Top Ad unit 728 × 90

Eksotis! Keindahan Pulau dan Air Terjun Mursala Ini Tiada Duanya

Air Terjun Mursala - Batas geografis berupa laut yang mendominasi sebagian besar wilayah Tapanuli Tengah membuat kabupaten dengan ibukota Pandan ini memiliki 33 pulau, tersebar di wilayah perairan laut Samudera Hindia. Tapteng sungguh layak disebut sebagai destinasi bahari tercantik yang dimiliki oleh Provinsi Sumatera Utara.

Adalah Mursala, sebuah pulau di gugusan kepulauan Tapanuli Tengah yang sudah sejak lama diincar oleh banyak traveler nusantara. Keindahan Pulau dan Air Terjun Mursala bahkan sudah diabadikan melalui dua film ternama, yakni film 'King Kong' (2005) besutan Peter Jackson produser luar negeri dan film 'Murshala' (2013) karya Anna Leiden Sinaga yang tayang di bioskop Indonesia.

air terjun dan pulau mursala
Bagi yang sudah pernah berkunjung ke tempat wisata di Tapanuli Tengah ini, pasti setuju jika film 'King Kong' dan 'Mursala' menjadi bukti jika Pulau dan Air Terjun Mursala memang memiliki keindahan yang tiada duanya.

Panorama Unik Air Terjun Mursala
Adanya air terjun unik yang langsung jatuh ke permukaan laut mungkin menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung untuk mendatangi Pulau Mursala yang boleh disebut satu-satunya di kawasan Andalas.

Berdasarkan pengukuran, tinggi air terjun Mursala mencapai 35 meter. Sumber airnya diketahui berasal dari bagian puncak pulau Mursala yang memang terlihat dipadati oleh tumbuhan hijau berupa pohon. Uniknya, Air Terjun Mursala tidak pernah mati dan terus mengalir sepanjang musim. Perubahannya hanya terjadi jika musim kemarau panjang tiba dimana debit air terjun sedikit berkurang.

air terjun mursala
Sederet Fakta Pulau Mursala
Luas Pulau Mursala diketahui mencapai 8.000 hektar (ha) dan sama sekali tidak dihuni oleh manusia. Hal tersebut dikarenakan kondisi pulau yang memang tidak memungkinkan. Itulah mengapa paket wisata ke Pulau Mursala selalu menyertakan pulau Putri, karena dari sekian banyak pulau di Tapteng, hanya Pulau Putri dan Pulau Poncan yang cocok untuk dijadikan sebagai lokasi menginap.

Alamat dan Peta Lokasi Pulau Mursala
Hampir seluruh pulau di Tapteng termasuk Pulau dan Air Terjun Mursala berada di wilayah Desa Tapian Nauli 1, kecamatan Aek Nauli kabupaten Tapanuli tengah.

Rute Menuju Lokasi
Perjalanan menuju pulau Murshala dapat ditempuh dari Kota Medan menggunakan kenderaan pribadi maupun umum dengan waktu tempuh sekitar 8 jam. Di perjalanan anda dapat singgah di beberapa objek wisata yang pasti dilewati seperti Batu Lobang. Sesampainya di Pandan (ibukota Tapteng) anda dapat menggunakan transportasi laut sewa, ada banyak boat yang dapat dirental untuk menuju pulau Murshala.

air terjun murshala
Fasilitas
Di Pulau Mursala tidak terdapat fasilitas seperti hotel, penginapan maupun restaurant. Untuk itu anda dapat memilih untuk mencari penginapan di Pandan atau juga boleh di Pulau Putri Tapteng.

Aktivitas dan Kegiatan Wisata di Sekitar Mursala
Snorkeling di Pulau Murshala adalah kegiatan yang paling dianjurkan, hanya dengan mengapung saja anda dapat menyaksikan keberagaman dan aneka tumbuhan/hewan laut. Berbagai jenis koral dan ikan berwarna-warni akan menggoda anda untuk berlama-lama. Apabila ingin lebih mengenal dekat, aktifitas Diving adalah kegiatan yang paling cocok. Kedua aktivitas diving dan snorkeling tersebut dapat dilakukan di salah dua spot yang sudah terkenal bernama Teluk Labuah Hunik dan Pulau Jambe. Jangan lupa membawa alat pancing, disekitar kawasan Pulau Murshala juga terdapat berbagai jenis ikan dengan ukuran besar.


Menelusuri keindahan bahari di kawasan Pulau Murshala tak akan cukup bila hanya satu hari saja, Karena banyaknya jumlah pulau di kawasan Murshala dengan keunikan dan pemandangan tersendiri. Keindahan laguna Pulau kalimatung Na Menek dan Pulau Silabu Na Godang akan mengajak anda untuk segera berlari menelusuri pertemuan kedua pulau tersebut, hamparan pasir putih bak mutiara dapat anda saksikan di Pulau Putri. Putar kemudi anda dan segera berlayar untuk menyaksikan keunikan dari Batu Garuda di Pulau Silabu Na Menek. Batu tersebut menjorok diatas ketinggian 70 meter disekitar pantai menyerupai seekor burung yang tengah terbang.(PSN/SK)*
Eksotis! Keindahan Pulau dan Air Terjun Mursala Ini Tiada Duanya Reviewed by Pariwisata Sumut on 11/13/2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.