Top Ad unit 728 × 90

11 Maskapai Penerbangan di Indonesia yang Perlu Diketahui

-- --
Industri penerbangan di Indonesia ternyata tumbuh cukup pesat. Terbukti dari banyaknya bandara dan maskapai di berbagai provinsi yang bahkan keberadaannya sudah memasuki daerah-daerah terpencil.

Tidak dapat dipungkiri, persaingan kompetitif dalam usaha penerbangan membuat beberapa maskapai mengalami kebangkrutan dan akhirnya gulung tikar. Namun, tak sedikit juga yang mampu bertahan dan terus terbang hingga sekarang.

via @garuda.indonesia
Secara garis besar, layanan pesawat terbang di Indonesia berpedoman pada aturan keberangkatan yang sesuai dengan waktu atau kerap disebut niaga berjadwal. Beberapa tahun terakhir, ada 11 nama maskapai di Indonesia yang masih aktif dan membuka jasa pengangkutan baik barang maupun penumpang.

Maskapai Penerbangan di Indonesia

Berikut nama-nama maskapai tersebut.

1. Garuda Indonesia
Melalui program Garuda Explore, badan usaha milik negara (BUMN) mulai merintis penerbangan antar daerah luar provinsi dengan tarif lebih kompetitif dari pesaing. Semenjak resmi terbang perdana pada 1949, Garuda Indonesia memang terkenal berkat pelayanan terbaik yang diberikan kepada penumpang.

Garuda memiliki banyak cabang di kota-kota besar demi melayani pembelian tiket dan membership. Untuk di Medan Sumatera Utara sendiri, kantor maskapai dengan slogan 'The Airline of Indonesia' ini beralamat di Jalan Mongonsidi No 34A.

2. Citilink
Citra tiket mahal Garuda yang begitu melekat membuat Perusahaan BUMN tersebut membuka anak usaha yaitu Citilink. Berbeda dengan sang induk, tiket penerbangan Citilink yang memiliki slogan 'Better Fly Citilink, Your Right Link' ini justru tergolong murah dan low budget sejak mulai didirikan pada 2001 silam.

Pelayanan pesawat dengan ikon warna hijau ini tidak sebatas tiket. Ada juga trip/paket wisata ke berbagai pilihan destinasi. Selain di ibukota besar, Citilink pun melayani rute ke berbagai airport seperti Bandara di Aceh dan Sulawesi.

Medan tak ketinggalan, kantor Citilink ada di 2 lokasi yaitu (1) Bandara Kualanamu, Telpon (061) 88880577 dan Hotel Grand Mercure Medan Angkasa di Jl. Sutomo No. 1 (061) 4155659.

3. Airasia Indonesia
Siapa tidak kenal maskapai murah di Indonesia yang satu ini? promo diskon hingga tiket gratis sering membuat traveller memilih Airasia sebagai pilihan utama. Apalagi saat ini Airasia sudah punya situs booking online sendiri yang semakin memudahkan penumpang. Ya, sesuai dengan slogan kebanggannya: 'Now Everyone Can Fly,".

Agen Air Asia resmi di Medan ada 3 unit, yakni di jalan Asia No 546, Brigjen Katamso No 33dedan Garuda Plaza Hotel Sisingamangaraja No 18.

Maskapai penerbangan ini paling rutin mengadakan promo sehingga jadi favorit traveler yang ingin menghemat budget.

4. Wings Air
Wings Air mulai melayani operasi penerbangan sejak Juni 2003 dan membuka rute domestik ke berbagai kawasan di nusantara, sebut saja Sibolga, Silangit dan Kualanamu. Motto dari Wings Air yang mengusung kalimat: 'Fly Is Cheap,' sesuai dengan harga tiket Wings Air yang memang cukup murah.

5. Batik Air
Bagian dari Lion Air Group ini menyasar segmen pasar menengah ke bawah. Sejarahnya, maskapai Batik Air yang didirikan pada 2013 ini mulai mengudara demi memenuhi padatnya permintaan penumpang Lion Air. Dengan tagline 'Journey Begins', pesawat Batik Air hadir dengan full pelayanan full service yang dilengkapi entertainment.

6. Lion Air
Ekpansi kerajaan bisnis penerbangan Lion Air di Tanah Air memang patut diancungi jempol. Kini, maskapai yang didirikan oleh Rusdi Kirana pada 1999 ini telah memiliki 2 anak penerbangan lain yaitu Wings dan Batik Air. Tak jauh-jauh dari unit usaha sebelumnya, Lion Air kokoh dengan slogan merakyat: 'We Make People Fly,"

7. TransNusa
Mulai membuka operasional pelayanan sejak 2005, TransNusa Aviaton Mandiri khusus membuka rute penerbangan di wilayah Indonesia bagian Timur. Jadwal terbang TransNusa yang ciamik berslogan "Strive for Savety and Service," juga teratur, terbang ke 20 destinasi.

8. Trigana Air
Tak banyak yang tahu kalau Trigana Air sudah berkontribusi terhadap industri penerbangan sejak 1991 dengan jumlah armad 18 buah. Meski memiliki destinasi terbatas dan hanya melayani jalur ke Jaya, Kalimantan dan Papua, Trigana Air Service berslogan 'We Serve You Here, There and Everywhere' masih tetap eksis.

9. Sriwijaya Air
"Your Flying Partner' merupakan ciri khas dari Sriwijaya Air. Masuk kategori maskapai penerbangan terbesar di Indonesia, dalam setahun Sriwijaya Air yang yang didirikan oleh 5 orang pengusaha ini mampu menggaet 700 ribu penumpang.

10. Nam Air
Kesuksesan Sriwijaya Air tak pelak membuat maskapai tersebut membuka nama baru yakni Nam Air. Kala itu, Nam Air yang resmi dioperasikan di tahun 2003 ini diharapkan mampu menyaingi Garuda yang menargetkan kelas menengah ke atas.

11. Xpress Air
Lewat slogan 'Terbanglah Indonesiaku' maskapai kenamaan di Indonesia Timur bernama Xpress Air ini membuka rute terbatas yaitu Makassar, Jayapura, Manado, Ternate. Berdiri pada 2003 silam, Xpress Air tak hanya menghubungkan antar pulau-pulau di Indonesia saja tetapi juga sudah melayani destinasi ke Malaysia.

Deretan 11 maskapai penerbangan di Indonesia yang sudah disebutkan di atas tentu punya peranan besar terkait kebutuhan transportasi udara.
11 Maskapai Penerbangan di Indonesia yang Perlu Diketahui Reviewed by Pariwisata Sumut on 8/22/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.