Widget HTML Atas

10 Pantai di Tapanuli Tengah yang Indah dan Hits, Bikin Terpikat!

Anda tengah berkunjung ke Tapanuli Tengah? atau sedang merencanakan perjalanan wisata ke negeri sejuta pesona ini? Tak perlu khawatir, Tapteng dan kota Pandan memiliki banyak destinasi pantai yang indah dan sangat menarik.

Wisata pantai di Tapanuli Tengah menjadi tujuan utama yang banyak dikunjungi karena menyimpan keelokan pesona bahari laut serta dekat dari ibukota, yaitu Pandan. Pantai-pantai di Tapteng juga tidak membandrol tiket masuk yang terlalu mahal. Bahkan sebagian besar dapat dikunjungi secara gratis. Dimana saja lokasinya? yuk simak ulasan pariwisatasumut.net berikut.

1. Pantai Putri

pantai di tapteng
pantai putri tapteng
Pantai Putri kerap dijadikan perbincangan lantaran memiliki pasir putih dan laut biru toscha yang memanjakan mata. Tak perlu berpikir dua kali untuk melangkahkan kaki, dijamin akan sangat puas berlibur dan berenang di airnya yang menenangkan.

Untuk menuju objek wisata pantai yang terletak di pulau puti, Kecamatan Tapian Nauli tersebut. pengunjung harus menyewa kapal penyeberangan dari pelabuhan Pandan atau Sibolga terlebih dahulu. Perjalanannya sendiri kurang lebih 3 jam.

Sayangnya, pantai ini belum memiliki properti penginapan. Jadi jika maunya mengeksplor panorama pantai, lebih baik berangkat pagi dan sorenya pulang ke kota. Nah nanti bermalam di Pandan saja, kami sudah siapkan ulasannya: hotel di tapanuli tengah sebagai referensi.

2. Pantai Binasi

pantai binasi
Pantai Binasi merupakan tujuan rekreasi yang dikenal sebagai lokasi wisata bahari favorit terutama oleh warga lokal. Aksesibilitas, sarana dan prasarana yang tersedia di pantai ini turut mendukung kenyamanan para pelancong.

Tempat rekreasi publik berupa pantai ini terletak di jalan lintas Sibolga - Barus. Selain daya tarik bebatuan, kita juga menjumpai kilauan pasir putih serta pohon kelapa yang tumbuh berjejer rapi di pinggir pantai.

Sederet pedagang membuka lapak berjualan di sini, menunya ragam sea food dan minuman ringan. Seraya melepas dahaga, kita bisa memotret panorama pantainya yang benar-benar menyajikan beach vibe.

3. Pantai Bilalang

pantai bilalang
pantai bilalang barus
Pantai di Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah ini lumayan sepi lho. Mungkin karena lokasinya yang jauh dari ibukota atau justru masyarakatnya sudah bosan dengan pemandangan pantai kali ya?. Makanya, rata-rata pengunjungnya pun berasal dari luar daerah.

Tiada aktivitas yang dapat kita lakukan selain menyaksikan alamnya yang biru. Dibandingkan objek serupa, Bilalang menjadi destinasi paling jarang dikunjungi wisatawan. Sebagian besar tamu luar lebih kepincut untuk mendatangi objek terbaru yaitu Pantai Indah Pandan.

4. Pantai Sosor Godang, Pulo Pane

pantai pulo pane image via gaja ernita
Pantai di Sosor Godang yang bernama Pulo Pane satu ini berada di kecamatan Barus. View eksotis semenanjung Pulo Pane ini paling hits. Di sini, kita dapat menyaksikan hamparan alam yang luas dengan tanjung yang menjorok ke arah laut.

Pantai yang biasanya jadi tempat berlabuh kapal-kapal nelayan dan boat tersebut sangat menarik dipandang oleh mata, terlebih saat cuaca sedang cerah. Awan putih menyelimuti perbukitan dan laut biru memantulkan warna. Suasana sunset di pantai ini pun sulit diungkapkan indahnya.

Untuk tujuan wisata keluarga, pantai yang bagus di Tapanuli Tengah ini sangat direkomendasikan. Ombaknya tidak kencang dan areanya pun sangat luas. Pinggir lautnya tenang dan dangkal jadi anak-anak dapat leluasa bermain air.

