Top Ad unit 728 × 90

Upacara Adat Pakpak Pada Ruang Lingkup Kampung

pariwisataSUMUT.Net - Upacara Adat Pakpak yang ruang lingkupnya dilakukan di tengah-tengah keluarga atau secara lebih besar di lakukan oleh segenap masyarakat di sekitar kampung ditujukan sebagai perayaan terkait hal-hal bahagia dan ucapan syukur.

Pada upacara ini, terdapat 6 jenis upacara tradisional yang hingga kini masih kerap dilakukan oleh masyarakat Pakpak yakni:
1. Menerbeb
2. Mendegger Uruk
3. Merkottas
4. Meneppuh Babah
5. Mbengket Bages
6. Mengambat

Setidaknya terdapat 24 upacara adat Pakpak yang masih dilakukan secara turun temurun meski pada hakikatnya masih banyak upacara lainnya. Kehadiran agama di tengah-tengah masyarakat Pakpak menyebabkan beberapa upacara atau ritual ada dihilangkan karena tidak sesuai dengan norma. Silahkan baca artikel terkait yang berjudul: Upacara Adat Pakpak Sistem MataPencaharian Hidup dan Upacara Adat Pakpak.


Semoga artikel ini dapat membantu untuk memberikan pemahaman lebih jauh tentang kekayaan dan keberagaman kebudayaan di Sumatera Utara. Salam Sejuta Manikam Pariwisata Sumatera Utara. ( Oleh: Antonius Naibaho – Founder Pariwisata Sumut )
Upacara Adat Pakpak Pada Ruang Lingkup Kampung Reviewed by pariwisata SUMUT on July 18, 2015 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.