Top Ad unit 728 × 90

Wisata Danau Laut Tador di Kabupaten Batubara

Batubara - Danau Laut Tador mungkin menjadi salah satu objek wisata di Sumatera Utara yang kurang diperhatikan. Memiliki potensi sebagai destinasi wisata, danau ini tentu akan menjadi sumber pendapatan daerah apabila dikelola secara baik sama seperti beberapa tempat wisata lainnya di Batubara seperti Pulau Pandang dan Salah Namo.


Lokasi Danau Laut Tador
Terletak di Desa Laut Tador yang masuk ke dalam wilayah administratif Batubara, berada di area perbatasan Batu Tohap dan Desa Tanjung Perapat. Rute menuju objek wisata ini dapat dicapai dengan menggunakan transportasi publik maupun pribadi melalui rute Medan - Indrapura.

Aksesibilitas menjadi salah satu kendala yang membuat wisatawan sedikit gerah, belum tersedia sarana dan prasarana yang memadai namun bagi yang hobby berpetualang, mungkin ini akan menjadi salah satu daya tarik untuk berkunjung.

Danau Laut Tador memiliki pemandangan nan indah, kontur wilayah pegunungan yang memiliki danau ini memberi suasana yang berbeda, Tak hanya mengandalkan pemandangan alam tersebut, disekitar danau ini juga terdapat banyak tumbuhan langka.

Areal Danau Lau Tador memang tidak seluas danau-danau lainnya di Sumatera Utara, akan tetapi bagi yang ingin mendapatkan sensasi berbeda tentu tak menjadi masalah. Di tengah danau terdapat sebuah pulau kecil yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.


Asal Mula Nama Laut Tador
Mitos yang berkembang di tengah masyarakat Batubara, memberikan penjelasan mengapa objek wisata di Batubara ini dinamai Danau Laut Tador. Menurut penduduk setempat, dahulu kala seorang putri raja mengadakan sebuah pesta besar, dari kejauhan terdengar bunyi "Mar Hup-Hup Maho Tador" sehingga lama kelamaan penduduk menamainya Danau Laut Tador.

Danau Lau Tador sebenarnya sudah semakin diperhatikan, ada beberapa perusahaan yang membantu penghijauan di sekitar lokasi dan juga beberapa penduduk setempat mulai peduli akan kelestarian Danau Lau Tador. 

Objek wisata ini kini sudah semakin ramai dari tahun ke tahun meski masih sebatas penduduk Kabupaten Batubara. Tersedia beberapa pondok kecil sebagai tempat beristirahat di sekitar Danau dan juga pulau kecil di tengah danau. Bila rasa lapar mendera, anda dapat singgah dan mencicipi makanan yang juga dapat anda temukan di tepi Danau Lau Tador. (ED/PSN)
Wisata Danau Laut Tador di Kabupaten Batubara Reviewed by Pariwisata Sumut on November 19, 2017 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.