Top Ad unit 728 × 90

Batu Belah, Wisata di Sibolangit Khas Alam yang Jarang Diketahui

-- --
batu belah sibolangit via @dendyharun
Traveling ke Sibolangit tak selalu harus mengunjungi Air Terjun Dwi Warna, di kawasan wisata alam ini ternyata tersimpan spot-spot lain yang jarang dikunjungi maupun diketahui publik. Sebut saja Batu Belah yang bisa dijadikan agenda liburan baru khas bagi petualang.

Keunikan Batu Belah tidak terlepas dari keberadaan sebuah batu, tingginya sekitar 9 meter dan ditumbuhi lumut hijau khas hutan belantara tropis. Pun pesona wisata Sibolangit ini semakin afdol lantaran terdapat pemandian alam dan air terjun usai melewati celah bebatuan.

Batu Belah Sibolangit

Dilihat dari posisi geografis, destinasi unik dengan panorama memikat ini terhampar di salah satu kawasan TWA Sibolangit yang merupakan bagian administratif dari Kab. Deli Serdang.

1. Wisata Sibolangit yang Tak Banyak Diketahui

batu belah sibolangit via @ree_doo_wan
Selama ini, jika berlibur ke Sibolangit sudah pasti akan mengunjungi Dua Warna tetapi sejak kejadian beberapa tahun silam yang menyebabkan destinasi tersebut ditutup untuk sementara waktu maka bermunculan obyek-obyek menarik lain di sekitar Sibolangit.

Nama Batu Belah memang belum cukup populer, hal ini pula yang menyebabkan keindahannya masih terjaga dan kesan alaminya benar-benar melekat. Terlihat dari pemandangan pepohonan dengan akar menyembul dan ditumbuhi rimba belantara.

Bagi petualang, spot keren ini pasti memikat dan bikin momen penjelajahan kian seru apalagi jarak dari pintu masuk Sibolangit ke lokasi tidak terlalu jauh hanya sekitar 35 menit.

2. Keunikan dari Batu Belah

instagenik via @denysyahhputra
Sisi menarik dari Batu Belah sendiri ada pada bentuknya yang memang seperti terbelah dua dengan lebar yang diperkirakan mencapai 10 meter, dari celah tersebut pengunjung bisa lewat namun harus satu-satu karena lubangnya yang sempit.

Instagenic dan khas dengan alam, Batu Belah ini pasti bakal epic seandainya diunggah ke feed Instagram tanpa harus diedit lagi. Tak seperti Dua Warna yang punya legenda, asal mula dinamai Batu Belah berasal dari bentuk dari batunya.

Baca Juga: Air Terjun di Kabupaten Karo

3. Kesegaran Air Terjun Batu Belah

batu belah via @johannababan05
Usai berfoto, jangan lupa berwisata ke Air Terjun Batu Belah yang jadi daya tarik lain dari spot alam ini. Tidak terlalu tinggi tetapi tetap eksotis sebab posisinya dikepung hutan hijau dan bebatuan ditambah lagi dengan airnya yang sangat jernih.

Air Terjun Batu Belah ini memiliki aliran sungai yang tenang. Kalau cukup bernyali, di sepanjang alur pun cocok seandainya pengunjung hendak mendirikan tenda. Ya, suasananya pasti berbeda daripada camping di gunung.

4. Lokasi Air Terjun Batu Belah

Jaraknya sekitar 2 jam saja jika naik kendaraan dari Medan dan berada di Bumi Perkemahan Sibolangit, Deli Serdang. Bisa diakses lewat pintu masuk ke arah Air Terjun Dua Warna tetapi letaknya lebih dekat. Dari pos retribusi hanya perlu berjalan kaki sekitar 20-30 menit.

5. Tiket Masuk Air Terjun Batu Belah

Di pos retribusi, pengunjung akan diminta membayar biaya masuk sebesar Rp4.000. Jika khawatir tersesat, Traveler sebaiknya meminta jasa pemandu atau guide lokal.

Nah, tempat wisata di Sibolangit yang menawarkan keunikan dan keindahan ini masih jarang diketahui para petualang. Apalagi tempat tersebut termasuk unik dan khas dengan panorama alam. (SK/PSN).
Batu Belah, Wisata di Sibolangit Khas Alam yang Jarang Diketahui Reviewed by Pariwisata Sumut on 6/02/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.