Top Ad unit 728 × 90

Ini Panduan Wisata ke Pulau Tello di Nias Selatan

Pulau Tello atau dikenal dengan sebutan Telo Island, merupakan salah satu pulau dari gugusan Pulau-Pulau Batu di Kabupaten Nias Selatan. Memiliki panorama alam memukau dan suguhan wisata bahari yang menjadi idaman traveler.

Dikenal sebagai surga tersembunyi, Pulau Tello, kini semakin populer di mata wisatawan domestik dan mancanegara karena gradasi warna laut biru eksotis ditambah kekayaan terumbu karang.


Gambaran Penduduk di Pulau Pulau Batu

Masyarakat di Pulau Pulau Batu mayoritas berasal dari Suku Nias yang sudah tinggal dan menetap sejak lama.

Menurut literasi sejarah, Suku Nias memiliki peradaban budaya tinggi, bahkan keberadaan megalitikum tertua di dunia ditemukan di kabupaten Nias Selatan yang masuk ke dalam wilayah administratif Provinsi Sumatera Utara ini. Berdasarkan sensus, terdapat sekitar 8.000 penduduk di Pulau-Pulau Batu dan tersebar di 18 desa.

Baca juga artikel wisata Nias menarik lainnya:
Eksotisme Pulau Wunga di Nias Utara
Pantai Tureloto di Nias

photo: instagram.com/thedroneguy_au

Aksesibilitas dan Transportasi Menuju Pulau Tello

Bila ingin berkunjung, Anda dapat menggunakan dua moda transportasi, yakni melalui udara atau laut. Dari Bandara Kuala Namu (KNO) Anda dapat memilih penerbangan dari Medan ke Gunung Sitoli dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Dari Gunung Sitoli silahkan menggunakan transportasi laut menuju Tello. Sedangkan jika memakai transportasi laut, maka Anda dapat berangkat dari Pelabuhan Sibolga dengan estimasi waktu sekitar 11 jam.

photo: instagram.com/anugrahanto

Penginapan dan Hotel di Pulau Tello

Terdapat banyak hotel dan penginapan di sekitar Pulau Telo yang dapat disesuaikan dengan budget Anda. Masing-masing hotel di Pulau Tello mematok harga beragam sesuai fasilitas yang diberikan kepada tamu.

What To Do

Kekayaan biota laut dan terumbu karang menjadi dua alasan mengapa kegiatan snorkeling serta diving menjadi dua kegiatan wisata paling banyak digemari oleh turis. Selain itu, bagi Anda yang menyukai kegiatan memancing, kawasan Pulau Pulau Batu terkenal dengan beragam jenis ikan yang layak konsumsi.
Ini Panduan Wisata ke Pulau Tello di Nias Selatan Reviewed by Pariwisata Sumut on 12/28/2017 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.