Top Ad unit 728 × 90

Keren! Ada 12 Bandar Udara (Airport) di Provinsi Aceh

Pelayanan jasa kebandarudaraan di Provinsi Aceh yang terdiri dari 18 kabupaten dan 5 kota, tidak hanya berdampak positif terhadap sektor transportasi, namun secara nyata ikut juga memberi sumbang-asih terhadap kemajuan sektor pariwisata di wilayah yang dijuluki "Tanah Rencong" ini.

Aceh sebagai 1 dari 9 provinsi di Andalas memiliki wilayah cukup luas mencapai 58.375 km, mulai dari Kota Banda Aceh hingga Kabupaten Simeulue. Keberadaan Bandar Udara di pusat-pusat pariwisata Aceh tentu saja mempermudah aksesibilitas wisatawan asing dan domestik.

Tidak hanya Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, berikut adalah 12 bandar udara di Provinsi Aceh:

1. Maimun Saleh International Aiport


Sebagai kawasan pariwisata paling populer di Aceh, Sabang (SBG) memang membutuhkan kehadiran Bandara Internasional dan Maimun Saleh International Airport adalah jawabannya. Sederet maskapai ternama yang melayani rute ke bandara ini diantaranya: Garuda Indonesia (Explore dan Wings Air.

2. Bandar Udara Blangkejeren


Disebut juga Bandara Senubung, Bandar Blangkejeren berada di Kabupaten Gayo Lues ini tergolong baru dan resmi beroperasi sejak 2015 lalu. Bandara ini melayani penerbangan ke Medan dan Banda Aceh dengan menggunakan pesawat perintis seperti Susi Air.

Baca juga:
Inilah 7 Bandar Udara (Bandara) di Sumatera Utara yang Harus Kamu Ketahui
7 Tempat Wisata di Kota Banda Aceh Paling Terkenal
10 Tempat Wisata di Kabupaten Aceh Besar

3. Bandara Lasikin


Lasikin adalah satu-satunya bandar udara yang ada di Kabupaten Simeulue (SMG) sejak tahun 1980 silam. Paska tsunami, pemerintah mulai mengembangkan fasilitas bandara serta menambah panjang landasan pacu. Maskapai penerbangan yang melayani rute ke Lasikin umumnya pesawat perintis seperti Wings Air.

4. Kuala Batee Airport

Terletak di Aceh Barat Daya (Abdya), Kuala Batee menjadi moda transportasi udara bagi masyarakat Abdya yang terdiri dari 9 kecamatan. Bandar Udara yang memiliki nama lain Susoh Abdya ini dilayani oleh pesawat perintis Susi Air dengan rute pelayanan Medan dan Banda Aceh.

5. Bandar Udara Alas Leuser


Kabupaten Aceh Tenggara juga memiliki bandar udara bernama Bandara Alas Leuser. Sempat vakum beberapa tahun silam, Alas Leuser Airport kembali beroperasional dengan rencana pengembangan berjangka mulai dari 2016 hingga 2019 mendatang. Pengembangan tersebut meliputi optimasi runway, gedung tower, terminal dan fasilitas lainnya. Untuk saat ini, pesawat yang melayani penerbangan di Alas Leuser masih Susi Air.

6. Bandar Udara Lhok Sukon

Lain hal dengan Bandara Lhok Sukon, airport yang berada di Aceh Utara ini merupakan salah satu aset dari PT. Exxon Mobil Oil sehingga tidak melayani penerbangan komersil.

7. Bandara Teuku Cut Ali


Aceh Selatan dikenal sebagai salah satu destinasi wisata bahari di Pulau Sumatra, sebut saja pantai Batee, Lhok Nibung dan lainnya. Akses menuju Aceh Selatan sudah semakin berkembang dan saat ini ada Bandara Teuku Cut Ali yang berada di Pasie Raya, Tapak Tuan. Sejak 2017, Teuku Ali Aiport kian dikembangkan.

8. Bandar Udara Malikus Saleh


Sejarah Bandar Udara Malikus Saleh yang berada di, Lhokseumawe, Aceh Utara ini cukup panjang dan telah berganti kepemilikan hingga beberapa kali. Saat ini, Malikus Saleh Airport telah dikelola oleh PT Angkasa Pura II dan akan terus dikembangan. Rute penerbangannya yang meliputi Banda Aceh dan Medan dilayani oleh maskapai Garuda Explore dan Wings Air.

9. Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya


Nama bandara yang diambil dari salah satu pahlawan nasional Aceh ini posisinya berada di Kabupaten Nagan Raya dan dikelola oleh BUMN melalui PT Angkasa Pura. Selain Wings Air, Garuda Explore juga beroperasi di Cut Nyak Dhien Airport.

10. Lapangan Terbang Kuala Langsa

Lokasi lapangan terbang Kuala Langsa tidak jauh dari pelabuhan Kuala Langsa dan hingga kini masih dikelola oleh pemerintah daerah. Mengingat pentingnya moda transportasi udara di Langsa, maka sejak 2017 lalu telah dilakukan survey dan pemilihan lokasi bandara perintis. Meski masih menunggu realisasi, bandara di Langsa ini akan menambah deretan airport di Provinsi Aceh.

11. Bandar Udara Rembele


Bandara Rembele dibangun selama 3 tahun sejak 2.000 - 2.003 sedangkan peletakan batu pertamanya sudah dilakukan pada 1997 silam. Bandara kebanggaan masyarakat Gayo ini kembali dibangun oleh pemerintah pusat pada 2016, pengembangan fasilitas terus dilakukan mulai dari perluasan area bandara, runway dan kembali diresmikan oleh Presiden Jokowi. Rembele Airport berada di Gampong Batu Alu, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah.

12. Bandar Udara Syekh Hamzah Fansuri

Melayani penerbangan 1 kali dalam seminggu, Bandara Syeikh Hamzah Fansuri yang berada di Aceh Singkil ini didirikan sejak 2004 - 2008. Pada 2017, Syekh Hamzah Fansuri Airport telah diperbaiki dengan menggelontorkan dana sebesar 1,8 miliar.
Keren! Ada 12 Bandar Udara (Airport) di Provinsi Aceh Reviewed by Pariwisata Sumut on September 17, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.