Top Ad unit 728 × 90

Keren, Landskap Toba dari Tugu Toga Aritonang di Muara

Di sekitar Tanah Batak, ada banyak perkumpulan marga yang mendirikan tugu. Salah satunya Tugu Toga Aritonang dengan pemandangan landskap Danau Toba yang begitu mempesona dan berada di daerah perbukitan Kabupaten Taput.

Sesuai namanya, Tugu Toga Aritonang didirikan oleh keturunan Raja Lontung ke 6 yakni punguan (perkumpulan) marga Aritonang mencakup Ompu Sunggu, Raja Gukguk dan Tuan Simare. Peresmiannya diadakan selama 2 hari secara berturut-turut, mulai dari 11 hingga 12 Maret 2016 silam.


Berkat keindahan panorama alam nan keren ditambah unsur budaya, Tugu Toga Aritonang sudah masuk ke dalam destinasi pariwisata Tapanuli Utara (Taput). Sebab itu pula, kawasan ini rencananya akan terus dikembangkan sehingga nantinya akan memiliki beragam fasilitas mulai dari tempat perstirahatan, spot pemandangan, toilet, rumah doa dan sopo godang yang difungsikan sebagai lokasi pelaksanaan event (acara).

Pembangunan Tugu Aritonang dimulai pada 2014 silam dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit, menyentuh angka Rp5 miliar. Tingginya yang mencapai 33 meter membuat Tugu Toga Aritonang terlihat begitu mencolok. Apalagi ditambah arsitektur yang terkesan futuristik, elegan dan tentu saja kreatif. Namun pastinya sarat akan makna.


Warna putih yang mendominasi Tugu Aritonang semakin diperkuat dengan 3 warna perlambang Batak yakni merah, hitam dan putih. Ya, warna ini memang sangat populer bagi Batak sebab menjadi representasi dari Batara Guru, Sori Sohaliapan dan Bala Bulan (Debata Natolu).

Dari Tugu Toga Aritonang ini, kamu akan menyaksikan landskap Danau Toba yang rugi jika tidak diabadikan dalam foto, terlebih view perbukitan yang tak kalah menarik. Di sekitar lokasi juga ada genangan air yang membentuk danau kecil.
Baca: Kolam Renang Deli Serdang di Lubuk Pakam
Para pengunjung biasanya ramai pada hari libur, ada juga lho yang nge-camp di sekitar lokasi. Siapa coba tidak tergoda dengan keindahannya, apalagi letaknya berada di areal perbukitan.


Alamat dan Lokasi
Tugu Toga Aritonang terletak di Dolok Ambar yang disebut juga Dolok Martumbur, Desa Aritonang yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Muara, Tapanuli Utara. Tidak terlalu jauh dari Silangit Airport atau yang baru berubah nama menjadi Bandara Internasional Sisingamangaraja XII.
Baca: Festival Danau Toba 2018
Rute Menuju Lokasi
Bila berangkat dari Kota Medan, maka rute ke Tugu Toga Aritonang dapat melalui Medan - Lubuk Pakam - Tebing Tinggi - Saribu Dolok - Girsang Sipangan Bolon - Lumban Julu - Balige - Tugu Toga Aritonang dengan estimasi waktu sekitar 7-8 jam perjalanan.

Untuk mempersingkat waktu, kamu bisa menggunakan transportasi udara dari Kualanamu International Airport ke Silangit Airport. Yuk telusur Danau Toba dan Pariwisata Sumut (LN/PSN).
Keren, Landskap Toba dari Tugu Toga Aritonang di Muara Reviewed by Pariwisata Sumut on November 21, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.