Widget HTML Atas

Pesona Laguboti, dari Pantai Hatulian sampai Lumban Binanga

Kecamatan Laguboti adalah salah satu daerah di Tobasa, Sumatera Utara. Sedari dulu, kecamatan ini dikenal sebagai tujuan berlibur favorit lantaran dianugerahi pesona alam cantik yang tentunya menarik.

Kawasan laguboti yang juga populer sebagai tempat kelahiran Hotman Paris Hutapea dan Instut Del ini memang luar biasa indah. Deretan bukit, persawahan sampai keelokan danau Toba terhampar begitu luas menyerupai lautan biru. Sehingga menjadikan kecamatan tersebut layak diperhitungkan oleh para pelancong.

laguboti via eduard sibue
Laguboti merupakan destinasi potensial di Sumut. Oleh sebab itu, ragam objek wisata pun dapat dijumpai di beberapa desa terdekat dari pusat kecamatan. Diantaranya Pantai Batu Hatulian dan Pantai Lumban Binanga yang sudah lama dibuka tapi baru diperbaiki beberapa waktu terakhir.

Laguboti

Berada di ketinggian 905 mdpl menjadikan pesona Laguboti beriklim sejuk. Dimana, sahabat PSN akan menikmati suasananya asri baik di pelosok desa maupun daerah wisatanya. Apalagi, lahan di sana dikelola seutuhnya untuk pertanian sawah.

Selain situs Mual Sisingamangaraja yang direkomendasikan bagi penikmat wisata sejarah, berikut pariwisatasumut.net ulas beberapa objek wisata menarik di Laguboti yang sangat memukau untuk destinasi liburan.

Pantai Hatulian

hatulian beach via eduard sibuea
Tidak jauh dari sekolah bibelvrouw HKBP, terdapat Pantai Batu Hatulian. Namun, wisata Laguboti yang cukup populer bagi masyarakat sekitar ini belum banyak diketahui wisatawan luar. Padahal, di sana tersaji pemandangan menakjubkan.

Pantai Hatulian adalah wisata air dan alam yang masih terjaga. Meskipun tak banyak diunggulkan oleh travel blogger, akan tetapi tempat ini tidaklah kalah epik dibandingkan pantai bulbul. Bedanya hanya sebatas ketersediaan amenitas atau fasilitas saja.

Tapi pesonanya sekarang sudah lebih terpancar paska dibenahi oleh Pemkab Tobasa, terutama dari segi fasilitas dan aksesibilitas. Disebutkan jika di areal pantai berpasir putih ini dibangun bertahap. Nantinya, akan ada tempat khusus untuk berburu souvenir khas dan sudut kuliner.

Kendati belum rampung 100%, keindahan Pantai Hatulian yang merupakan objek wisata yang berlokasi di Desa Ompu Raja Hatulian ini tidak akan mengecewakan momen liburan sahabat PSN. Lantaran udara segar khas Danau Toba serta eloknya tepian pantai yang menyenangkan.

Menyibak wisata terpendam di Laguboti ini tidaklah mahal. Pasalnya tiket masuk ke Pantai Hatulian hanya diberi tarif Rp5k. Dengan retribusi atau biaya masuk itu, pelancong sudah leluasa bermain air hingga diperkenankan mencoba pelbagai keseruan wahana.

Pantai Lumban Binanga

pantai lumbin via odi h/google maps
Beringsut ke pantai pasir putih lumban binanga, ikon wisata terbaru ini tidak luput dari pembenahan pemerintah setempat juga. Tentu, tujuannya untuk membuat wisatawan tertarik dan betah selama menghabiskan hari libur di sana.

Ya, pantai Lumban Binanga (Lumbin) merupakan destinasi di bibir danau Toba. Tepatnya, terletak di Desa Sibarani Nasampulu. Ibarat spot berlibur tersembunyi, pantai pasir putih ini pun kurang diketahui pelancong domestik apalagi turis luar negeri.

Nah, keunggulan objek wisata ini yaitu pasir di tepian danaunya yang berkilau seperti mutiara. Apalagi saat matahari sedang berada di titik tengah. Mata akan silau tatkala menyaksikan eksotika tersembunyi di Lumban Binanga.

Baca Juga: Hotel Sere Nauli

Pantai Pasir putih ini adalah tujuan berlibur yang komplit. Jika di bagian depan tampak danau nan luas, maka lain pula di bagian kiri. Dimana, terhampar persawahan hijau yang luas yang sehingga meneduhkan mata ketika dipandang.

Soal kejernihan air di pantai ini rasanya tak perlu diragukan. Fotonya pasti sesuai dengan realita. Kendati demikian, tiap pengunjung diwajibkan berhati-hati agar tidak terbawa gelombang ombak saat berenang atau bermain di tepi pantainya.



Bagi yang hobi berlibur di tempat sepi, Lumban Binanga adalah pilihan terbaik. Di sana tidak akan terdengar hingar-bingar seperti di kota besar. Ditambah kunjungan wisatawan yang belum terlalu ramai. Entah berjemur langsung di atas gundukan pasir putih atau membentangkan tikar, nyatanya duduk sambil menyaksikan sederet pesona tersembunyi di Desa Sibarani tersebut akan serba asik.

Petualangan di Danau Toba spesial Laguboti terasa kurang lengkap jika tidak singgah ke Pusat Pasar. Waktu di ibukota kecamatan ini, bisa digunakan untuk membeli oleh-oleh atau persiapan bekal selama di perjalanan pulang nantinya.

Berlangganan via Email