Top Ad unit 728 × 90

Kapal Wisata Pemerintah Kabupaten Samosir Resmi Diluncurkan

Pariwisata Sumut - Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir meresmikan kapal wisata milik pemerintah pada Jumat 29/12/2017 dalam rangka mengembangkan prospek pariwisata di kawasan Danau Toba. Diharapkan kapal ini menjadi salah satu daya tarik untuk menarik tingkat kunjungan wisatawan ke Samosir.


Dengan design berciri khas Batak, kapal wisata Samosir ini sebelumnya telah diuji coba pada 1 Desember lalu dan berjalan lancar. Bahan yang digunakan berasal dari kayu meranti, jior dan ingul. Seperti dilansir dari antaranews.com biaya pembuatan kapal diambil dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2017 senilai Rp2,3 miliar.

Mengusung budaya Batak, pada bagian depan kapal terdapat dua buah patung Sigale-Gale, seperti diketahui, Sigale-Gale merupakan kesenian tradisional khas dari Tanah Batak yang sudah begitu melegenda. Setiap sisi kapal dihiasi dengan lukisan gorga berwarna merah, putih dan hitam.


Baca juga artikel menarik kami lainnya tentang Pariwisata Samosir:
3 Desa Wisata di Sumatera Utara
Top 5 Tourist Destinations in Samosir Regency
Museum Huta Bolon Simanindo

Kapal tersebut terdiri dari dua lantai seperti kapal yang biasa Anda temukan di Danau Toba, perbedaannya terletak pada lantai dua yang ditutupi dengan kaca. Kapal kayu ini dapat menampung sebanyak 60 penumpang dengan mengandalkan kekuatan mesin  Marine diesel 100 PK.


Kapal wisata milik Pemerintah Kabupaten Samosir ini memiliki tinggi 9 meter, lebar 7,5 meter dan panjang mencapai 21,5 meter. Sedangkan di lantai ke dua ukurannya cukup berbeda yakni lebar 5 meter dan panjang 10 meter. Bagian dalam kapal terdiri dari meeting room (ruang rapat) yang dilengkapi dengan alat presentase dan sound system.

Pengembangan wisata di kawasan Danau Toba semakin terus digenjot seiring ketetapan Presiden Joko Widodo yang memasukkan Danau Toba sebagai 1 dari 10 kawasan strategis nasional pariwisata. Salam Sejuta Manikam Pariwisata Sumatera Utara.
Kapal Wisata Pemerintah Kabupaten Samosir Resmi Diluncurkan Reviewed by Pariwisata Sumut on December 29, 2017 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.