Widget HTML Atas

Taman Alam Lumbini - Candi Pagoda Berkelas Dunia di Barus Jahe

Tidak perlu diragukan lagi bahwa Taman Alam Lumbini adalah bangunan peribadatan umat Buddha yang patut dikagumi keindahannya. Pun di Sumatera Utara, terdapat sebuah destinasi kelas dunia yang berada di Barus Jahe Kabupaten Karo yaitu Pagoda Lumbini.

taman alam lumbini
lumbini karo - credit: left: @iwanvanwilan - right: @sterravelling
Sering kali Pagoda Lumbini disebut sebagai Shewdagon Myanmar ala Berastagi, tempat ini menyajikan candi emas megah. Bahkan, namanya tercatat dalam Rekor MURI atas raihan predikat sebagai stupa pagoda tertinggi di Indonesia.

Benar, belum adanya pagoda di Medan yang seindah Taman Alam Lumbini menjadikan tempat wisata religi ini wajib dikunjungi. Demikian pula lokasinya yang beralamat di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat gampang diakses melalui berbagai rute. Alasan itu sekaligus mengundang wisatawan untuk menengok candi, pagoda dan taman di kawasan ini.

Kendati Taman Alam Lumbini merupakan tempat ibadah yang khusus dibuat bagi Agama Buddha, sebagian area Lumbini sudah dibuka untuk publik sejak pertama kali diresmikan. Berdasarkan update tahun 2020, pengunjung yang datang ke kawasan ini juga tidak dikenai biaya masuk.

Taman Alam Lumbini

Jarak antara Pagoda Lumbini dan Kota Medan dengan jarak terdekat hanya 59,1 kilometer atau 1,5 jam waktu tempuh. Berikut fnformasi detail mengenai taman alam yang sudah disiapkan pariwisatasumut.net untuk sahabat wisata.

1. Sederet Fakta Berkelas Dunia dari Taman Lumbini

taman alam lumbini
pagoda lumbini - credit: instagram/ary_widhi
Sebelum ke pembahasan wisata, kita perlu mengetahui bahwa tempat ini memiliki beberapa fakta unik. Seperti pada umumnya, motivasi turis melancong ke suatu destinasi pasti disebabkan oleh cerita yang tersimpan di balik pesonanya.

Begitu pula dengan spot ini, serangkaian sejarah di belakangnya turut membuat pagoda yang menjadi salah satu landmark pariwisata Karo ini terlihat semakin menakjubkan. Namun, perlu diketahui asal kata "Lumbini" sebenarnya berasal dari sebuah daerah di Nepal, tempat lahirnya Siddahrta Gautama.

Sesuai telusuran kami, kemegahan Lumbini sudah menarik perhatian di hari pertama peresmian. Disebutkan, ada lebih kurang 250 orang dari seluruh dunia yang ikut hadir kala itu. Mereka dan 1000-an biarawan, merupakan saksi berdirinya Pagoda Shewadgon di dataran tinggi Karo.

Sesuai data akurat, kisaran tinggi stupa pagoda itu adalah 46,8 meter dan dibangun persis di tengah areal taman yang diketahui berdiri di atas lahan seluas 10 ribu m². Bentuknya mengerucut ke atas dan seolah membelah langit biru.

taman alam lumbini
lumbini berastagi - credit: instagram/clarentine.maliluan
Tak sampai disitu, bangunan paling mencolok di tengah taman alam ini ternyata adalah replika dari pagoda terkenal yang aslinya terdapat di Yangon Burma Myanmar. Perbedaan dari keduanya hanya sedikit, yaitu pada warna. Jika di sini berwarna emas terang, maka yang di Myanmar warna putih.

Hal mengagumkan lainnya adalah isi dari taman itu sendiri. Pada bangunan inti yang ukurannya 68 x 68 meter, bisa dijumpai lambang Kebuddhaan yaitu rupang sebanyak 2.958 buah. Selanjutnya, patung representasi murid Buddha dengan jumlah 30 buah serta tidak ketinggalan 108 relikui.

2. Spot Menawan yang Membuat Decak Kagum

taman alam lumbini
taman alam lumbini - credit: instagram/arjuna_photos
Rekomendasi kegiatan di sana selain melihat pagoda yaitu berwisata ke taman alamnya yang tak kalah menawan. Letaknya ada di belakang bangunan utama dan dipisahkan oleh sebuah jembatan gantung yang di bawahnya ada lembah bunga.

Setelah melewati titi gantung sepanjang 20 meter, akan terlihat kembali bunga-bunga semerbak dan pepohonan hijau yang mempercantik taman. Sebab itu, spot wisata di Barus Jahe ini pun cukup direkomendasikan untuk wisata keluarga.

Terkini, pengelola telah menyediakan photo booth persis di depan candi. Bagi yang berminat, dapat berfoto dengan latar pagoda sambil mengenakan busana ala Jepang dan Nepal.

3. Lokasi dan Tiket Masuk

Terkini, pengunjung bisa mencoba untuk mengenakan busana ala Nepal dan Jepang yang disediakan oleh pengelola. Kemudian, berfoto kekinian di sarana photo booth dengan latar candi dan pagoda yang menawan.

Lokasinya yang berada di sekitar Dolat Rayat tepatnya di Desa Tongkoh, Barus Jahe, Kabupaten Karo sudah bisa juga dilihat di google map. Agar lebih mudah, cukup ikuti panduan koordinat dan peta berikut



Sampai sekarang, memang pengurus taman ini belum menetapkan harga masuk bagi tiap pengunjung. Namun, ada sebuah kotak tak jauh dari gerbang jika pengunjung ingin memberikan donasi seikhlasnya.

Nah, jika ingin melihat pagoda menawan di Sumatera Utara yang berkelas dunia dan memiliki taman alam, maka segeralah berlibur ke Lumbini! (sk/psn)

Berlangganan via Email