Top Ad unit 728 × 90

Ciri-Ciri Orang Batak dan 7 Fakta yang Harus Kamu Ketahui



Batak adalah suku yang berasal dari Sumatera Utara, suku ini telah tersebar di penjuru nusantara dan bahkan banyak pula yang telah menetap tinggal di luar negeri. Terlepas dari penampilan, banyak yang selalu bertanya tentang ciri-ciri orang Batak itu bagaimana

Salah satu stereoptye yang berkembang di tengah masyarakat adalah Suku Batak beragama Kristen. Namun pada kenyataannya, Batak menyakini berbagai macam agama seperti Kristen, Islam dan berbagai kepercayaan lokal lainnya. Sebut saja Mandailing dan Angkola yang mayoritas menganut agama Islam sedangkan Toba menganut agama Kristen. Lain hal dengan etnis Karo dan Pakpak, dua suku ini memiliki persentase seimbang.

Berbicara tentang karakter dan ciri-ciri orang Batak, tentu saja tidaklah mudah sebab secara personal, karakter tersebut dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal dan lingkup pergaulan mereka. Jadi, 7 fakta di bawah ini disarikan dari fakta-fakta dominan.

1. Mengenal Istilah Tarombo
travelingmedan.com
Tarombo pada suku Batak amatlah penting terutama dalam lingkungan adat-istiadat. Tarombo menjadi pedoman dalam struktur silsilah keluarga. Tarombo memiliki ikatan kuat dengan istilah Dalihan Na Tolu, sebuah falsafah bagi masyarakat Batak yang terdiri dari 3 nilai utama.

2. Identik dengan Pesta
kapanalagi.com
Pesta adat bagi Batak bukanlah sarana untuk berfoya-foya, namun sebagai wujud dalam menghormati perjalanan hidup manusia mulai dari lahir, berkeluarga hingga meninggal kelak. Beberapa pesta yang biasanya dilakukan oleh etnis Batak adalah Pesta Saur Matua, Pesta Perkawinan (Mangadati) dan lainnya.

Baca juga: 5 Foto Pakaian Batak ala Selebriti

3. Berwatak Keras dan Tegas dalam Bernegosiasi
image: liputan6.com
Salah satu nilai positif dari orang Batak adalah wataknya yang keras sekuat baja. Bila ia sudah percaya terhadap sesuatu, maka akan sulit untuk digoda oleh siapa pun itu. Nah sekarang sudah tahu kan kenapa banyak orang Batak yang berprofesi sebagai pengacara kondang seperti Ruhut Sitompul dan Hotman Paris Hutapea. 

Baca juga: Mengenal Gorga, Seni Ukir dan Lukis dari Suku Batak

4. Pekerja Keras
allenfotowild.com
Suku Batak juga terkenal sebagai pekerja keras, gigih dan ulet. Mereka tidak peduli terhadap omongan orang lain, profesi yang dilakoni juga tak pernah memandang gengsi, sejauh itu halal, ya kerjakan saja.

Baca juga: Rumah Adat Suku Batak di Sumatera Utara

5. Santun Dalam Berbicara


Meski memiliki logat yang mungkin terdengar kasar bagi orang lain, suku Batak justru berpegang teguh pada Dalihan Na Tolu yang mengatur suku Batak dalam berinteraksi dengan lingkungan. Apalagi terhadap sosok yang lebih tua, pantang sekali untuk menyebut nama.

Logat kasar ini tak akan pernah kamu dengar bila bertemu dengan etnis Mandailing, nah etnis yang berasal dari Kabupaten Mandailing dan Kota Padang Sidempuan ini memang terkenal dengan logat yang terdengar romantis dan sedikit mendayu.

6. Parbada
instagram.com/medanspot
Salah satu alasan kenapa ada istilah "Jangan Cari Pasal Sama Orang Batak" adalah karakter Parbada yang dimiliki oleh suku ini. Karena kalau sudah menganggap seseorang itu musuhnya, maka bumi pun bisa digoncangkan.

7. Wanita Tangguh
instagram.com/medanfoto
Kalau mau cari istri yang baik, sudah saatnya mendekati teman-teman kamu yang berasal dari Suku Batak. Alasannya kenapa? gadis Batak dikenal tangguh dan pejuang. Mereka tidak segan-segan melakukan berbagai pekerjaan demi menghidupi keluarga, tak pula merasa puas bila hanya bekerja di dapur saja. Bahkan pada realitasnya, bila dibandingkan dengan kaum pria, kaum wanita dari Suku Batak lebih banyak bekerja ketimbang suami. ( Penulis/Editor: Antonius Naibaho )
Ciri-Ciri Orang Batak dan 7 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Reviewed by pariwisata SUMUT on October 14, 2017 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.