Top Ad unit 728 × 90

Umbul Mabar, Kolam Pemandian Jernih Bak Kaca di Perdagangan

-- --
umbul mabar - credit: @ricy_kurniawan
Spot wisata Perdagangan, Simalungun tidak hanya air terjun yang bikin sejuk. Namun, ada beberapa umbul di Perdagangan yang baru-baru ini mulai bermunculan. Sebut saja Umbul Mabar yang disebut-sebut memiliki kolam jernih seperti kaca.

Pemandian Mabar sama seperti umbul lainnya di Indonesia, yaitu mata air alami yang ditata sekaligus dikelola menjadi obyek wisata air. Selain untuk berenang, daya tarik seperti pantulan cermin tersebut bisa juga digunakan untuk selfie di bawah air.

Pemandian Umbul Mabar

Umbul Mabar (jawa: mata air) merupakan tempat wisata air berupa pemandian alami yang sedang naik daun di kawasan Perdagangan.

1. Umbul Mabar dengan Kolam Mata Air Alami

umbul - credit: @satryazmi
Umbul Mabar yang berlokasi di Desa Mariah Bandar (Simpang Kalvin) Pematang Kerasaan Rejo ini punya karakteristik unik, terkesan spooky sebab dikelilingi pohon rindang. Namun kejernihan airnya memang tak perlu diragukan.

Mata air alami yang mengisi kolam seluas 25x15 meter tersebut tentu semakin membangkitkan nuansa liburan yang menyatu dengan alam. Uniknya, sumber mata air ternyata sudah ada jauh sebelum Desa Mariah Bandar dijadikan pemukiman. Kala itu daerah ini masih berbentuk hutan belantara.

Oleh warga, umbul berwarna biru muda pun dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga. Banyak penduduk desa menggunakannya untuk mandi dan mencuci sebelum berubah jadi salah satu tempat wisata di Simalungun.

2. Umbul Hits untuk Foto Underwater di Sumut

pemandian umbul mabar - credit: den bagus s
Meski belum hits seperti Pemandian Bah Damanik di Sidamanik. Destinasi keren ini juga bisa dijadikan tempat selfie di bawah permukaan air tanpa harus menggunakan beragam properti. Nah, hasil jepretan underwater-nya dijamin memuaskan.

Pun, berburu foto alam di sekitarnya gak kalah menarik kok. Apalagi dasar kolamnya dapat dilihat sangking jernihnya. Sahabat Pariwisata Sumut Net dapat memadukan pemandangan air dan kondisi alamnya dalam satu bingkai.

3. Wisata Umbul Mabar yang Seru untuk Berenang 

credit: @irwanvanda
Kedalaman air yang variatif di Umbul Mabar membuat semua pengunjung dapat berenang. Gak wajib jadi ahli renang sebab ada beberapa titik pemandian yang dangkal. Biasanya anak-anak dianjurkan mandi di pinggir umbul ini juga. Namanya juga seru-seruan, kan?

Menyelam sambil membuka mata di Umbul Mabar pasti bikin ketagihan, pasalnya pemandangan di bawah kolam dihiasi oleh akar-akar pohon yang meliuk menutupi sebagian bebatuan. Kalau kata pengunjung, ibarat laut tanpa ikan dan terumbu karang.

Umumnya, pemandian alam di Simalungun memang identik dengan kondisi air yang tak berbau dan selalu dingin sehingga cukup menyenangkan untuk berenang.

Tak jauh dari Mabar, masih ada spot lainnya yang juga bisa dikunjungi yaitu dan Bah Alip dan Umbul Talong. Berbeda dengan Mabar, kolam Umbul Talong tidak terlalu luas dan ukurannya lebih kecil sedangkan Bah Alip kondisinya belum terawat. Jadi kalau Pemandian Mabar lagi disesaki pengunjung, bisa pilih opsi ke Umbul Talong ya.

4. Lokasi Umbul Mabar

credit: @anwar.nuarr
Alamat Pemandian Umbul Mabar ada di Simpang Kalvin, Pematang Kerasaan Rejo, Simalungun.

Jika perjalanan ke lokasi ditempuh dari Medan, maka butuh waktu sekitar 2,5 jam perjalanan. Kondisi jalan belum terlalu baik namun sudah bisa dilalui kendaraan. Agar tak tersesat, bisa ikuti panduan peta lokasi berikut: titik koordinat lokasi

5. Tiket Masuk Umbul Mabar
Biaya masuk ke Pemandian Umbul Rp5.000/orang sedangkan biaya parkir untuk motor Rp10.000.

Potensi wisata di Perdagangan yang menawan ini dikelola sepenuhnya oleh warga. Sebab itu, fasilitas yang tersedia masih terbatas. Meski demikian, di tepi pemandian sudah ada pondok terbuka dan bilik bilas yang bisa dipakai pengunjung. (wh/psn)
Umbul Mabar, Kolam Pemandian Jernih Bak Kaca di Perdagangan Reviewed by Pariwisata Sumut on 6/30/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.