Home » » Pariwisata Sumatera Utara

Pariwisata Sumatera Utara

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Friday, August 5, 2016 | 2:04 AM


Pariwisata Sumut merupakan salah satu sektor penting di Sumatera Utara. Pariwisata Sumut amatlah beragam dan sangat menarik untuk ditelusuri. Keindahan panorama alam, kekayaan bahari dan keberagaman budaya yang menyatu menjadikan Sumatera Utara layak dijadikan sebagai destinasi wisata yang perlu dikembangkan agar berdampak baik untuk kemajuan provinsi Sumut.

Pariwisata Sumut menyebar di setiap kabupaten dan kota, masing-masing memiliki andalan wisata serta keunikan budaya tersendiri. Medan sebagai pusat pemerintahan provinsi kerap juga disebut the small city of Asia. Sebab heterogenitas bangsa dan budaya telah berpadu padan. Berbagai suku asli dari Sumatera Utara seperti Batak (Toba, Karo, Mandailing, Angkola, Pakpak dan Simalungun), Nias, Melayu dan etnis pendatang seperti Padang, Minang, Tionghoa, dll menetap dan tinggal di Medan, kota terbesar ketiga di Indonesia yang semakin berkembang menjadi salah satu kota metropolitan. Itulah sebabnya mengapa Medan ditetapkan sebagai satu dari beberapa kota besar yang dijadikan sebagai pusat indutri MICE (Meeting Industry), 

Wisata Budaya dan Sejarah
Pariwisata Sumut tidak terlepas dari keberagaman dan keunikan budaya yang dimilikinya. Samosir dikenal sebagai pusat peradaban suku Batak yang menaungi 6 etnis yang telah menyebar ke penjuru Sumatera Utara. keberadaan kerajaan Cina di Belawan yang saat ini terus digali oleh para peneliti, Ugamo Malim (Parmalim) yang dianut oleh sebagian masyarakat Batak dan berpusat di Huta Tinggi, memegang erat adat-istiadat Batak. Pesona Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal dengan Gordang Sambilan, musik tradisional yang gaungnya telah dikenal oleh mata dunia. Menelisik wisata sejarah di Sumatera Utara, Nias dikenal sebagai peradaban megalitikum tertua di Indonesia bahkan dunia. Budaya dan Sejarah Sumatera Utara menjadi bingkai yang menarik untuk ditelurusi. Wisata heritage yang mulai nge-trend bagi para travelers kembali mengangkat situs-situs peninggalan berserajarah, di Kota Medan anda dapat berkunjung ke Gedung London Sumatera (Lonsum), istana Maimun, Masjid Raya Medan, Vihara Gunung Timur dan lain-lainnya.

Wisata Olahraga
Pariwisata Sumut juga memiliki pesona wisata bahari yang tak kalah menarik, sebut saja Nias, spot surfing tingkat internasional yang selalu dipadati oleh wisatawan asing. Selain itu ada juga Pacuan Kuda di Tapanuli Utara tepatnya di Siborong-Borong dan Paragliding di Hutatinggi, Tapanuli Utara. Bagaimana dengan olahraga/permainan tradisional?. Etnis Batak terutama mereka yang tinggal di kawasan Danau Toba mengenal Lomba Solu Bolon, solu dalam bahasa Batak berarti perahu, sebauh permainan tradisional mengarungi Danau Toba. 

Wisata Religi
Pariwisata Sumut tak akan kalah menarik bila dijadikan sebagai tujuan perjalanan wisata religi. Barus, Tapanuli Tengah dikenal sebagi kota pertama di Indonesia sebagai pusat syiar agama Islam. Ada juga tempat wisata bagi umat kristiani di Tarutung, yang dikenal sebagai daerah pertama zending ke kristenan bagi bangso Batak (Suku Batak). Megah berdiri Salib Kasih, dimana Nomensen mulai menyebarkan agama Nasrani. Di kabupaten Dairi terdapat objek wisata Taman Iman Dairi, berlokasi di Sitinjo, dengan mengusung keberagaman dan kerukunan umat beragama di Indonesia. Bagi umat Hindu, Desa Pegajahan di Kabupaten Serdang Bedagai layak dijadikan sebagai tempat wisata religi yang kerap juga disebut Balinya Sumatera Utara. Kabupaten yang mengandalkan wisata religi (pilgrim tour) diantaranya: Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Tapanuli Utara.

Wisata Alam
Wisata Alam di Sumatera Utara merupakan andalan pokok pariwisata Sumut. Danau Toba dikenal sebagai danau terbesar di Asia Tenggara dan telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Nasional Pariwisata juga National Geopark Indonesia. Masih ada beberapa danau lainnya di Sumatera Utara diantaranya Danau Marsabut, Danau Tao, Danau Siombun, Danau Sidihoni dan lainnya. Mengintip keindahan Batu Kapur di Simlaungun, Tinggi Raja anda akan terkesima dengan panorama alam yang benar-benar memukau, perbukitan kapur dengan air belerang membentuk danau adalah sebuah pemandangan yang memukau.  Bagi anda para petualang, cobalah menguji adrenalin ke Gunung Sibuaten, Gunung Sibayak, Gunung Pussuk Buhit, Gunung Sorik Marapi yang cukup dikenal oleh para hiker/climber. Kabupaten yang mengandalkan wisata alam sebagai destinasi wisatanya adalah: Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Karo, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Selatan. Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Dairi.

Wisata Bahari
Wisata pantai dan pulau di Sumatera Utara tidaklah kalah menarik bila dibandingkan dengan provinsi lainnya di Sumatera Utara. Nias dikenal dengan gradasi warna laut memukau, spot snorkeling yang menarik dengan hiasan alami, terumbu karang serta ikan-ikan akan membuat anda betah berlama-lama untuk berlibur di Nias. Tapanuli Tengah dengan jajaran 34 pulau, sebagian besar belum bernama adalah jamrud khatulistiwa yang mengagumkan di Sumatera bagian Utara.

Transportasi 
Transportasi masih menjadi kendala besar bagi perkembangan Pariwisata Sumut. AKsesibilitas menuju daerah tujuan wisata belum cukup memadai sehingga diperlukan peranan dari stakeholder untuk mengatasi permasalahan ini meski Sumatera Utara. 

Sarana Penginapan dan Hotel
Hampir di seluruh ibukota kabupaten dan daerah tujuan wisata dapat ditemukan hotel dan penginapan yang beragam, tentu saja anda dapat menyesuaikannya dengan budget yang anda miliki. Hotel di kota Medan kebanyakan telah mengikuti perkembangan industri MICE sehingga mempermudah kinerja para pengelola event (Event Organizer).

Untuk membantu anda menelusuri Sejuta Manikam Pariwisata Sumatera Utara, kami Pariwisata Sumut Network hadir sebagai platform informasi pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif di Sumatera Utara. Anda dapat dengan memudah mengetahui destinasi wisata, objek wisata, hotel dan ekonomi kreatif melalui situs Pariwisata Sumut Network (pariwisataSUMUT.Net).
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net