Top Ad unit 728 × 90

Wisata Tjong Yong Hian, Taman Bunga Medan Bergaya Tiongkok

-- --
Seolah tersembunyi di tengah padatnya perkotaan, taman bunga di Medan bernama Tjong Yong Hian, masih tegak berdiri walau usianya sudah termasuk tua. Arsitektur khas seperti di negara Tirai Bambu ditambah sejarah di dalamnya pun menjadi ciri khas menarik.
 
Wisata Taman Bunga di Medan ini memang cukup unik, pengunjung dapat belajar banyak terkait sejarah, sekaligus menikmati suasana indah dan damai. Taman Tjong Yong Hian juga bisa jadi referensi sobat traveler yang tengah mencari tempat hunting foto di Kota Medan, Sumatera Utara.

taman bunga medan - foto by @arivanuaranu

Taman Bunga Medan - Tjong Yong Hian

Taman di bilangan Medan Petisah tersebut merupakan wujud dari penghargaan terhadap sosok Tjong Yong Hian, saudara dari Tjong A Fie, keduanya populer sebagai tokoh ternama dan berpengaruh dalam peradaban Kota Medan pada masa lampau.

1. Kegiatan Menarik di Taman Bunga Medan

kolam bunga teratai @enricovillosyaputra
Suasana yang kental bergaya Tiongkok sudah mulai terasa ketika melewati gerbang bercat merah tua bertuliskan "Mang Rong Yuan" posisinya tepat sebelum memasuki area taman. Setiap pengunjung diwajibkan untuk mengisi daftar tamu terlebih dahulu yang dipandu oleh satpam.

Nah, Setelah melakukan registrasi, traveller bisa berjalan-jalan sepuasnya dan menemukan sederet obyek menarik. Paling mencolok adalah kolam yang permukaannya ditumbuhi Bunga Teratai dengan air mancur di bagian tengah. Ada juga beberapa patung dan prasasti yang tak kalah epik serta menambah sisi sejarah dari Taman Bunga Medan ini.

taman tjong yong hian via @shessavanaa
Berbagai jenis tumbuhan lainnya yang biasa ditemukan di taman juga tampak sangat terawat dan dipangkas rapi sebut saja furcraea gigantea, cemara inoki, bonsai, bunga sepatu, dan masih banyak lagi yang menghiasi hampir keseluruhan area.

Usai puas berfoto, kamu juga bisa menambah wawasan tentang sosok Tjong Yong Hian yang akan dipaparkan oleh penjaga taman. Selain itu, terdapat sebuah bangunan museum di area Taman Bunga Medan yang didalamnya ada beberapa peninggalan dari Tjong Yong Hian seperti barang peninggalan, foto dan lukisan.

2. Wisata Medan yang Cocok untuk Keluarga dan Anak-anak

wisata medan via @sisi_you_
Karena keindahan dan suasana nyaman yang dimiliki Taman Tjong Yong Hian, taman bunga di Medan ini pasti sesuai untuk liburan bersama anak-anak dan dewasa. Tak melulu bersantai ria, pengunjung bisa sekalian menelusuri sejarah terkait Kota Medan dan peranan dari abang Tjong A Fie yang diketahui ikut mendirikan beberapa bangunan heritage di ibukota Sumatera Utara seperti Masjid Bengkok dan Masjid Raya Al Mashun.

Baca Juga: The Le Hu Garden, Taman Tematik Nuansa Desa Asik untuk Foto

3. Lokasi Taman Tjong Yong Hian

Taman Kebun Bunga lokasinya sangat mudah dijangkau, berada di Jalan Kejaksaan, Medan Petisah, Kota Medan dan dapat dijangkau dengan menggunakan angkutan umum.

Selain di atas, masih banyak taman yang tak jauh dari Kota Medan dan wajib dikunjungi sebut saja Taman Bunga The Lee Hu Garden serta Cadika Johor. (SK/PSN)
Wisata Tjong Yong Hian, Taman Bunga Medan Bergaya Tiongkok Reviewed by Pariwisata Sumut on 4/19/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.