Top Ad unit 728 × 90

Menengok Rumah Milik Tjong A Fie, Mansion Terkaya di Medan

-- --
Banyak pilihan destinasi heritage di medan yang dapat dijadikan tujuan berlibur. Tetapi, apakah tempat tersebut sama seperti Tjong A Fie Mansion yang berlokasi di jalan jalan ahmad yani kesawan?. Sebab rumah bergaya bangunan cina ini menyimpan tabir misteri dan sejarah di balik kemegahannya.

1. Dibangun Pada 1985
tjong a fie mansion
image: instagram/sondakh.jr
Rumah Tjong A Fie merupakan gedung lawas peninggalan dari Tjong A Fie, seorang saudagar kaya, pebisnis, dermawan sekaligus perantau dari provinsi guangdong yang punya banyak kontribusi dalam peradaban kota Medan. Semula, mansion ini adalah tempat tinggal keluarga yang kemudian menjadi obyek wisata sejarah setelah dibuka pada 2009.

2. Gaya Bangunan yang Khas
isi rumah tjong a fie mansion
source: instagram/leonardwithmarriott
Jika ditengok dari luar, bentuk bangunannya seperti yang ada di negara cina. Namun, perbedaan mencolok justru akan dijumpai ketika sahabat pariwisata sumut menjelajahi seluruh ruangan. Dimana terlihat jelas kalau gedung megah tersebut tak hanya memuat arsitektur tiongkok, tetapi desain bergaya art deco dan melayu ikut memperindah.

Sedangkan bagian depan bangunan dihiasi tanaman sehingga terlihat semarak. Mengadah ke bagian atas, berderet jendela berukuran besar yang bisa dipakai pengunjung untuk menyaksikan view kota medan. Lain itu, gerbang mansion ini cukup menarik perhatian.

3. Isi di Dalam Rumah Tjong A Fie
peninggalan tjong a fie di medan
source: instagram/anggieatjong
Seperti istana raja, rumah tempo dulu yang masih sangat terawat ini tergolong mewah. Mulai dari lantai 1 sampai 2 akan ada 35 ruangan yang aestetik. Seluruh tempat itu bisa dikelilingi oleh pengunjung.

Pada lantai pertama, dokumentasi tentang sosok berpengaruh di Medan tersebut diabadikan dalam sederet bingkai foto hitam putih. Termasuk kegiatannya saat masih aktif di tengah masyarakat melayu dan bangsa eropa.

Baca Juga: Taman Bunga Tjong Yong Hian Gallery

Selanjutnya, anda dapat melihat-lihat perabotan jadul yang kental dengan nilai seni tinggi. Juga, berkeliling ke berbagai ruangan, mulai dari tempat tidur, ruang makan hingga tiga buah ruang tamu yang cukup unik lantaran dibuat dengan desain berbeda yaitu tiongkok, eropa dan deli.

Namun, tidak keseluruhan isi komplek rumah ini bisa dilihat karena bagian belakangnya saat ini ditempati oleh anak dari pendiri Bank Kesawan tersebut.

4. Alamat, Jam Operasional & Biaya Masuk Rumah Tjong A Fie
Berlokasi di jalan Jendral Ahmad Yani Nomor 105, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Sumatera Utara. Selengkapnya lihat pada peta berikut



Waktu kunjungan mulai pukul 09.00 - 17.00. Sedangkan tiket masuk Rp35.000. Biaya tersebut sudah termasuk jasa guide lokal yang disediakan oleh pengelola, bertugas memberikan penjelasan terkait mansion secara terperinci.

Yayasan Toen Moek Tong merupakan pengelola aset kekayaan Tjong A Fie. Yayasan ini juga yang merawat sekaligus mengelola mansion.

Lantaran sangat unik, rumah ini selalu dikunjungi oleh lintas wisatawan, baik lokal mapun domestik. Tak jarang pula, fotografer memilih tempat ini untuk foto prewedding.
Menengok Rumah Milik Tjong A Fie, Mansion Terkaya di Medan Reviewed by Pariwisata Sumut on 11/15/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.