Top Ad unit 728 × 90

7 Tempat Wisata di Kota Siantar Yang Wajib Dikunjungi

-- --
Tempat Wisata di Siantar - Bila ingin berwisata ke Danau Toba via Parapat pasti kamu akan melintasi sebuah pemerintahan kota (pemko) bernama Pematangsiantar, karena jarak di antara keduanya memang berdekatan, maka tak jarang wisatawan memilih hotel di Siantar sebagai tempat menginap.

Sebagai kota terbesar ke-2 di Provinsi Sumatera Utara, sebenarnya banyak loh tempat wisata di Siantar yang bisa kamu eksplor, mulai dari wisata sejarah, budaya dan tentunya kuliner. Lalu, apa-apa saja tempat menarik di kota Pematangsiantar yang berjarak sekitar 4 jam dari Medan ini?

tempat wisata di pematangsiantar

Wisata Kota Pematang Siantar

Sebelum membahas tempat wisata di Siantar, perlu kamu tau kalau akses ke Siantar dari Kota Medan yang pernah meraih predikat sebagai kota paling toleran ini sangat mudah. Kamu bisa menggunakan transportasi bus umum atau kereta api. Apalagi jika jalan tol ke Parapat via Pematangsiantar sudah selesai dibangun, maka waktu tempuh akan semakin singkat.

1. Taman Hewan Pematangsiantar (THPS)

taman hewan pematangsiantar
Wisata Siantar ini dikenal sebagai kebun binatang terbaik di Sumatera Utara, THPS menjadi pilihan utama bagi mereka yang hendak berwisata keluarga. Jumlah koleksi hewan di Kebun Binatang Siantar ini diketahui lebih dari 700 jenis yang berasal dari dalam dan juga luar negeri.

Dibangun sejak tahun 1976 oleh Rahmad Syah, ayah dari selebriti Raline Shah, THPS adalah kebun binatang tertua di Sumatera Utara. Kebun Hewan Pematangsiantar pernah meraih beberapa predikat sebagai taman hewan terbaik di tingkat nasional, lho!

Biaya masuk ke Taman Hewan Pematangsiantar sangat murah, hanya Rp25.000/orang dan buka setiap hari. Seiring berjalannya waktu, THPS kini sudah semakin berkembang nih. Beragam fasilitas pun sudah dibangun, seperti 3D House, Museum Zoologist dan masih banyak lagi.

Bila anda ingin berkunjung Taman Hewan Pematangsiantar, langsung saja ke alamatnya di Jalan Kapten MH Sitorus No 10 Siantar.

2. Kuliner Siantar City Square

siantar city square via lintaspublik.com
Kuliner Siantar tak hanya Roti Ganda, Mie Pangsit Siantar yang sudah melegenda juga harus kamu coba. Apabila kamu bingung harus kemana, langsung saja putar arah kemudi menuju Siantar Square yang terletak di Jalan Piyata Yudha yang menjadi lokasi hunting kuliner paling pas bagi wisatawan.

Berbagai aneka jenis makanan dapat sobat traveler coba di Siantar City Square. Tempat wisata di Siantar ini sangat ramai di malam hari, pengunjungnya juga cukup banyak. Makanan yang disajikan jangan ditanya deh, sangat beragam.

3. Museum Simalungun

museum simalungun
Wisata Siantar lainnya yang wajib dikunjungi adalah Museum Simalungun yang punya sisi sejarah. Ya, pada awalnya Pematangsiantar merupakan ibukota dari Kabupaten Simalungun. Namun, seiring perkembangan keduanya pun dipisah. Museum Simalungun sendiri menyimpan berbagai macam koleksi terkait kebudayaan dan sejarah suku Batak, etnis Simalungun.

Museum Simalungun ini terletak di Jalan Sudirman No 20. Usianya cukup tua sejak didirikan pada tahun 1976 silam lho!.

4. Siantar Waterpark

siantar waterpark
Tak perlu jauh-jauh ke Medan, apabila sobat ingin menikmati wisata wahana air dengan berbagai jenis permainan, ayo segera ke Siantar Waterpark yang diresmikan pada tahun 2011 silam ini.

Lokasi Siantar Waterpark beralamat di Komplek Siantarmas Residence. Berbagai fasilitas di Siantar Waterpark juga dapat kamu rasakan seperti: kolam renang, food court dan waterwave. Biaya masuk ke tempat wisata Siantar ini sekitar Rp.40.000/orang.

Baca Juga: Kolam Renang di Pematang Siantar

5. Detis Sari Indah Swimming Pool Siantar

tempat wisata di siantar
Tak jauh berbeda dengan Siantar Waterpark, Detis Sari juga adalah wahana air yang kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal namun tak jarang pula dikunjungi oleh wisatawan dari luar. Detis Sari memiliki beberapa fasilitas seperti kolam renang, Apabila anda merasa lapar, di lokasi juga sudah terdapat food court.

Ada banyak lho wisata air berupa kolam renang dan waterpark lainnya, yuk baca langsung di Kolam Renang di Pematansiantar yang sudah kami siapkan untuk sobat traveler.

6. Patung Dewi Kwan Im Siantar

patung dewi kwan im
Berada di kota terbesar ke-dua di Sumatera Utara, Pematang Siantar menjadikan tempat peribadatan ini sebagai lokasi wisata religi tak hanya bagi umat Budha tapi juga bagi wisatawan yang tertarik untuk berkunjung.

Patung Dewi Kwan Im disnyalir tertinggi di Indonesia dan berada di Vihara Avaloskitespara. Pembuatan Patung Dewi Kwan ini juga bukan main-main, bahan bangunannya langsung di import dari negara Tiongkok dengan biaya sebesar 9 miliar rupiah.

Tonton Video Menarik Berikut
 

7. Taman Bunga Pematang Siantar (Lapangan Merdeka)

lapangan merdeka siantar
Berada persis di depan kantor Walikota Pematang Siantar, ini taman bukan sembarang taman. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 1.000. Tapi tak perlu khawatir, keindahan taman nan hijau dan asri ini memang sangat cocok dijadikan sebagai lokasi wisata bersama keluarga dan juga olahraga sore.

Pada 2017 silam, Taman Bunga Pematangsiantar berubah nama menjadi Lapangan Merdeka. Sederet renovasi pun dilakukan demi kenyamanan para pengunjung. Lapangan Merdeka Siantar kini sudah dihijaukan dan jauh lebih terawat. Fasilitasnya pun semakin dilengkapi seperti area jogging track, kursi pengunjung dan lainnya.

Keren bukan? kalau memang anda ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata di Pematang Siantar ini? jangan lupa baca artikel sebelumnya: Daftar Hotel Di Pematang Siantar yang berfungsi sebagai refrensi anda memilih tempat penginapan cocok sesuai dengan isi dompet dan juga fasilitas yang di dapat. At last, happy traveling ke Siantar (PSN/Th.E)
7 Tempat Wisata di Kota Siantar Yang Wajib Dikunjungi Reviewed by Pariwisata Sumut on 12/05/2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.