Top Ad unit 728 × 90

10 Tempat Wisata di Kabupaten Aceh Besar

Tempat wisata di Kabupaten Aceh Besar cukup beragam, terutama bagi kamu yang suka berwisata ke laut. Ya, Provinsi Aceh merupakan destinasi bahari favorit bagi banyak turis baik dalam maupun luar negeri. Tidak hanya identik dengan Kota Sabang, di berbagai kabupaten di Aceh juga banyak objek wisata menarik.

Aceh Besar resmi didirikan sebagai kabupaten pada 1956 silam. Pusat pemerintahan dan ibu kota sempat berpindah beberapa kali hingga akhirnya keluar surat keputusan yang menetapkan bahwa Kota Jantho resmi dijadikan sebagai ibu kota dari Kabupaten Aceh Besar. Dengan luas mencapai 2969 km, Kabupaten Aceh Besar terdiri dari 23 kecamatan dan 609 desa serta memiliki moto: "Putoh Ngon Mufakat, Kuwat Ngon Meuseuraya". Ada beragam destinasi wisata populer di Aceh Besar, 13 diantaranya yakni:

1. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga - Foto: instagram.com/mufadzallmollek
Jarak yang cukup dekat dengan ibu kota Provinsi Aceh membuat nama Pantai Lhoknga seolah menjadi ikon pariwisata Aceh Besar. Berjarak sekitar 21 km dari Banda Aceh, Lhoknga memiliki pemandangan menakjubkan dengan garis pantai memanjang dengan hamparan laut berwarna biru.

Di sepanjang sisi pantai terdapat banyak pohon kelapa yang biasanya dijadikan sebagai tempat istirahat oleh para tamu pengunjung. Lhoknga sebenarnya berada di area PT Semen Andalas Indonesia.

 
2. Pantai Lampu'uk

Pantai Lampu'uk - Foto: instagram.com/sf_efend
Pasca menjadi salah satu titik paling parah akibat tsunami beberapa tahun silam, Lampu'uk kini semakin berbenah dan dikelola oleh pemerintah sebagai tujuan wisata di Aceh Besar. Tidak itu saja, oleh pemerintah, Lampu'uk pun dijadikan sebagai monumen untuk mengenang bencana alam tsunami.

Wisatawan yang berkunjung rata-rata menghabiskan waktu bermain di tepi pantai atau berenang di sekitar zona aman. Tidak sedikit juga wisatawan asing mencoba menantang adrenalin dan melakukan selancar (surfing). Usai tsunami, beberapa lokasi memang diberikan tanda larangan bagi wisatawan karena arus laut yang cukup deras.

3. Air Terjun Suhom 

Air Terjun Suhom - Foto: Instagram.com/pringadisurya
Daya tarik dari Suhom tidak hanya sebatas air terjun loh traveler, namun di sini kamu bisa mencicipi rasa durian Aceh bila kamu berkunjung pada musim durian tentunya. Air Terjun Suhom tidak mengalir begitu saja, penduduk desa memanfaatkannya sebagai pembangkit listrik.

Untuk menuju air terjun yang berada di desa Kreung Kala ini, kamu akan terpesona dengan pemandangan pantai di sepanjang jalan. Selain itu, pemandangan hijau juga sangat keren kalau diabadikan lewat fotografi. Di sini kamu juga bisa camping loh!.

4. Waduk Keuliling

Waduk Keuliling - Foto: instagram.com/buzzerbeezz
Tak ada danau, waduk pun jadi. Kalau kamu ingin memperoleh sensasi berbeda, coba deh berkunjung ke Waduk Keuliling yang jaraknya hanya sekitar 7 kilometer dari Banda Aceh.

Biasanya para pengunjung rata-rata adalah pemancing, meski hanya sekadar waduk, Keuliling sering loh dijadikan sebagai tempat pre-wedding karena latar pemandangan dengan pegunungan hijau sangatlah memanjakan mata.

5. Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan

Tahura PMI - Foto: nationalgeographic.co.id
Nih cocok banget buat kamu yang hobi adventure alias berpetualang. Ya, Tahura Pocut Meurah Intan ini sudah ditetapkan sebagai kawasan hutan lindung sejak 1930 silam loh!.

