Top Ad unit 728 × 90

4 Pesona Air Terjun Efrata Samosir yang Cantiknya Ngegas!

-- --
Lagi bikin itinerary trip ke Danau Toba? pastikan untuk memasukkan beberapa destinasi cantik yang masih tersembunyi. Air terjun Efrata Samosir misalnya. Berada di tengah jalan lintas Menara Tele dan Harian, wisata yang bertempat di Desa Sosor Dolok ini perlu direkomendasikan lantaran memiliki pesona alam yang ekstra nge-gas!

air terjun efrata samosir - credit: @kovzzz
Di Sampuran Efrata, akan dijumpai air terjun alami bertipe semi tiered yang bersumber dari hulu punggung pegunungan Tele. Formasi bebatuan yang terjal sekaligus menciptakan lembah menawan. Pun, pepohonan besar yang rindang menaungi lingkungan sekitar semakin menambah pesona.

Air Terjun Efrata

Sampuren Efrata merupakan air terjun berketinggian 25 meter (82, 021 kaki) dengan bentuk melebar. Dikelola langsung oleh Pemkab Samosir melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Samosir. Cukup dengan biaya masuk murah, berikut ulasan pariwisatasumut.net tentang 4 pesona yang dimiliki.

1. Air Terjun Terindah di Lingkar Luar Pulau Samosir

credit: rony_d.maurung
Tak harus menyeberang ke pulau Samosir untuk menikmati Efrata. Pasalnya, posisi wisata tersebut terletak di lingkar luar pulau. Dikatakan penduduk sekitar, sejarah nama Efrata berasal dari turis mancanegara yang pernah berkunjung ke sana dan mengaku terpesona akan keindahannya.

Sedikit berbeda dibandingkan air terjun di Sumatera Utara lainnya, sampuren ini malah tidak bertingkat dan jatuh bebas dari atas bebatuan terjal dengan lebar bentangan mencapai 12 meter (39,370 kaki).

Kendati sudah lama ada, air terjun ini justru baru mulai dikenal luas sejak tahun 2015. Pembenahan fasilitas yang dilakukan secara bertahap sekaligus menandai masuknya destinasi tersebut sebagai skala prioritas pemkab setempat.

Dengan demikian, fasilitas umum kini sudah tersedia di lingkungan air terjun. Sebut saja kamar ganti dan gazebo yang berada tepat di samping lokasi pemandian. Bagi yang membawa transportasi pribadi, telah juga lapangan parkir yang berjarak sekitar 120 meter dari area wisata.

2. Pemandian Alam di Samosir

credit: @elizaharisepty
Laju Debit air yang keluar deras dari ketinggian dihalangi oleh bebatuan tepat di bawah jatuhnya air. Sehingga, sebagian area di bagian hilir ditata guna dijadikan pemandian alam. Meskipun airnya tak bening dan biru, tetapi tetap bersih dan menyegarkan.

Karena cukup tenang, di sini pengunjung bisa berendam dan merasakan dinginnya air yang berasal pegunungan Bukit Barisan. Tak hanya wisatawan lokal, suasana natural di aliran pemandian alam Samosir ini pun membuat turis tak mau melewatkan sensasi menarik tersebut.

Selain menikmati eksotika alamnya, liburan ke air terjun memang akan semakin lengkap jika ikut menikmati kesegaran airnya. Namun, tetap hati-hati karena bawah sungai ini dipadati bebatuan yang permukaannya cukup licin.

3. Panorama Cantik Sepanjang Perjalanan

credit: @jhonnysiahaan
Kelebihan lain yang dipunya Air Terjun Efrata yaitu spot-spot keren di sepanjang jalan menuju lokasi sampuran. Bahkan, panorama memikat itu sudah bisa dilihat sejak menginjakkan kaki dari simpang jalan raya.

Ya, lelah akan dibayarkan tunai dengan view eksotik berupa persawahan. Seandainya kunjungan traveller bertepatan dengan musim panen, persawahan di Desa Sosor Dolok ini akan terlihat menguning. Bagi Instagrammer, panorama tersebut tentu menarik dan cukup instagenik untuk dipotret.

Touring dengan sepeda motor ke Air Terjun Efrata pastinya menyenangkan. Sebab, aksesibilitas ke sana sudah sangat memadai. Untuk membuat wisatawan semakin nyaman dan mudah, jalan di sana sudah dibangun hotmix.

4. Lokasi dan Tiket Masuk

Sudah ada palang atau petunjuk arah yang disediakan pemangku setempat bertuliskan Efrata Waterfall. Sedangkan rute ke alamatnya yakni di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Sumatera Utara dapat dilihat lewat peta koordinat di bawah ini.



Biaya masuknya pun tergolong murah, hanya Rp8.000/pengunjung. Nah, karcis atau tiket masuk yang dibayarkan itu sudah resmi dari pemerintah.

Pesona wisata yang akan dijumpai saat menengok Air Terjun Efrata sudah barang tentu menjadi alasan mengapa teman Pariwisata Sumut wajib berkunjung, yuk segera touring! (an/psn)*
4 Pesona Air Terjun Efrata Samosir yang Cantiknya Ngegas! Reviewed by Pariwisata Sumut on 10/10/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.