Top Ad unit 728 × 90

7 makanan khas Mandailing yang hits, patut dicoba!

-- --
makanan khas mandailing
Di Indonesia, warung makan dan restoran Mandailing selalu ikut mewarnai sentra kuliner kota-kota besar. Tak hanya minuman kopi saja lho yang terkenal, pun makanan khas dari daerah Mandailing pun banyak yang termasuk hits.

Sobat PSN juga bisa membuat sendiri makanan khas Mandailing di bawah ini di rumah. Karena cara pengolahannya tidak terlalu sulit, tambah lagi bahannya cukup mudah ditemukan di pasar. Yuk langsung saja simak daftar kuliner tradisional berikut:

Minuman dan Kue Khas Mandailing

Panganan baik kue maupun minumannya ekstra manis, sehingga kerap diburu orang Medan di tengah jadwal puasa untuk dijadikan takjil saat berbuka.

1. Dodol Alame

dodol alame
Bentuknya pekat, terbuat dari campuran gula merah dan beras ketan hitam, inilah Alame yang sering juga dinamai dodol ala Mandailing. Wajib diketahui, dodol Panyabungan yang rasanya sangat manis tersebut sudah hits sampai ke Negeri Jiran, Malaysia. Lantaran ditutupi dengan anyaman daun, Alame selalu dijadikan oleh-oleh kalau pulang dari Mandailing sekitarnya.

2. Poul-poul

image credit: @trisiamarbun
Poul-poul pun tak kalah sedap. Bentuknya unik, seperti tangan dikepal. Nah, itak artinya tepung sedangkan poul bermakna kepal. Kuliner yang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya Mandailing ini memang tak banyak dijual di pasar. Mau enggak mau, harus bikin sendiri atau datang ke hajatan orang Tapsel Madina sob!

3. Toge Panyabungan

kue dan minuman mandailing - credit: suherilukman
Es cendol ala Mandailing ini lumayan jarang ada penjualnya. Kecuali pas bulan puasa, makanan khas ini bakal banyak dijual di tepi-tepi jalan Kota Medan karena banyak dicari oleh orang-orang yang sedang berpuasa untuk dijadikan takjil saat buka puasa. Kalau mau mencicipi di hari biasa, wajib liburan ke Panyabungan nih. Pastinya, minuman ini bakal bikin tenggorokan segar, apalagi ditambahi es, wuih tak ada lagi deh saingannya.

Makanan Khas Mandailing

Salah satu ciri dari makanan khas Mandailing adalah keberadaan santan sebagai bahan utama. Itulah mengapa rata-rata (meski tidak semua) olahan makanannya berupa sayur mayur atau daging biasanya diberi istilah gule (gulai).

4. Gule Bulung Gadung

credit: @chokyasir
Yang ini sudah pasti tau dong?. Soalnya hampir di seluruh suku etnis di Sumut, Bulung Gadung ini paling merakyat dan jadi lauk yang tak pernah lupa dihidangkan oleh pemiliki warung makanan Mandailing.

5. Gulai Ikan Salai

gulai ikan sale - image: @mirahhutasuhut
Gurih dan nikmat, 2 kata ini paling cocok diungkapkan untuk Gulai Ikan Salai. Eits, lauk khas Mandailing tersebut merupakan menu andalan raja-raja Mandailing dan Tapanuli Selatan lho!. Jadi, ikan air tawar seperti lele atau ihan mera yang sudah dikeringkan melalui proses pengasapan, kemudian dimasak lagi dengan aneka bumbu.

6. Gule Asam Pode

asam pade mandailing - credit: @dapurmelan
Kalau orang Indonesia menyebutnya Asam Pade, lain lagi alak Mandailing yaitu Asom Pode. Asom berarti asam sedangkan pode berarti pedas. Yap, wilayah Kab Madina memang tak jauh dari daerah Minang yang sedikit banyak memengaruhi sisi kulinernya. Kalau makanan lainnya akrab dengan kelapa, Asam Pode justru sebaliknya yang kental dengan cita rasa pedas bercampur asam.

7. Sambal Kantori Joruk

sambal kantori joruk - image: spicybaby.id
Joruk adalah fermentasi dari buah durian yang sudah diperam beberapa hari. Nah, joruk itu dibuat jadi sambal ikan teri (kantori) tawar. Sambal Kantori Joruk merupakan makanan yang memiliki campuran rasa pedas dan asam.

Selain 7 makanan yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada lagi Karak Koling, Kue Bongko, Gulai Telur Tebu, Rondang Bolut dan Pakkat. Kamu punya rekomendasi lain lagi nggak untuk dicicipi?
7 makanan khas Mandailing yang hits, patut dicoba! Reviewed by Pariwisata Sumut on 10/31/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.