Beraneka ragam flora dan fauna dapat kamu saksikan di sekitar Tahura yang dahulu beranama Seulawah ini. Dari Banda Aceh, jaraknya sekitar 72 km dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun 4.ada apa sih di Tahura Pocut Meurah Intan?. Di tempat ini kamu bisa berkunjung ke Lembah Mon Jasa Ma, Tebing Batu Berususun, Kolam, Sumber Air Panas dan masih banyak lainnya.

6. Pantai Lhok Me

Pantai Lhok Mee - Foto: instagram.com/sf_efend
Tak terlalu jauh dari Banda Aceh, sekitar 30 menit perjalanan saja kamu bisa menyaksikan pemandangan eksotis. Jangan khawatir, aksesibilitas ke Pantai Lhok Me sudah sangat memadai kok dan kamu bisa menggunakan mobil atau motor.

Pasir putih di sepanjang pantai adalah suguhan utama di Pantai Lhok Me, selain itu pemandangan gradasi warna laut juga tak kalah menarik. Seraya menikmati pantai, kamu bisa menikmati makanan dan minuman karena di sekitar lokasi banyak penduduk lokal yang berdagang.

7. Air Terjun Peukan Biluy

Peukan Biluy - Image: instagram/sf_efend
Seusai namanya, Peukan Biluy tentu saja sangat menarik bagi kamu yang hobi wisata alam. Terletak di Kecamatan Darul Kamal tepatnya Desa Biluy. Air Terjun ini cukup unik karena kamu harus naik 172 tangga agar dapat menyaksikan langsung debit dan jatuhnya air Peukan Biluy.

Sejak tsunami 2004 silam, berbagai fasilitas pendukung di sekitar lokasi memang mengalami kerusakan berat, tetapi sebagai daerah sadar wisata, objek ini kembali dibenahi dan diharapkan untuk jaya lagi.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang Pariwisata Aceh:
8 Tempat Wisata di Aceh Tamiang 
10 Destinasi Wisata di Aceh Barat yang Memukau
7 Tempat Wisata Populer di Aceh Singkil 

8. Air Terjun Kuta Malaka

Menyisir sedikit ke Kecamatan Samahani persisnya ke Kuta Malaka, kamu juga bisa menikmati pesona air terjun Kuta Malaka. Keunikan dari air terjun ini adalah bentuknya yang bertingkat-tingkat. Meski penduduk setempat memberikan pernyataan jika tingkatannya 8 dan ada juga 20, yang jelas Kuta Malaka harus kamu masukkan di bucketlist wisata Aceh kamu karena jaraknya hanya sekitar 30 km saja.

9. Cagar Alam Jantho

Cagar Alam Jantho - Foto: instagram.com/mustari1904
Tidak hanya Tahura Meurah Intan, di Aceh Besar juga ada cagar alam bernama Jantho. Tetapi jangan menyangka kalau tempat ini berada di ibu kota kecamatan, ya kamu harus menempuh perjalanan sekitar 9 km. Asyiknya kamu bisa menggunakan transportasi pubik.

Di tempat ini ada banyak flora dan fauna yang dilindungi oleh pemerintah. Menurut pengelola, Cagar Alam Jantho sangat cocok dikunjungi pada musim kemarau karena pemandangan yang terlihat akan lebih menakjubkan.

10. Gunung Seulawah Agam dan Inong


Gunung Seulah Agam - Foto: instagram.com/zammil.zikir
Ada yang mengaku pendaki? maka Gunung Seulawah layak dijadikan sebagai gunung yang wajib kamu kunjungi bila tengah mengadakan perjalanan wisata ke Aceh Besar. Di sini kamu bisa menghabiskan waktu menikmati eksotisme Aceh dan ber-camping di antara hutan lebat.

Sebenarnya Seulawah Agam berdekatan dengan gunung lainnya dan diberi nama Seulawah Inong. Ada banyak satwa di sekitar lokasi dan dapat disaksikan oleh mata. Kedua objek wisata adventure di Aceh ini pun rencananya akan dikembangkan serta dijadikan sebagai area konservasi alam (Th.E/PSN).
10 Tempat Wisata di Kabupaten Aceh Besar Reviewed by pariwisata Sumut Net on January 23, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.