Top Ad unit 728 × 90

Pesona Geopark Rinjani di Nusa Tenggara Barat

Pariwisata Sumut - Taman Bumi atau dikenal dengan sebutan geopark merupakan pengembangan destinasi wisata dengan berpatokan pada 3 komponen utama yakni budaya (culturaldiversity) , hayati (biodiversity) dan geologi (geodiversity). Dari 6 geopark di Indonesia, Rinjani Geopark sudah cukup populer bagi wisatawan domestik maupun internasional.

Memiliki luas mencapai kurang lebih 2.800 km, Taman Bumi Rinjani mencakup 5 kabupaten yakni Lombok Utara, Lombok Timur Tengah, Lombok Bara, Kota Mataram dan Lombok Timur. Tidak tanggung-tanggung, potensi dari Rinjani Geopark terdiri dari 22 titik keberagaman geo, 17 budaya dan 8 keanekaragaman bio.


Seperti dilansir dari cnnindonesia.com (26/11/2017) Indonesia kini memiliki 5 Taman Nasional atau geopark resmi yakni : Geopark Kaldera Toba, Aspiring Geopark Belitung, Geopark Tambora, Geopark Raja Ampat, Geopark Bojonegoro dan Geopark Maros Tangkep.

Baca juga artikel menarik kami lainnya:

Gambaran Tentang Rinjani

Gunung Rinjani berada pada ketinggian 3,726 meter di atas permukaan laut, sebab itu pula Rinjani menyandang status sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Pulau Sumatera. Berada di bawah naungan Taman Nasional Gunung Rinjani, kawasan hutan lindung di taman bumi ini mencapai 66.000 hektar di bagian luar sedangkan di bagian dalam terdapat 41.000 hektar.


Rinjani terakhir kalinya meletus pada 1847 silam dan mengakibatkan kerusakan parah. Namun, keindahan bentang alam pun muncul usai beberapa puluh tahun terhitung sejak saat itu.

Aksesibilitas Rinjani Geopark

Mayoritas wisatawan baik domestik maupun internasional selalu menjadikan pendakian ke Puncak Rinjani sebagai hal wajib. Wajar saja bila mengingat keindahan panorama alam yang begitu mengagumkan. Untuk mencapai puncak 3 pilihan jalur utama 2 diantaranya yakni:

1. Jalur Senaru
Melalui rute ini dibutuhkan waktu sekitar 10-12 jam perjalanan melalui Senaru - Pelawangan Senaru - Danau Segara Anak. Di setiap titik sudah disediakan pos peristirahatan. Jalur ini paling banyak dipilih oleh para pengunjung karena selain kaya akan hutan perawan, jalur Senaru juga acap kali menjadi jalur bagi masyarakat adat dalam pelaksanaan beragam ritual budaya lokal.


2. Jalur Sembalun
Sisi lain dari Taman Bumi Rinjani dapat kamu saksikan bila melalui jalur Sembalun. Di sepanjang perjalanan, kamu akan menyaksikan padang savana yang eksotis. tak pelak, Sembalun sering kali dijadikan sebagai lokasi pre-wedding bagi pasangan yang akan menikah.

Beberapa Kawasan Wajib Dikunjungi

Bila berkunjung ke Rinjani, ada beberapa lokasi yang harus masuk ke dalam bucketlist kamu seperti Pemandian Air Panas Sebau yang sudah begitu populer dengan pemandian air panas yang mengandung belerang. Serupa tapi tak sama, ada Otak Kokok Daging yang juga dikenal sebagai pemandian alam dengan pemandangan yang menakjubkan. Selain itu ada juga Air Terjun Jeruk Manis dan Desa Adat Senaru. Yuk telusur Sejuta Manikam Pariwisata Indonesia dan mari berkelana. (Text: Antonius Naibaho - Foto: Ron Agusta).
 
Pesona Geopark Rinjani di Nusa Tenggara Barat Reviewed by pariwisata Sumut Net on February 08, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.