Top Ad unit 728 × 90

10 Air Terjun Menawan di Sumatera Utara dengan Fakta Menarik

-- --
air terjun di sumatera utara - credit: konvzzz
Untuk penikmat wisata air terjun, pasti sudah tau jika provinsi Sumatera Utara dianugerahi banyak air terjun yang menawan dan indah? bahkan beberapa diantaranya bahkan mengisi predikat tertinggi di Indonesia.

Gak hanya di Langkat dan Danau Toba, pun pesona air terjun menarik lainnya di Sumatera Utara dapat juga dijumpai di sederet kabupaten lain seperti Simalungun dan Mandailing Natal. Masing-masing tentu memiliki fakta dan keunikan berbeda.

Air Terjun di Provinsi Sumatera Utara

Sebelum menjelajah deretan wisata air terjun menawan yang direkomendasikan berikut, jangan lupa untuk mempertimbangkan stamina, jarak tempuh dan juga musim yang sedang berlangsung agar petualangan teman pariwisatasumut.net lebih seru dan menyenangkan.

1. Air Terjun Ponot - Asahan

credit: @deviizona28
Salah satu air terjun yang mencengangkan di Sumatera Utara adalah Ponot. Berada di perbatasan Kab. Tobasa dan Asahan, Air Terjun Ponot mengalahkan curug-curug dari seluruh provinsi di Indonesia yang memegang gelar sebagai air terjun paling tinggi nomor 1 di Indonesia.

Fakta tersebut sekaligus mengantarkan Ponot sebagai destinasi wisata di Asahan dan Tobasa yang tak boleh dilewatkan. Sebab air terjun menawan ini juga digunakan sebagai pemutar turbin PLTA Inalum dan jadi destinasi rafting populer yang tak henti memikat turis mancanegara.

Air terjun Asahan dengan tinggi 250 meter (820 kaki) ini berlokasi di Desa Tangga, Siarimo Halado, Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara dengan tiket masuk: Rp5.000,- dan buka mulai pukul 08.00 - 16.00.

2. Sipiso-piso - Karo

credit: @aereonwong
Salah satu pesona air terjun di Danau Toba yang paling memikat bernama Sipiso-piso ini tak henti didatangi oleh wisatawan karena posisinya berhadapan dengan daerah wisata Tongging, sehingga pengunjung dapat mendatangi beberapa spot dalam 1 kali trip.

Berasal dari aliran sungai Pajanabolon, tinggi air terjun Sipiso Piso yaitu 120 meter (393 kaki). Sipiso piso juga tercatat dalam daftar 10 air terjun tertinggi di Indonesia lho! yakni di urutan ke-6 setelah air terjun Batang Kapas di Riau.

Untuk sampai di kaki air terjun, turis perlu berjalan menuruni ratusan tangga dari areal perbukitan. Nah, spot ini berada di Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Buka dari jam 09.00-16.00 dengan biaya retribusi Rp10.000,-

3. Air Terjun Mursala - Tapanuli Tengah

credit: @elsadewi
Mursala merupakan satu dari sembilan air terjun di Tapanuli Tengah yang paling populer di Sumatera Utara. Fakta unik dari Mursala yakni air terjunnya yang langsung mengalir deras dari tebing-tebing batu granit menuju laut Samudera Hindia.

Dibalik itu, keberadaan air terjun ini juga menyimpan legenda rakyat Tapanuli Tengah tentang perjalanan Putri Runduk. Alkisah, paras cantik dari Putri Runduk membuat seorang pria keturunan raja Sudan jatuh hati. Padahal saat itu, ia telah menjadi permainsuri Raja Jayadana. Dalam pelariannya, Putri Runduk dan pengawalnya tiba di Pulau Mursala. Ia memutuskan untuk terjun dari atas pulau dan membuat sang pengawal merasa kehilangan. Tangisan pengawal yang tak terbendung pun menjadi air terjun.

Meski tinggi dari Air Terjun Mursala hanya 30 meter (98,4 kaki), sisi lain dan keunikan dari wisata air tersebutlah yang membuat wisatawan tak henti terpikat. Apalagi di sekitarnya ada banyak sekali pulau yang bisa dijelajahi dalam 1 kali perjalanan.

4. Situmurun - Toba Samosir 

credit: @ayok.la
Jika Tapteng punya Mursala, lain pula dengan Tobasa yang punya air terjun Situmurun yang aliran airnya justru menuju Danau Toba. Air terjun di Kabupaten Toba Samosir ini kerap juga dinamai Binangalom. 

Tinggi air terjun Situmurun yakni 70 meter (229 kaki) dari mengalir dari Bukit Barisan yang memang mengelilingi Danau Toba. Nah, agar bisa sampai di Situmurun, wajib naik kapal dari Parapat dengan sistem sewa.

Di bawah air terjun, pengunjung bisa lompat dari batu-batu di pinggir danau dan menceburkan diri sambil merasakan nikmatnya sensasi segar dari Situmurun. Boleh disebut, Situmurun ini satu-satunya air terjun yang langsung jatuh ke Toba lho!

5. Air Terjun Lae Une

credit: @babanghar
 Alam Sumatera Utara memang gudangnya air terjun. Beralih ke wilayah Pakpak Bharat, khas dengan pesona hutan alaminya ada Air Terjun Lae Une yang indah sangat indah sebab lingkungan alamnya masih hijau dan asri.

