Top Ad unit 728 × 90

Kolam Renang Graha - Tempat Rekreasi Wisata Air di Helvetia

-- --
kolam renang graha helvetia metropolitan - image via tan ayin
Helvetia dikenal sebagai kecamatan di Medan, Sumatera Utara. Tempat ini populer lantaran Universitas Sari Mutiara (USM) dan dan Instut Kesehatan Helvetia dibangun disana. Ketika kampus sedang libur para mahasiswa biasanya tak perlu ke luar kota. Lantaran sudah ada beberapa objek wisata untuk bergaya, Kolam Renang Graha Helvetia Metropolitan misalnya.

Kolam Renang Graha Helvetia merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga yang mengandalkan wahana kolam renang di kawasan perumahan Helvetia Metropolitan. Sebenarnya masih terdapat beberapa pilihan lain seperti Sejahtera dan Kartika Tirta. Namun, nama lokawisata air ini sudah sangat familiar.

Kolam Renang Graha Helvetia

Selain spesifikasi kolam ala pantai berjumlah 2 buah, di sekitar perumahan Graha Metropolitan Helvetia pun tersedia sarana wisata olahraga bonafit yaitu golf dan juga country club. Tak harus jadi member, tiap orang bisa menikmati semua wahana itu.

tiket masuk kolam renang graha helvetia

Harga Tiket Kolam Renang Graha Helvetia

Harga tiket masuk untuk berenang di Kolam Renang Graha Helvetia di Kampung Lalang relatif murah. Tarif itu disesuaikan dengan usia dan hari kunjungan. Sejak 2019 hingga tahun 2020, biaya masuk ke dalam dapat dilihat pada tabel berikut:

Hari Minggu: Rp35k (35.000) per orang.
Hari Senin - Jumat: Rp25k (25.000) per orang.
Hari Sabtu: Rp30k (35.000) per orang.

Sayangnya, tiket itu sudah tetap dan berlaku sepanjang tahun. Jadi harus siapkan kocek yang pas lantaran sama sekali tak pernah ada harga promo atau diskon diberikan oleh pengelola Kolam Renang Graha Helvetia.

tempat rekreasi dan kolam renang di helvetia - image via steven yang

Jam Buka Kolam Renang Graha Helvetia

Satu hal menarik dari lokawisata rekreasi Kolam Renang Graha Metropolitan Helvetia ini adalah jam buka yang panjang. Kendati tidak beroperasional selama 24 jam, tamu pengunjung bisa berenang seharian sampai malam di sana.

Mungkin itu juga yang membuat tempat ini difavoritkan anak-anak muda. Apalagi yang full kuliah atau kerja sampai sore dan ingin merilekskan pikiran sambil berolahraga. Ya, berendam di air kolam yang jernih dan menyenangkan memang bisa menyegarkan badan sekaligus melatih kemampuan otot.

Seperti diketahui, pihak pengelola membuka gerbang kolam renang dari pukul 08.00 - 19.00 WIB setiap hari. Jam paling ramai biasanya pagi menjelang siang. Pengunjungnya terutama anak-anak sekolah yang sedang belajar berenang. Sedangkan saat malam, rata-rata anak muda yang ingin menghabiskan waktu.

wisata helvetia image via dyfonc

Peraturan

Kolam renang yang bersih dan bagus di Helvetia ini memang tidak dikhususkan untuk wanita saja. Baik remaja, laki-laki maupun anak-anak diperkenankan untuk berenang. Boleh dikatakan bahwa wahana wisata di Komplek Perumahan Metropolitan itu adalah sarana publik. Lebih tepatnya tujuan berlibur keluarga.

Namun, kita perlu membahas peraturan atau larangan bagi setiap pengunjung yakni mengenai pakaian. Nah, kita diwajibkan untuk menggunakan busana renang. Kalau ngeyel, tidak akan dibolehkan masuk ke area pemandian.

Tetapi jangan khawatir, pengelola sudah menyediakan fasilitas sewa pakaian di area loker room. Misalnya lupa bawa dari rumah atau memang tidak punya, tinggal keluarkan duit sekitar Rp7 ribu untuk biaya sewa. Koleksi pakaian renangnya pun sangat lengkap lho!, dari anak-anak sampai dewasa.

Satu lagi yang penting, tamu tidak diperkenankan membawa makanan ataupun minuman dari luar. Pasalnya di sana itu sudah tersedia kantin.

air terjun buatan di kolam renang graha metropolitan - image via kenny yap/google

Wahana dan Kegiatan

Tujuan ke sini sudah pasti ingin berenang, tapi kita juga bisa seru-seruan di sederet wahananya.

Air Terjun Buatan
Meski bukan waterpark, namun salah satu kolam renang Medan Helvetia ini punya daya tarik tersendiri yakni wahana air terjun buatan. Di bawah deburan itu, kita akan menikmati guyuran air deras yang menyegarkan.

Dengan desain berbentuk bongkahan batu hitam, terdapat dua buah air terjun buatan yang bisa dicoba sensasinya. Wahana yang disukai remaja ini memang tidak terlalu tinggi, cuma sekitar 3 meter saja. Tapi, sudah seperti ciri khas dari Kolam Renang Graha Metropolitan.

kolam renang helvetia berkonsep ala pantai - image via erwin channel/google
Suasana Ala Kolam Pantai
Salah satu keunikan kolam renang graha yakni area kolam seluas 50x20 meter dan berkonsep ala cabbana atau pantai. Sepanjang tepi kolam, dipadati oleh deretan gazebo dan diselang-selingi pula dengan pohon kelapa. Alhasil, suasananya menghadirkan vibe ala pantai.

Kursi-kursi panjang untuk malas-malasan pun disediakan. Kalau sahabat PSN sudah capek berolahraga dan merasakan dinginnya air kolam semi olimpik, segeralah beranjak dan beristirahat di bangku lesehan tersebut.

Baca Juga: Kolam Renang Citraland

Disediakannya kolam khusus bagi anak-anak membuat kita tak punya alasan lain untuk meninggalkan anak-anak di rumah. Membawa mereka ikut berpiknik sekaligus menyaksikan tingkah lucu mereka saat bermain air pastinya memberikan nikmat tersendiri.

Fasilitas

Sama seperti tempat rekreasi wisata air lainnya di Helvetia, di sini pun kita diberikan fasilitas standar. Yaitu ruang ganti pakaian, tempat penyewaan ban, kantin, kamar bilas air hangat, mushola dan tempat menyimpan pakaian atau locker room.

Lokasi

Alamatnya terletak di jalan Graha Metropolitan, Kampung Lalang, Kecamatan Medan Sunggal (Helvetia) Sumatera Utara.



Rute ke sana dari Medan dapat melalui jalan KL Yos Sudarso (17 menit) kemudian belok ke arah jalan TM Amir Hamzah (16 menit) dan lanjut ke jalan Karya. Sebelum bertemu gedung Politeknik Media Kreatif, kita akan menjumpai gerbang Perumahan Graha Metropolitan.

Terdapat beberapa angkutan umum menuju kolam renang helvetia ini. Naik nomor 135 jika berangkat dari Padang Bulan, Amplas dan USU. Atau, Angkutan MR X dari Gajah Mada, zipur, Sisingamangaraja, dan Amplas.
Kolam Renang Graha - Tempat Rekreasi Wisata Air di Helvetia Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/21/2020 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.