Destinasi ini mencakup berbagai obyek menawan mulai dari view point di Kelok Nona, spot surfing di Pulau Sironjong Gadang, Pulau Pagang dan Pulau Ular hingga resort wisata di Bukit Ameh.

Saat ini, Wisata Mandeh menjadi destinasi yang sangat diperhitungkan di kancah nasional karena keindahan yang dimiliki. Banyak juga turis mancanegara yang sudah datang berkunjung ke sana terutama untuk aktivitas sport tourism.

4. Pantai Batu Kalang

batu kalang via @decky_abrar_andreas
Masih banyak spot yang tidak kalah cantik di Kecamatan Koto XI Tarusan. Sebut saja Batu kalang yang terkenal karena memiliki pantai berpasir putih. Sisi menarik lainnya dari Batu Kalang adalah adanya bebatuan granit berukuran besar di lepas pantainya. Pemandangan ini tentu mengingatkan kita tentang tempat wisata di Bangka Belitung yang memiliki ciri khas serupa.

Biasanya, Batu Kalang akan ramai ketika memasuki musim libur sekolah lantaran objek wisata ini merupakan alternatif lain dari Carocok. Apalagi, biaya masuk ke Pantai Batu Kalang sangatlah murah, hanya Rp2.000/orang.

Di sepanjang pantai yang berada di Kenagarian Ampang Pulau, berjejer warung-warung kecil yang menjajakan aneka kuliner Pesisir Selatan. Terdapat juga fasilitas payung berwarna-warni yang diperuntukkan bagi pengunjung pantai yang ingin berteduh.

5. Taluak (Teluk) Sikulo

taluak sikulo via @yogioktapratama
Nama Taluak Sikulo mungkin jarang terdengar dan jarang dikunjungi karena kendala akses yang tergolong sulit. Namun bagi para pencari destinasi adventure, Teluk Sikulo di Ampang Pulai ini adalah incaran utama.

Ada 2 opsi perjalanan ke Teluk Sinkulo yang bisa dipilih yaitu berjalan kaki dari Batu Kalang selama 2 jam atau menyewa kapal boat dengan taksiran biaya 500 ribu/boat.

Pesona alam Teluk Sikulo terletak pada kondisi geografisnya yang unik dimana terdapat pulau berukuran kecil yang ditumbuhi sedikit pohon serta dikelilingi air laut yang berombak. Sepintas, spot pemandangan laut di Pesisir Selatan ini mirip seperti di Bali.

6. Pantai Salido

salido beach via @parwitosari
Jika beranjak ke tempat rekreasi di Desa Salido Kecamatan Jurai maka Anda akan menemukan Pantai Salido yang terkesan tenang. Pantai ini sangat sepi karena masih baru dibuka. Vegetasi tumbuhan didominasi pohon pinus sedangkan area pantainya dihampari batu-batu kecil.

Kondisi Salido tersebut cocok sekali bagi traveler yang ingin mengunjungi objek wisata yang memberikan ketenangan. Untuk sampai di lokasi dapat menggunakan kendaraan motor. Namun, fasilitas di sini tidak ada sama sekali itulah mengapa Anda wajib membawa bekal dan kebutuhan sendiri.
 

7. Jembatan Akar Bayang

jembatan akar bayang via @funtimeofmine
Hanya 30 menit dari kota Painan, Jembatan Akar ini banyak dikunjungi karena memiliki sederet fakta menarik. Ya, jembatan dengan panjang 25 meter tersebut terbuat dari akar pohon beringin. Usianya jangan ditanya, sudah 100 tahun sejak dibangun pada 1916 silam oleh Pakiah Sokan.

Semula, jembatan ini hanyalah titi bambu sederhana. Lambat laun, akar pohon beringin pun semakin meluas dan melilit seluruh jembatan yang menghubungkan Desa Lubuk Silau dan Pulut-Pulut tersebut hingga sekarang.

Keunikan Jembatan Akar Bayang lantas membuat warga lain tertarik. Bahkan, wisatawan dari luar daerah pun banyak berkunjung apalagi Sungai Bayang yang berada di bawah jembatan sudah dijadikan pemandian umum. Biaya masuk ke Akar Bayang hanya Rp5.000/orang.

8. Air Terjun Bayang Sani

bayang sani via @harizhapro
Tidak perlu melintasi hutan untuk mencapai air terjun di Pesisir Selatan ini. Pasalnya, lokasi Bayang Sani berada persis di tepi jalan raya Koto Berapak sehingga sangat mudah untuk dicapai. Kalau dari Painan jaraknya juga hanya 20 kilometer saja. Dibuka untuk umum setiap hari, hanya perlu mengeluarkan tiket masuk sebesar 5 ribu.

Posisi air terjun Bayang Sani yang landai dan terdiri dari 7 tingkat ditambah sejuknya udara di sekitar membuat wisata alam ini hits sepanjang tahun. Sensasi menyegarkan akan terasa ketika traveler mandi atau bermain ban bekas di sini.

Nah, tinggi air terjun Bayang Sani diketahui mencapai 80 meter. Kalau cukup berani, Anda dapat menaiki tebing untuk tiba di tingkat  2 dan 3. Dari tingkatan tersebut, terhampar pemandangan yang begitu menggoda mata.

9. Konservasi Penyu Ampiang Parak

ampiang parak via @syartikasriwahyuni
Kawasan ekowisata yang tak lepas dari pengembangan destinasi berbasis lingkungan pun ada di Pesisir Selatan yang terletak di Nagari Ampiang Parak, Kecamatan Sutera. Lokasinya sendiri terpaut 40 kilometer dari Painan.

Ampiang Parak bukanlah pantai biasa, ia terpisah dan tidak menyatu dengan daratan.Sebab itu, pengunjung harus naik sampan untuk dapat menginjakkan kaki di wilayah konservasi penyu tersebut.

Di kawasan konservasi ini, Anda akan melihat proses pengembangbiakan penyu semenjak masih telur, pengeraman, penetasan hingga siap untuk dilepas ke laut.

10. Bukit Bendera Bayang

bukit bendera bayang via @fahrezamiraj
Tematik dengan konsep kekinian, Bukit Bendera Bayang yang terletak di Lubuk Pasing ini menawarkan pemandangan alam dan sekaligus tempat berfoto yang ekstra instagenik. Tiket masuknya pun tidak bikin kantong menipis, cuma Rp 2 ribu. Dari parkiran, perlu tracking selama 20 menit.

Rasanya tidak akan melelahkan kok, sebab di sisi kiri dan kanan, terdapat plang dengan kata-kata gokil khas anak muda. Berada di Bukit Bendera Bayang, siap-siap untuk terkesima. Hijaunya persawahan Nagari Lubuk Pasing tampak keren dan anggun, begitu pun rumah penduduk, terlihat kecil seperti miniatur.

Bukit Bayang ini juga punya catatan sejarah saat agresi Belanda. Menurut literasi, penduduk biasa memantau kedatangan mereka di Bukit Bendera. Yap, mungkin karena bukit ini sangat strategis dan bisa memandang ke berbagai sisi.
10 tempat wisata di Pesisir Selatan yang keren dan hits tahun ini Reviewed by Pariwisata Sumut on 8/12/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.