Widget HTML Atas

Siulak Hosa: Objek Wisata Olahraga di Kabupaten Samosir

Siulak Hosa merupakan tempat wisata olahraga di Samosir - terletak di kawasan pegunungan yang mengitari danau terbesar di Asia Tenggara, Toba. Pada perhelatan FDT dan PDT, lokasi ini dijadikan sebagai spot perlombaan paralayang (paragliding) baik untuk tingkat nasional maupun internasional.


Surga diatas awan, begitulah kami menyebutnya. Panorama yang begitu memukau tampak diselimuti gumpalan awan putih, titik-titik lubang diantara awan memberi celah untuk mengintip permukaan danau Toba nun jauh di bawah sana.

Lokasi
Siulak Hosa berada di kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara

Rute/Alamat/Jalan
Untuk menuju objek wisata ini, bila anda berangkat dari Medan sila menuju Tomok melalui Parapat atau boleh juga melalui Tele. Sesampainya di Tomok lanjutkan perjalanan ke Siulak Hosa


Aksesibilitas
Perjalanan anda mungkin akan sedikit terganggu dengan kondisi jalan yang belum memadai, selain itu tidak tersedianya penunjuk arah membuat pengunjung banyak yang kehilangan arah. Sebenarnya di jalur ini juga terdapat sebuah tempat wisata lainnya yang bernama Batu Marhosa dan beberapa air terjun kecil. Demi keselamatan lebih baik menggunakan jasa guide atau meminta para penyewa motor untuk mengantar langsung ke Siulak Hosa.

Sarana dan Prasarana
Tidak tersedia fasilitas apapun di lokasi, untuk itu sila bawa perbekalan anda selengkapnya. Jangan lupa membawa mantel atau jacket karena suhu di Siulak Hosa lumayan dingin.

What To Do
Selain menikmati panorama alam yang begitu menakjubkan, salah satu kegiatan wisata olahraga yang kerap dilakukan disini adalah Paragliding. Namun bila anda menginginkannya, anda harus berkordinasi/menghubungi dinas pariwisata karena pargliding/paralayang disini hanya dilakukan di saat-saat tertentu saja.

Temukan keindahan Danau Toba lainnya di Simanindo pada artikel kami sebelumnya: 23 Tempat Wisata Di Simanindo. Salam Peduli Pariwisata Sumut (Oleh: Antonius Naibaho)