5. Pantai Kalimatung

pantai kalimatung
Pantai ini berada di pulau Kalimantung dan sangat anyar di kalangan traveler domestik. Banyak yang terpikat oleh kecantikan pantai tersebut. Setiap pelancong yang sudah pernah menjelajahi eksotikanya pasti tak berat untuk mengakui.

Air di pantai ini cenderung hangat sehingga ikan, terumbu karang dan tumbuhan laut tumbuh subur di bawahnya. Keindahan yang sangat terjaga itu dapat disaksikan melalui kegiatan snorkeling atau diving.

Semakin ditelusuri, pantai tersebut akan tambah memesona. Terutama ketika sedang melintasi lautnya. Beberapa pengunjung bahkan pernah melihat atraksi ikan lumba-lumba.

6. Pantai Kalangan

pantai kalangan
Destinasi di urutan ke 6 yang tentunya masih terletak di seputaran Tapteng, yaitu pantai Kalangan.

Buat yang belum tahu, Kalangan ini menjadi lokasi event pariwisata di wilayah Tapteng yang paling khas. Seperti diketahui, kabupaten yang bersebelahan dengan Sibolga tersebut selalu rutin mengadakan ritual budaya Kenduri Laut.

Fasilitas di pantai tersebut dijamin memadai. Terdapat berbagai macam amenitas sesuai standar objek wisata, seperti bilik bilas, spot pandang hingga tempat berfoto selfie. Tak kurang menarik adalah beragam permainan air yang seru.

7. Pantai Batu Gerigis

pantai batu gerigis
Batu Gerigis adalah pantai yang unik. Objek wisata bahari ini sudah menjadi lokasi wisata lokal yang dipadati oleh pengunjung, terutama bila musim libur tengah tiba. Ibarat pemandian alam, pengunjung bebas untuk berenang.

Terletak di Barus, pantai ini memiliki sarana dan prasarana yang sudah lengkap, tersedia sudut kuliner dan penyewaan alat-alat aktivitas pantai. Bermain olahraga pantai akan sangat menyenangkan.

8. Pantai Pandan

pantai pandan
Pantai Pandan, mungkin anda sudah kerap mendengar pantai eksotis ini, Terletak di tepi pusat perkotaan Tapanuli Tengah, ia seolah menjadi penyegar ditengah hiruk pikuk dan aktifitas masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Pantai Pandan sudah menjadi primadona sejak dulu, saat masa penjajahan kolonial Belanda yang mengekspansi Sumatera Utara. Pantai ini memiliki sarana dan prasarana yang sangat memadai seperti pusat kuliner, penyewaan peralatan aktifitas pantai dan juga berbagai souvenir khas Tapteng maupun Sibolga.

9. Pantai Kade Tigo

kade tigo
Kade Tigo, dari kata-katanya saja sudah bisa ditebak bahwa masyarakat di Tapteng dan Sibolga berasal dari berbagai etnis dan rumpun. Sehingga tak jarang kita menemukan berbagai logat bahasa penduduk Tapteng.

Pantai Kade Tigo terletak di kecamatan Barus. Pantai ini sangat indah bila dinikmati saat matahari akan terbit dan juga akan terbenam. Kade Tigo biasanya dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berwisata bahari.

10. Pantai Sitiristiris

sitiris-tiris tapteng
Pantai Sitiristiris terletak di kecamatan Andam Dewi. Ia memiliki pemandangan garis pantai yang indah. Sepanjang bibir pantai, anda dapat menikmati air laut, gemercik yang menyentuh kaki anda, sebuah perjalanan yang tak akan mudah anda lupakan.

Pengunjung juga dapat melihar para nelayan yang sedang bekerja secara konvensional. Hendak membawa oleh-oleh khas ikan dari Tapteng? nah di sini lho pusat jual-beli ikan segar yang baru ditangkap dari laut.

Ulasan 10 pantai yang indah di Tapanuli Tengah tersebut dapat dijadikan referensi tatkala menjelajah pesona bahari di barat provinsi Sumatera Utara. Namun, masih banyak lagi destinasi lain yang juga asik.

Seandainya ingin memilih tempat lain, kami sajikan daftar pantai di tapteng berikut sebagai referensi: 11) pantai Simanuk-Manuk 12) Muara Takus 13) Sipaubat 14) Kade Gadang 15) Hajoran 16) Kute 17) Lubuk Tukko 18) Kahona 19) Pantai Bottot dan 20) Muara Koling. (Text: Antonius Naibaho - Foto: Johny Siahaan).

Berlangganan via Email