Top Ad unit 728 × 90

Bukit Kubu Berastagi, Rekreasi di Hotel Tua Tanpa Wajib Menginap

-- --
Ketika melintas di jalan besar Medan ke arah Kabanjahe, mata akan terpojok usai melihat sebuah hotel unik dikelilingi lapangan hijau asri. Tempat itu ialah Bukit Kubu Berastagi. Dibandingkan destinasi lain di jalur serupa, rekreasi dekat Mikie Funland ini memang nyaris tak pernah sepi dari hiruk pikuk pengunjung. Lantas, apa sebabnya?

Di Bukit Kubu, ternyata turis dibolehkan masuk tanpa harus menginap. Alasan itu membuat area hotel tua yang menyajikan alam terbuka berupa taman kota seluas 5 hektar, menjadi spot favorit wisatawan. Pasalnya, orang-orang sudah bisa menikmati spot out doornya hanya dengan membayarkan sejumlah biaya masuk.

foto credit: instagram/iwanvanwilan
Bukit Kubu merupakan kawasan terpadu yang menjanjikan 2 pengalaman sekaligus. Selain sebagai tujuan berlibur, hotel di Berastagi yang memiliki bangunan cukup berumur yang khas dengan rumput hijau dan wisata layang-layang ini juga menyediakan tempat bermalam.

Bukit Kubu Berastagi

Terletak di Kecamatan Gundaling II dan dipisahkan jarak sejauh 66,4 km dari Kota Medan. Agar tak penasaran akan sederet atraksi menarik di sini, berikut informasi yang dihimpun pariwisatasumut.net untuk para penikmat wisata.

1. Hotel Tua dengan Taman Rekreasi

credit: instagram/doni_ss366
Sesuai hasil penelusuran, terungkap sejarah bahwa Hotel Bukit Kubu sudah ada sejak 1910. Semula, tempat itu dipakai oleh Belanda sebagai tempat peristirahatan bagi para pekerja. Disebutkan pula, cikal bakal berkembangnya Berastagi jadi daerah wisata dimulai dari masa itu. Tepatnya, setelah Batavische Petroleum Maatshappij (BPM) membangun beberapa bungalow.

Simpulan, akomodasi ini adalah hotel tertua di Kabupaten Karo, genap berusia 109 tahun dan masih kokoh ketika ulasan dipublikasikan.

Kendati demikian, arsitektur gedung bercorak Eropa di penginapan tua tersebut tetap dijaga. Pesona klasik dari desainnya yang justru jauh dari kesan kuno malah memberikan dimensi berbeda, layaknya gedung bernuansa vintage.

Adapun Bukit Kubu telah berubah menjadi destinasi mengasyikkan. Bagi mereka yang punya budget terbatas tetapi ingin merasakan pengalaman berlibur di hotel, wisata ini patut direferensikan. Disana beragam aktivitas menyenangkan dapat dinikmati.

2. Hal Menyenangkan di Bukit Kubu

credit: instagram/xardiaz
Pertama kali memasuki gerbang, pemandangan hijau di sepanjang rumput lapangan terasa meneduhkan. Topografi kawasan ini memang membentuk bukit kecil. Baik area hotel dan tempat wisatanya tidak dipisah, untuk tamu yang hendak menyewa kamar bisa terus ke puncak karena gedung penerima tamu adanya di sana.

Rumput hijau di area wisatanya biasa digunakan oleh pengunjung untuk menggelar tikar. Ya, piknik adalah kegiatan berlibur utama jika sedang kemari. Tak perlu was-was kehabisan tempat, karena banyak lapak yang bisa dipilih.

Kegiatan ketiga yang tak boleh dilewatkan yaitu bermain layang-layang. Kencangnya hembusan angin akan segera menerbangkan benda yang terhubung dengan benang itu bebas ke udara. Tak perlu membuat sendiri, di sekitar hotel sudah banyak pedagang layang-layang.

Baca Juga: Kebun Madu Efi, Wisata Edukasi di Kabanjahe

Kenyamanan yang disuguhkan membuat tempat wisata layang-layang di Karo ini seru untuk anak-anak. Walaupun dekat dari jalan raya, ada pagar pembatas yang sengaja dibuat untuk menambah keamanan. Pun, keseluruhan isi lapangan sangat bersih.

Antiknya gedung dan hijaunya rumput yang terhampar tentu menarik untuk dijadikan tempat berfoto. Tak ayal lagi, akan kerap dijumpai pasangan berfoto pre-wedding di sini. Tetapi, biayanya pasti akan bertambah.

4. Harga Inap dan Tiket Masuk


Retribusi atau tiket masuk ke Bukit Kubu berbeda-beda. Untuk tahun 2019, nominalnya disesuaikan dengan jenis kendaraan. Namun, perlu diketahui bahwa biaya tersebut sudah termasuk seperangkat layang-layang dan tikar lesehan.

Secara detail, berikut rincian harga retribusinya.
- Minibus: Rp100.000/unit
- Sepeda motor: Rp30.000/unit
- Bus pariwisata: Rp200.000 (14 seat) Rp300.000 (24 seat) dan Rp500.000 (30 seat ke atas)
- Harga kamar: Rp850.000/kamar

Sedangkan untuk pemesanan dan periksa ketersediaan kamar, bisa melalui telepon (0628)20888 atau menggunakan aplikasi di berbagai agen perjalanan daring.

5. Lokasi
Alamat lengkapnya di Jalan Letjen Djamin Ginting, Gundaling II Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Karo, Provinsi Sumatera Utara. Secara lengkap, lihat letak koordinat pada map berikut


Menikmati liburan ala piknik di hotel kini bukanlah hal sulit lagi, tanpa wajib menginap sobat Pariwisata Sumut Net sudah bisa mendapatkan pengalaman menyenangkan. (an/psn)
Bukit Kubu Berastagi, Rekreasi di Hotel Tua Tanpa Wajib Menginap Reviewed by Pariwisata Sumut on 10/12/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.