Home » , , , » Kawasan Wilayah Tanah Dan Kabupaten Karo

Kawasan Wilayah Tanah Dan Kabupaten Karo

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Monday, July 20, 2015 | 1:04 PM


pariwisataSUMUT.Net - Suku Karo tersebar hampir di seluruh provinsi Sumatera Utara. Terkait hal tersebut, terdapat dua istilah yang membedakan suku Karo berdasarkan wilayahnya. Tanah Karo adalah kawasan yang tidak termasuk pada wilayah administratif Kabupaten Karo namun di wilayah tersebut terdapat suku Karo.

Suku Karo yang mendiami Kabupaten Karo dan Tanah Karo dapat anda temukan di wilayah-wilayah berikut:

1. Tanah Karo Kota Medan
Pendiri Kota Medan adalah Guru Patimpus, beliau bermarga Sembiring dan tentu merupakan suku Karo. Guru Patimpus dan isterinya membuka gerbang keberadaan Kota Medan dengan merintis pembangunan dari Sungai Deli dan Sungai Babura. Sebab itulah mengapa Kota Medan selalu memperingati hari jadi pertanggal 1  Juli dimana Guru Patimpus mulai membuka kawasan hutan yang kemudian diberi nama Kampung Medan.

2.  Tanah Karo di Kabupaten Dairi
Kabupaten Dairi adalah asal muasal Suku Pakpak, meski demikian terdapat beberapa wilayah di Kabupaten Dairi yang biasa disebut sebagai bagian dari Tanah Karo yakni:
Kecamatan Taneh Pinem
Kecamatan Gunung Sitember
Kecamatan Tiga Lingga

3. Tanah Karo Kabupaten Aceh Tenggara
Meski berbeda provinsi, Aceh sebagai salah satu bagian dari Pulau Andalas juga memiliki kawasan yang kerap disebut Tanah Karo. Wilayah tersebut tersebar di Kabupaten Aceh Tenggara yakni di Kecamatan Lau Sigala-gala tepatnya di Desa Lau Deski, Lau Perbunga dan Lau Kinga. Selain itu Tanah Karo di Aceh juga terdapat di Kecamatan Simpang Simadam



4. Kabupaten Deli Serdang
Deli Serdang adalah salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karo. Terdapat banyak persamaan kebudayaan yang menyelimuti Kabupaten Karo dan Kabupaten Deli Serdang. Tanah Karo di Kabupaten Deli Serdang dapat anda temukan di wilayah-wilayah berikut:
Kecamatan Sunggal
Kecamatan Gunung Meriah
Kecamatan Sibolangit
Kecamatan Pancur Batu
Kecamatan Kuta Limbaru
Kecamatan Sibiru-biru
kecamatan STM Hulu
Kecamatan Lubuk Pakam
Kecamatan Bangun Purba
Kecamatan STM Hilir
Kecamatan Hamparan Perak
Kecamatan Tanjung Morawa
Kecamatan Galang
Kecamatan Namo Rambe

5. Kabupaten Langkat

Kabupaten Langkat sama halnya dengan Kabupaten Deli Serdang, memiliki batasan wilayah dengan Kabupaten Karo. Sejak dulu, suku Karo telah berdiam di sebagian wilayah perbatasan antara kedua kabupaten sehingga kerap juga disebut sebagai bagian dari Tanah Karo. Kota Binjai yang kini dipisahkan dari Kabupaten Langkat juga merupakan bagian dari Wilayah Tanah Karo.

Terdapat banyak tempat wisata di Kabupaten Karo yang perlu anda explore, keindahan Danau Toba dari Bukit Gundul dan pesona air terjun Sipiso Piso yang merupakan salah satu air terjun terpanjang di Indonesia tidak boleh anda lewatkan. Telusuri Tempat Wisata Di Kabupaten Karo dan salam sejuta manikam Pariwisata Sumatera Utara. (Oleh: Antonius Naibaho)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net