Top Ad unit 728 × 90

Ekonomi Kreatif: Defenisi, Contoh dan Ruang Lingkup

ekonomi kreatif dan contoh industri kreatif
Ekonomi Kreatif - Industri kreatif atau lebih populer dengan istilah ekonomi kreatif kini semakin diminati seiring perkembangan informasi dan teknologi di era Industri 4.0.

Industri kreatif memiliki peran dalam denyut nadi perekonomian suatu negara dan memiliki hubungan erat di bidang kewirausahaan yang diprediksi akan menjadi trend ekonomi dunia (global) di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia yang sudah ikut serta berperan aktif dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Defenisi/Pengertian Tentang Ekonomi Kreatif

defenisi dan pengertian ekonomi kreatif setidaknya memuat inti bahwa industri kreatif maupun ekonomi kreatif memanfaatkan kemampuan kreativitas dari cipta, rasa dan karsa sehingga bernilai ekonomi baik untuk pelaku ekonomi kreatif itu sendiri maupun orang-orang disekitarnya.

1. Pada tahun 2008, Departement Perdagangan Republik Indonesia memberi pengertian bahwa ekonomi kreatif sebagai upaya pembangunan Ekonomi secara berkelanjutan melalui kreativitas dengan iklim perekenomian berdaya saing dan memiliki cadangan sumber daya yang terbarukan.
2. Kementrian Perdagangan Indonesia memberi defenisi tentang ekonomi kreatif sebagai industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat invidu demi menciptakan kesejahteraan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan cipta individu tersebut.

15 Contoh Jenis Ekonomi Kreatif

Contoh Ekonomi Kreatif - Di Indonesia sendiri, produk ekonomi kreatif cukup berkembang terutama di tengah generasi milenial. Berikut adalah 15 contoh ekonomi kreatif:
1. Advertising (Periklanan)
2. Culinary (Kuliner)
3. Showbiz (Pertunjukan)
4. Penerbitan dan Percetakam
5. Riset dan Pengembangan
6. Radio dan Televisi (Broadcasting)
7. Pelayanan Komputer dan Soft Ware
8. Musik
9. Video, Film dan Fotografi
10. Tata Busana (Fashion)
11. Permainan Interaktif
12. Kerajinan (Craft)
13. Kesenian (Art)
14. Arsitektur

Bila melihat jenis pekerjaan yang masuk ke dalam ranah ekonomi kreatif diatas maka dapat disimpulkan bahwa ekonomi kreatif sangatlah kerap kita temui. Bahkan bisa saja anda adalah salah satu insan dari industri ekonomi kreatif.
Ekonomi Kreatif: Defenisi, Contoh dan Ruang Lingkup Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/04/2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.