Top Ad unit 728 × 90

4 Wisata Keren di Sidamanik, dari Kebun Teh, Danau Rawang hingga Bah Biak

-- --
Sidamanik merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Simalungun yang terdiri 17 desa/kelurahan. Kecamatan yang berbatasan dengan Kota Pematangsiantar ini dijuluki sebagai lumbung wisata yang menyajikan beragam destinasi keren.

Bukan hanya wisata kebun teh saja yang bisa dinikmati di Sidamanik. Tepat di sekitar PTPN 4, tersimpan danau kecil bernama Danau Rawang yang tersembunyi dibalik rimbunnya area perkebunan Bah Butong. Ditambah pula dengan air terjun Bah Biak dan Pemandian Bah Dam yang ekstra jernih.

wisata sidamanik - credit: @bahri_bliv
Mau berlibur ke Sidamanik? pariwisatasumut.net sudah mengumpulkan sederet info terkait obyek wisata di Sidamanik sekaligus biaya masuk dan daya tarik dari masing-masing agar tak bingung lagi jika nanti sudah sampai di lokasi. Nggak sabar lagi kan? yuk kita bahas!

Tempat Wisata di Sidamanik

Deretan tempat liburan asyik di Sidamanik berikut ini dapat dijumpai di area Sarimatondang, Bah Butong I, Desa Simantin 2 dan Desa Ambarisan.

1. Kebun Teh Bah Butong

bah butong - credit: @tempatbernama
Memang sih, nggak banyak wisata kebun teh di Sumatera Utara. Namun, kita patut berbangga pasalnya perkebunan dengan produksi daun teh hitam terbesar ke-2 di Indonesia ternyata ada di Pulau Sumatera yaitu Bah Butong PTPN 4.

Traveling ke Kebun Teh Sidamanik akan membuat penglihatan traveller dimanja secara ekstra. Mata tak akan jemu memandangi lautan hijau daun teh yang terhampar luas di Bah Butong. Begitu indah dan menawan hati.

Sambil tea walk menuju Pondok Atas Afeling B Sidamanik, jangan lupa bernapas dan menghirup udara yang bersih dan belum terkontaminasi di wisata Sidamanik ini ya. Ya, seperti perkebunan teh pada umumnya, letak Bah Butong yang berada di dataran tinggi 1.200 mdpl membuat kawasan ini sering disinggahi awan.

Jika dipotret dengan drone, Kebun Teh Bah Butong ini memiliki susunan yang menawan dan sepintas menyerupai labirin. Kalau berkunjung kesini, jangan hanya dipinggir jalan saja, harus masuk ke dalam karena pemandangannya begitu spektakuler. Berniat menunggu sunset? teman traveler siap-siap untuk takjub.

Hanya terpaut sekitar 24 kilometer dari Kota Pematangsiantar dengan waktu tempuh cukup singkat yakni 37 menit, lokasi Kebun Teh ini ada di jalan lintas Pematang Purba - Parapat tepatnya di Sarimatondang, Ambarisan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Tiket masuk ke dalam Rp5 ribu/pengunjung. Agar tidak sulit menemukan alamatnya, bisa lihat peta berikut: titik koordinat lokasi

2. Danau Rawang

danau rawang - credit: @azizi_ramadhan_
Spot wisata danau di Sidamanik yang tersembunyi ini belum banyak diketahui orang. Nah, pesona Danau Rawang ada pada tariknya yang berada di tengah perkebunan teh sehingga terkesan lebih unik dan berbeda.

Meski Danau Rawang yang terletak di Desa Simantin ini tidak terlalu luas, tetapi cukup menarik untuk dijadikan tempat berfoto-foto ala selebgram. Jangan berharap untuk bisa mandi-mandi sebab airnya cukup keruh. Kalau kata warga, Danau Rawang terbentuk akibat kerukan tanah yang terisi oleh air hujan. Apalagi posisinya lebih rendah dibanding areal perkebunan sekitar sehingga air dari jalur kebun teh mengalir ke Danau Rawang.

Jalan ke Danau Rawang pun tidaklah sulit ditemukan. Lokasinya tak jauh dari Gereja HKBP dan pabrik pengolahan Teh Toba Sari. Sampai sekarang belum ada biaya masuk, hanya perlu membayar biaya parkir.

3. Bah Biak

bah biak - credit: @randy.nangin
Setelah lelah keliling dan butuh penyegaran, jangan melewatkan spot Air Terjun Bah Biak yang akan mengguyur tubuh kamu dengan mata airnya yang menyegarkan karena langsung keluar dari balik pepohonan.

Air terjun ini cukup unik, terbagi dua dan berdekatan. Lebarnya hanya 1 meter dengan ketinggian 14 meter. Sebelum masuk ke area air terjun, pengunjung diharuskan membayarkan tiket masuk terlebih dahulu. Soal harga pun terjangkau hanya Rp2.000/orang.

Baca Juga: Air Terjun di Sumatera Utara

Akses ke dalam bisa berkendara dengan mobil. Sayangnya, kondisi jalan masih mendapat keluhan dari pengunjung karena sepanjang 6 km jalannya masih berbatu-batu. Wajib hati-hati nih apalagi saat musim hujan. Itu saja kurangnya, selebihnya pengunjung bisa jajan disini karena ada beberapa warung kecil. Bisa cek juga peta dan rute berikut: titik koordinat lokasi

4. Bah Damanik

credit: @elxva_
Pada penasaran nggak sih dengan arti dari kata 'bah'? jadi, bagi orang Simalungun, 'bah' itu berarti air. Begitu juga dengan Bah Damanik, tentu sudah tak asing lagi buat kamu yang sudah hobi traveling sejak lama, kan?

Sangking terkenalnya tempat wisata terbaik di Kecamatan Sidamanik ini, banyak traveller dari luar Sumut yang rela datang dari jauh demi melihat bentuk sesungguhnya dari Bah Manik, lho! Hampir setiap hari, ada puluhan wisatawan datang kesini untuk berenang dan merasakan riak-riak airnya.

Baca Juga: Tempat Wisata di Siantar

Biaya masuk ke pemandian Bah Damanik yang beralamat di Desa Ambarisan, Sarimatondang tersebut cuma Rp5.000/orang ditambah tiket parkir Rp15 ribu. Supaya tidak kesasar ke tempat berlibur yang keren ini, cukup ikuti rute dan peta lokasi Bah Manik berikut ya: titik koordinat lokasi

Variasi wahana wisata air serta Kebun Teh Butong dijamin nggak akan bikin traveler kecewa. Terutama bagi yang mau berlibur ke beberapa destinasi sekaligus, Sidamanik sangat direkomendasikan. (sk/th.e/psn)
4 Wisata Keren di Sidamanik, dari Kebun Teh, Danau Rawang hingga Bah Biak Reviewed by Pariwisata Sumut on 7/17/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.