Top Ad unit 728 × 90

Satu Kata untuk Goa Sigalapang dan Air Terjun Aek Birong, Memesona!

-- --
Terpikir untuk mencari tempat berlibur yang menantang namun menyenangkan? dua objek wisata berikut harusnya menjadi pilihan, yaitu Air Terjun Aek Birong dan Goa Sigalapang. Kendati jarang terdengar karena masih tergolong baru, pesonanya dipastikan akan memikat hati.

Goa Sigalapang serta Air Terjun Aek Birong sangat dianjurkan untuk pencari destinasi petualangan. Karena selain perjalanan yang ekstra menantang, keberanian untuk menyusur belantara alam nan indah pun ikut dituntut maksimal.

goa sigalapang - image via angga_jayaa

Goa Sigalapang

Goa Sigalapang adalah satu tujuan wisata alam di tiga lintas kabupaten yakni Labura, Asahan dan Tobasa. Meskipun kalau dilihat melalui peta, lokasinya justru berada di Pintu Pohan Meranti. Apabila kita tempuh dari Kisaran, setidaknya kita perlu menguras isi bensin untuk perjalanan 3 jam lebih.

Tak apa-apa bukan? toh Goa Sigalapang sendiri baru dibuka pada 2019 lalu. Itu berarti tempatnya masih belum lama beroperasi. Setidaknya kita bisa mengecap sekaligus berwisata di green canyon ala Sumatera Utara.

Tepat di depan pintu retribusi, atmosfer alam akan langsung menyeruak. Berbekal tiket masuk yang hanya dibandrol Rp5 ribu per pengunjung. Goa Sigalapang menawarkan destinasi khusus air serta kegiatan olahraga kecil-kecilan tapi sedikit menguras keringat.

Opp! jangan bahagia dulu, pasalnya pengunjung harus trekking di permukaan jalan turunan. Nah, sewaktu pergi biasanya tidak terlalu bikin pusing tetapi pulangnya mungkin agak melelahkan. Sebab itu, sediakan stamina yang cukup sebelum ke sana. Tak lupa, bawa makanan ringan atau snack.

goa sigalapang aek songsongan - image via garel_04
Tiba di objek wisata Goa Sigalapang, tidak perlu berlama-lama istirahat. Dijamin tak akan sabar usai melihat aliran sungai yang hijau untuk segera direnangi. Sungai yang mengalir dari belantara hutan tersebut jernih dan tenang sehingga nyaman sebagai tempat pemandian alam.

Demi apa pun itu, kita akan lebih terperanjat setelah menerobos arus sungai berkedalaman 3 - 4 meter dengan rakit atau kapal kecil yang disediakan oleh pengelola. Sekitar puluhan meter ke arah hulu. Tebing hitam tanpa tumbuhan lumut tampak kokoh mengapit kedua sisi aliran sungai.

Baca Juga: Tempat Wisata di Asahan

Serunya aktivitas mengarungi sungai akan semakin bertambah di kala menyaksikan air terjun setinggi kurang lebih 10 meter mengucur membasahi badan. Terutama saat sinar matahari muncul dari balik tebing bebatuan, pesonanya memang tiada banding!

Setiap pengunjung yang menaiki rakit selalu dibekali jaket pelampung. Dan, masing-masing rombongan trip akan ditemani pula oleh seorang guide. Hal ini tentu penting demi keamanan para pengunjung. Nah, untuk mengikuti kegiatan susur sungai tersebut, per orangnya hanya perlu membayar biaya Rp10 ribu.

air terjun aek birong - image via raftingasahan

Air Terjun Aek Birong

Lain hal dengan Aek Birong atau Adriwana, air terjun yang tak kalah memesona ini memancarkan daya tarik dengan ketinggian sekitar 75 meter. Hanya saja, untuk menyaksikan keelokan itu kita juga memerlukan jiwa petualang.

Aek Birong merupakan destinasi tersembunyi lain di sekitar wilayah Sigura Gura yang mungkin sudah sangat sering kita dengar. Walaupun namanya kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti air hitam, julukan itu bukan berarti menjelaskan warna airnya, lho!. Justru sebaliknya, air terjun ini cukup jernih.

Air Terjun Aek Birong biasanya dikunjungi oleh rafter yang ingin mengexplor sungai di Pintu Pohan Meranti. Selain menyenangkan untuk jejeguran, pemandangan yang tersimpan di air terjun tersebut pun menawan.
Satu Kata untuk Goa Sigalapang dan Air Terjun Aek Birong, Memesona! Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/24/2020 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.