Top Ad unit 728 × 90

Danau Sidihoni, Wisata Ekstra Unik di Atas Pulau Samosir

-- --
danau sidihoni - credit: @jhonnysiahaan
Satu dari sekian banyak tempat wisata di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara yang cukup unik adalah Danau Sidihoni. Daya tarik dari spot wisata ini ada pada lokasinya karena berada di Pulau Samosir.

Sebab itu, Sidihoni kerap juga disebut danau diatas danau. Ya benar saja, destinasi Samosir tersebut terletak diatas pulau terbesar di seputaran perairan Danau Toba dan kini mulai sering dikunjungi wisatawan.

1. Pesona Wisata Danau yang Unik

sidihoni via @jhonnysiahaan
Dulu, danau ini sempat terancam kering karena tidak terjaganya ekosistem di sekitar kawasan. Oleh sebab itu, proses revitalisasi pun dilakukan demi tetap mempertahankan keberadaan danau sekaligus mendukung Toba Geopark.

Selain keunikannya, keindahan danau di Desa Salaon Toba ini juga ada pada pohon-pohon pinusnya yang tumbuh di sepanjang sisi. Sejauh mata memandang, deretan pohon tersebut terlihat begitu eksotis dan meneduhkan.

Area danau juga dikelilingi oleh rumput Jepang sehingga asik dijadikan tempat bersantai atau camping. Tak jarang pula kerbau-kerbau digembalakan disini.

Penduduk di sekitar menuturkan bahwa airnya kerap mengalami perubahan warna, terkait situasi dan kondisi yang tengah dialami negara Indonesia. Di luar dari mitos tersebut, traveller mungkin banyak bertanya mengapa ada danau di pulau Samosir?

2. Asal Mula Danau Sidihoni

credit: @bukrie
Danau Sidihoni terbentuk karena proses geologi, padatnya unsur bebatuan dan tanah menyebabkan air hujan sulit merembes ke dalam bumi sehingga perlahan, cekungan yang terus terisi oleh air akhirnya membentuk danau secara perlahan.

Itulah mengapa danau ini bisa mengalami kekeringan saat musim kemarau berkepanjangan. Nah, masyarakat setempat pun menggunakan air danau untuk kebutuhan sehari-hari. Dari mencuci hingga mandi.

Baca Juga: Menara Pandang Tele, Puncak Terbaik Menikmati Kepingan Surga Samosir


3. Lokasi Danau Sidihoni

Berjarak sekitar 7 km dari ibukota Kabupaten Samosir, Panguruan. Destinasi ini dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat baik roda dua maupun roda empat. Lokasinya sendiri beralamat di sebuah desa bernama Desa Salaon toba, Kecamatan Ronggur Ni Huta.

Walau sudah ditetapkan sebagai salah satu destinasi Samosir, pengunjung tak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli tiket.

Panorama alam nan memukau di Samosir ini sepantasnya layak untuk dijaga agar kelak dapat dilihat oleh anak cucu kita. (SK/PSN)
Danau Sidihoni, Wisata Ekstra Unik di Atas Pulau Samosir Reviewed by Pariwisata Sumut on 12/16/2014 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.