Top Ad unit 728 × 90

6 Pelabuhan Terbesar yang Ada di Sumatera Utara

Pariwisata Sumut - Indonesia dengan kekayaan lautnya memang kerap menjadi sorotan dunia. Pun pariwisata di bidang marine, mulai dari pantai hingga pulau eksotik dan tersebar di berbagai penjuru Nusantara bak surga wisata yang banyak menarik perhatian traveler mancanegara maupun lokal.

Demi menunjang sektor pariwisata dan ekonomi lainnya, maka di setiap provinsi banyak berdiri pelabuhan besar sebagai sarana transportasi laut yang melayani rute ke berbagai destinasi, termasuk Pelabuhan di Sumatera Utara.

Beberapa kabupaten dan kota di provinsi ini memang dipisahkan oleh lautan dan samudera sehingga sangat dibutuhkan keberadaan sarana transportasi laut, seperti 6 pelabuhan terbesar yang ada di Sumut berikut:

pelabuhan di sumatera utara

Pelabuhan di Provinsi Sumatera Utara

Setiap kota besar dan kabupaten yang berbatasan dengan laut di Sumut mempunyai pelabuhan terkenal seperti di Nias, Kota Medan, Batubara dan Sibolga. Sebagian Pelabuhan di Sumatera Utara bahkan sudah masuk deretan terbesar di Indonesia.

1. Pelabuhan Belawan (Medan)

pelabuhan belawan foto via @dyan.dyon
Sejarah Pelabuhan Belawan tidak lepas dari masa kejayaan Kerajaan Deli tempo dulu. Pada masa tersebut, terdapat Bandar Labuhan Deli yang memegang predikat sebagai bandar besar pada masanya. Pendangkalan area sungai menyebabkan Labuhan Deli kemudian dipindahkan ke Belawan. Kejadian yang berlangsung sekitar 1915 ini sekaligus mengawali transformasi harbour tersebut.

Sebagai satu dari sekian bandar besar di Sumatera Utara yang berada di Medan, Belawan tentu memiliki kapal besar, paling terkenal adalah KM Kelud yang sudah memiliki jadwal rutin ke berbagai tujuan di Indonesia seperti Tanjung Priok dan Benoa. Selain itu, ada juga Kapal Pelni yang kini diprioritaskan sebagai angkutan pariwisata.

Kelebihan dari pelabuhan di Medan ini adalah keberadaan Garbarata di Terminal Bandar Deli yang merupakan satu-satunya terminal penumpang di Pulau Sumatera dengan fasilitas garbarata.

2. Pelabuhan Kuala Tanjung (Batubara)

pelabuhan kuala tanjung via @abdirobby
Merupakan pelabuhan baru di Sumut yang berada di Kabupaten Batubara mulai dikembangkan oleh pemerintah sejak 2015 dan direncanakan beroperasi pada 2019. Kuala Tanjung merupakan pelabuhan berstatus internasional di wilayah Barat Indonesia.

Sebagai dermaga terpadu, Kuala Tanjung melalui Pelindo 1 menjalin kerjasama dengan beberapa negara dalam melakukan pembangunan dengan biaya Rp34 T. Kuala Tanjung akan terdiri dari beberapa zona diantaranya terminal multiguna, zona industri, pemukiman dan bongkar-muat kontainer.

Meski belum rampung dan resmi beroperasi, pelabuhan di Kabupaten Batu Bara bernama Kuala Tanjung ini sudah pernah disinggahi kapal pesiar yakni Cruise Libra. Jika Kuala Tanjung selesai dibangun, maka akan menyaingi Tanjung Priok (Jakarta).

3. Pelabuhan Sibolga (Sibolga)

pelabuhan sibolga via @ig.indonesiainfrastruktur
Groundbreaking Pelabuhan Sibolga telah dimulai pada 2016 silam dan baru diresmikan pada Maret 2019 oleh Presiden Joko Widodo. Bandar Sibolga ini cukup menjadi sorotan lantaran desain dan arsitektur bangunan ini disebut sebagai terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Pangkalan Sibolga baru sudah memiliki luas terminal 2.789 meter dan mampu menampung 500 penumpang. Sebagai sarana penghubung lewat jalur laut ke Pulau Nias, pelabuhan Sibolga memiliki peranan penting dalam sektor wisata Tapanuli Tengah dan Nias.

4. Pelabuhan Angin Gunung Sitoli (Gunung Sitoli)

pelabuhan gunung sitoli
Merupakan pelabuhan terbesar di Kepulauan Nias dan menjadi tonggak awal adanya sarana transportasi laut modern di Tano Niha yang menghubungkan 4 kabupaten serta 1 pemerintahan kota yang ada di wilayah kepulauan ini.

Sejarah Pelabuhan Gunung Sitoli dimulai pada 1864 silam ketika Belanda mendirikan dermaga di Moawo sebagai pusat transportasi laut Nias. Pada 1926, padatnya aktivitas akhirnya membuat dermaga tersebut dipindahkan lagi ke Kelurahan Pasar. 54 tahun kemudian kembali dipindahkan ke Labuhan Angin dan bertahan hingga saat ini.

Baca: Bandar Udara di Sumatera Utara

5. Pelabuhan Bom Tanjung Tiram (Batubara)

pelabuhan tanjung tiram
Terletak di Tanjung Tiram, Batubara dan sudah dibangun sejak lama. Namun, sampai sekarang belum benar-benar dioperasikan. Semula, Tanjung Tiram ditargetkan menjadi sarana transportasi laut dengan rute ke berbagai negara, salah satunya adalah Malaysia karena kabupaten ini memang berbatasan dengan Selat Melaka.

6. Pelabuhan Tanjung Balai Asahan (Tanjung Balai)

pelabuhan tanjung balai asahan via @zhaafirahayunda
Nama Pelabuhan Tanjung Balai berkaitan erat dengan Kesultanan Asahan di masa lampau dan menjadi pusat perdagangan besar di kawasan Malaka. Di balik itu, ini juga cukup berperan dari sisi pariwisata dimana Tanjung Balai disebut sebagai gerbang masuk Danau Toba melalui jalur laut.

Perubahan dan modernisasi bandar tanjung Balai Asahan dilakukan pada 2017 dan rampung di tahun 2019. Modernisasi di Terminal Penumpang Teluk Nibung tersebut dilakukan demi meningkatkan pelayanan terkait jasa kepelabuhan. Selain difungsikan sebagai sarana eksport-import, pelayanan bandar Tanjung Balai Asahan juga meliputi transportasi laut dari dan ke Perak serta Port Klang Malaysia.

Seluruh pelabuhan di atas dikelola secara komersil oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Pelindo I, II dan III.(AN/PSN)*
6 Pelabuhan Terbesar yang Ada di Sumatera Utara Reviewed by Pariwisata Sumut on 4/05/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.