Top Ad unit 728 × 90

Resep Saksang Ini Gak Hanya untuk B2, Tapi Ayam Juga Bisa!

-- --
saksang - image: instagram/keeeeetttt
Sahabat PSN mungkin salah satu penggemar makanan saksang? kuliner dari Tapanuli ini memang nikmat tiada tara. Apalagi dengan resep bumbu dan racikan yang tepat, niscaya orang Batak pasti gagal move on setelah mencicipi. Wajar jika masakan tersebut cukup digemari oleh bule atau turis luar negeri.

Saksang merupakan olahan kuliner Batak yang berbahan dasar daging, entah itu daging babi (b2) atau anjing (b1) yang proses pengolahannya dicampur dengan darah (gota) dari hewan itu sendiri. Namun sekarang sudah lebih variatif lho, bahkan sudah ada lapo atau restoran Batak di Jakarta menyediakan menu saksang halal.

Jenis-jenis Saksang

Biar lebih kenal, membahas Saksang patut mengetahui jenis dan sekaligus namanya. Penikmat wisata gastronomi pasti tahu betul kalau makanan ini terbagi ke dalam 2 jenis yaitu namargota dan nasomargota. Lantas apa perbedaan resep dari keduanya?

Nasomargota biasa disematkan dengan beberapa makanan Batak yang tidak ada campuran darah. Sedangkan namargota adalah sebaliknya yakni terdapat bahan baku darahnya. Nah, sampai di sini sudah paham ya.

Beberapa sajian daging tradisional dari puak Batak memang kental dengan darah. Selain yang sudah dibahas di atas, masih ada Napinadar. Intinya, kalau ada penggalan kata 'gota' di nama makanannya, pasti sudah ada itu. Ini bisa jadi tips saat berwisata kuliner.

Resep Saksang

saksang halal image via kumparan.com
Jika bosan atau sedang malas pergi ke restoran Batak, bikin Saksang sendiri juga cukup mudah. Caranya tentu gampang dan tidak memerlukan keahlian khusus. Apa saja bumbu dan bahan dasar Saksang yang enak dan lezat? yuk simak ulasan berikut:

Bahan Dasar
Siapkan daging b1, b2, kerbau atau ayam sebanyak 1/2 kg kemudian iris atau potong.

Bumbu
Andaliman secukupnya.
Minyak goreng.
Ketumbar 50 gram.
Kunyit 1/2 ruas.
serai 4 batang.
Lengkuas 1 ruas.
Jahe 1 ruas.
Kelapa sangrai (gongseng) 250 gram.
Cabe 12 biji (rawit dan keriting).
Bawang putih dan merah masing-masing 6 siung.

Baca Juga: Makanan Tradisional Mandailing

Cara Memasak
1. Cuci dagingnya sampai bersih, jangan lupa gota-nya di simpan dulu.
2. Bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan kemudian ditumis, tunggu sampai aroma wanginya tercium di hidung, kecuali lagi pilek tidak perlu keburu gosong.
3. Tahap selanjutnya, daging dimasukkan ke dalam wajan, pastikan semua tercampur dengan baik dan tunggu sekitar 10 menit. Agar bumbunya meresap lebih baik ditutup.
4. Masukkan air 1 atau 2 gelas, jangan kebanyakan nanti siapnya bisa lama, selama menanti jomblo menanti jodoh tak muncul-muncul.
5. Tutup lagi sampai air yang menggenangi daging itu mulai surut.
6. Nah, tuang gota yang disimpan tadi.
7. Sudah kering airnya, siap untuk dihidangkan.

Note: Cara membuat saksang nasomargota sekaligus halal ada pada nomor 6 itu. Gotanya diganti dengan hati ayam atau hati kerbau yang sudah dihaluskan.

Kesimpulannya, jadi sudah tau dong bagaimana membuat masakan saksang dengan cara mudah tanpa harus ribet cari resep. Yuk langsung praktik di rumah.
Resep Saksang Ini Gak Hanya untuk B2, Tapi Ayam Juga Bisa! Reviewed by Pariwisata Sumut on 12/01/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.