Widget HTML Atas

Air Terjun Gorbus dan Kolam Renang dengan Landskap Sibolga

Main-main ke Tapteng bukan berarti harus liburan ke laut lho sobat traveler. Contohnya nih! Kamu bisa menikmati wisata alam kekinian bernama Air Terjun Gorbus, sebuah spot baru di kawasan Tabagsel yang memang lagi booming.

Sejak dibuka pada 2017 lalu, Air Terjun Gorbus di Desa Sibintang ini sudah dilirik dan dibanjiri oleh pengunjung lokal. Selain karena teduh dan segar, di sini kamu juga bisa menemukan Kolam Renang Gorbus yang aliran airnya berasal dari Air Terjun Sigorbus.

air terjun gorbus
Keindahan Air Terjun Gorbus
Selain air terjun Mursala yang ada di film 'Kingkong' atau Silaklak yang mudah diakses, pastikan nama Air Terjun Gorbus masuk ke dalam daftar tujuan wisata yang akan kamu eksplor. Air terjun di Tapanuli Tengah ini tentu saja menyegarkan, sebab sumber airnya berasal dari sederet pegunungan yang membentengi Kota Sibolga dan Pandan.

bukit gorbus
Untuk sampai ke lokasi, kamu bakal memerlukan tenaga ekstra, sebab jarak dari pos koordinasi sedikit jauh, harus berjalan kaki alias tracking sekitar 200 meter. Seperti air terjun pada umumnya, terdapat dinding bebatuan di sepanjang aliran air terjun Gorbus. Dengan debit air yang tidak terlalu deras, para pengunjung bisa langsung menceburkan diri dan menikmati kesegaran alami.

kolam renang gorbus

Kolam Renang Bukit 'Dolok' Gorbus

Bagi pengunjung yang enggan atau khawatir berenang di area jatuhnya air terjun, tersedia pilihan lain yang tak kalah menarik yaitu mandi di kolam renang Gorbus.

Lihat juga: Eksotis, Keindahan Pulau dan Air Terjun Mursala Ini Tiada Duanya

Spot berupa kolam renang ini belum lama dibangun oleh pengelola Air Terjun Gorbus, ukurannya pun tidaklah terlalu luas, namun konsep ini tergolong jarang ditemukan di Sumatera Utara dan hanya ada di Gorbus dan satu lagi di Bukit Gibeon Sibisa. Bedanya, kalau Air Terjun Sibisa langsung jatuh ke permukaan kolam.

gerbang air terjun gorbus

Rute dan Lokasi Air Terjun Gorbus

Lokasi air terjun Gorbus terletak di Desa Sibintang, Kecamatan Gadong. Jika start poin dari Pandan maka rute yang harus dilalui adalah Pandan - Jalan Lintas Barat Sumatera, jalan Sutoyo dan ambil rute ke jalan Sibolga - Barus.

Baca: Inilah 7 dari 33 Pulau di Tapanuli Tengah

Lama waktu perjalanan dari Sibolga dan Pandan ke wisata air terjun dan kolam renang Bukit Gorbus sekitar 1,55 jam (sekitar 2 jam) dengan panjang lintasan sekitar 67,5 km.

Biaya dan Retribusi Masuk

Bagi pengunjung yang datang dikenai biaya masuk sekitar Rp5.000/orang dan belum termasuk uang parkir. Tidak terlalu mahal, kan?. Namun perlu diketahui, jalan ke Air Terjun Gorbus belum lah cukup memadai, lebih baik jika mengendarai motor atau roda dua.

Sisi menarik lain dari Air Terjun Gorbus adalah kamu bisa memandang keindahan panorama landskap Sibolga dan Tapanuli Tengah dari Desa Sibintang karena posisi desa ini memang berada di ketinggian. (PSN/Th.E)