Tempat menawan ini sudah sejak lama sih jadi destinasi favorit para penjelajah yang bertandang ke kabupaten Pakpak Bharat apalagi banyak ikan air (pakpak: ikan lae) yang bisa dipancing di aliran sungainya. Nah, disini juga tumbuh salah satu jenis makanan Pakpak yakni Teppah.

Mau kesini? langsung deh ke lokasinya yang beralamat di Desa Kecupak I, Kecamatan Pergetteng-Getteng Sengkut (PGGS), Kab Pakpak Bharat, Sumatera Utara. Buka tiap hari kok dan retribusinya hanya Rp5.000/pengunjung.

6. Air Terjun Aek Sijorni - Tapanuli Selatan

credit: @irfanraviandi
Main ke Tapanuli Selatan tak afdol rasanya kalau nggak singgah ke Aek Sijorni. Yap, air terjun di Tapanuli Selatan ini sudah sangat terkenal di seantero Sumatera Utara lho. Bahkan nggak sedikit wisatawan dari Medan rela jauh-jauh untuk melihat langsung potret keindahan air terjun jernih ini.

Berlibur di ikon wisata Tapsel ini pastinya seru habis pasalnya pengelolaan Aek Sijorni kini ditangani oleh dinas pariwisata. Lalu apa fakta menarik dari Sijorni? seusai namanya, spot wisata air di Tapsel tersebut selalu jernih, meski di musim hujan sekalipun.

7. Air Terjun Linggahara - Labuhan Batu

credit: @cerita_labuhanbatu
Siapa tak terpesona dengan wisata Labuhan Batu? wajib deh datang ke Air Terjun Linggahara yang berada di Lingkungan Makmur, Kelurahan Lobusona di Rantau Selatan. Selain nyaman untuk rekreasi, air terjun yang juga sering dinamai Air Terjun Baru (Kembar) tersebut letaknya ada di kawasan hutan lindung lho!.

Disini itu ada 2 buah air terjun yang letaknya sangat dekat dengan tinggi masing-masing 20 meter dan 30 meter. Karena posisi Linggahara yang masuk area hutan lindung, suasana yang disajikan pasti sejuk dan menyegarkan. Tiket masuknya cuma Rp15.000 dan sudah lengkap dengan fasilitas gazebo (pondok) bergaya tradisional, kolam pemandian dan juga toilet.

8. Air Terjun Humogo - Gunung Sitoli 

source: gunungsitoli.go.id
Pesona destinasi Nias bukan hanya pantai dan pulau saja nih, keindahan alamnya juga tidak kalah memukau lho. Air terjun Humogo di Kota Gunung Sitoli misalnya, selain menawarkan pemandian alam Nias, spot rekreasi di Desa Faroyo ini juga disulap serba kekinian.

Air terjun di Nias tersebut sangat tertata, tangga menuju lokasi pemandian dicat warna-warni dan disediakan pula jalur pedestrian. Mandi di bawah guyuran Humogo bakal bikin traveler serasa dipijat secara alami.

Fakta unik Air Terjun Humogo ada padanya bentuknya yang membentang, lebarnya mencapai 8 meter dengan tinggi sekitar 9 meter, bak Niagara versi lokal ya?. Seru lho berendam di aliran airnya yang super jernih!

9. Air Terjun Tonduhan - Simalungun

credit: @awangputraronimuhardi
Jangan cuma ke umbul deh, coba nikmati air terjun di Simalungun bernama Tonduhan. Dijamin bakal terpukau lantaran Tonduhan ini memiliki pemandangan super cantik menyerupai teluk yang dipayungi pepohonan lebat.

Jika dilihat sekilas, Tonduhan seperti terdiri dari 2 buah air terjun tetapi kalau diamati lagi, pemandangan tersebut tercipta karena terdapat batu tepat di bagian hulu sehingga memisahkan jalur aliran air.

Kesegaran air terjun Tonduhan yang beralamat di Desa Buntu Bayu, Kec. Hatonduhan, Simalungun, Sumatera Utara ini wajib dong dinikmati. Tiket masuk ke Tonduhan sekitar Rp10.000 kok, kamu bisa mandi-mandi di dasar air terjun karena di bagian ini terdapat cekungan cukup luas.

10. Air Terjun Dua Warna - Deli Serdang

credit: @tyler.arnestad
Sulit menyangkal jika Dua Warna adalah air terjun paling unik dan terindah yang ada di Sumatera Utara. Hampir setiap hari selalu dipadati oleh pengunjung. Tak sedikit juga turis luar yang rela menjelajah permadani hutan demi melihat keindahan Air Terjun Dua Warna.

Pesona air terjun Dua Warna memang sangatlah mengagumkan, terletak di area cekungan dan diapit hutan padat, terdapat 2 buah air terjun di dasarnya yang memiliki suhu berbeda, satu panas dan satu lagi dingin. Warnanya pun berbeda satu kebiru-biruan dan lainnya jernih.

Berada di kawasan Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara. Dua Warna dahulu tak pernah sepi, hampir tiap hari ada saja wisatawan yang menginjakkan kaki disini.

Dari 10 air terjun di provinsi Sumatera Utara yang sudah dibahas pariwisatasumut.net di atas, spot mana yang sudah kamu jelajah dan paling menawan? 
10 Air Terjun Menawan di Sumatera Utara dengan Fakta Menarik Reviewed by Pariwisata Sumut on 7/09/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.