Widget HTML Atas

Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Biru, Jejeguran di Wisata Alam Salapian Langkat

pantai biru - image via udin syamsudin
Biru memang kerap mewakili pesona air laut, tetapi objek wisata populer di kecamatan Salapian ini sesungguhnya bukanlah tujuan rekreasi bahari. Kendati nama tempatnya sedikit mengecoh, namun Pantai Biru tetap menjadi destinasi favorit yang tak pernah lengang dari kehadiran pelancong.

Pantai Biru Langkat adalah pantai di kaki hutan berupa rekreasi wisata pemandian alam yang bermil-mil jauhnya dari samudera. Letaknya pun unik, dihimpit oleh bukit kecil sehingga menawarkan sensasi berlibur ala sejuknya daerah pegunungan yang sama sekali belum terjamah.

Pantai Biru

Pantai ini secara geografis beralamat di Jalan Merdeka, Dusun III Desa Pamah Tambunan, kec Salapian, Kabupaten Langkat. Lantas, apa saja daya tarik dan berapa tiket masuk ke sana? berikut ulasan pariwisatasumut.net selengkapnya.

1. Pemandian Alam Pantai Biru

Gemericik air melewati batu-batu kecil terdengar syahdu. Sedangkan di bagian tepi, pasir-pasir yang tak ikut terbawa arus air pun sesekali terlihat berkilau. Sinar matahari mengintip dari celah dedaunan seolah ikut menyajikan keindahan Pantai Biru.

pantai biru langkat - image via suwandi boenjamin
Suasana menggiurkan itu tanpa sadar membuat kaki untuk segera bergerak dari areal parkir. Melangkah menuju pemandian alam Pantai Biru yang sedari dulu sudah dikenal keelokannya. Semua pengunjung terlihat mengekspresikan kegembiraan, sebagian bersenda gurau dan sisanya lebih banyak berendam.

Objek wisata sungai atau yang sering disebut masyarakat lokal sebagai pantai ini memiliki kawasan seluas 4 hektar. Sungai tersebut telah dikembangkan sebagai tempat rekreasi semenjak beberapa tahun lalu. Sedangkan pengelolanya adalah swadaya warga Desa P. Tambunan sendiri.

Tempat wisata di seputaran Kecamatan Salapian memang beragam tipenya. Dari Air Terjun Karsima hingga gua kembar dengan sederet patung kuno membuat daerah ini memiliki serangkaian spot menarik untuk ditelusuri dalam 1 kali perjalanan.

Begitu pun pantai ini, Tipe wisatawan yang berkunjung didominasi oleh rombongan keluarga. Kondisi destinasi alam ini memang sangat mendukung untuk tujuan berlibur lintas usia. Dikarenakan akses jalan yang bagus ditambah arus sungainya yang lambat tetapi bersih tanpa secuil sampah.

Lagi pula, Desa P. Tambunan sangat tentram. Penduduknya juga dikenal ramah dan bersahabat. Mereka ibarat merepresentasikan makna dari warna biru yang secara filosofis menunjukkan karakter keteduhan dan kedamaian.

wisata salapian pantai biru

2. Wisata Alam khas Salapian

Adapun Salapian merupakan daerah tujuan wisata yang termasuk anyar di Sumatera Utara. Kecamatan di Kab. langkat tersebut memiliki beberapa jajaran spot memukau dan kerap diperbincangkan, sebut saja Goa Situs Kembar, Patung Kuno Abad 19 dan Air Terjun Karsima.

Namun untuk opsi wisata alternatif keluarga, Pantai Biru lebih banyak direkomendasikan ketimbang yang lainnya. Bukan hanya karena pemandian alamnya yang elok. Sungainya pun diawasi dengan sangat jeli. Jika aliran di bagian hulu menandakan permukaan air akan naik, mereka akan secepat kilat memberitahukan pengunjung.

Untungnya, kejadian bandang seperti itu sama sekali belum pernah terjadi di tempat wisata air tersebut. Justru sebaliknya, sungai di Desa P Tambunan selalu kondusif sepanjang tahun berlalu.

Lain hal jika destinasi Pantai Biru dirasa kurang cukup. Menjelajah gua Kembar dan air terjun Karsima di desa Adin Tengah merupakan petualangan menantang yang sesuai untuk jiwa anak muda. Pasalnya, kedua objek wisata terbaru itu letaknya di pinggiran hutan.

wisata salapian - image via tengku ariani

Lokasi Pantai Biru

Info terpenting dari sebuah destinasi yaitu lokasi. Agar pengunjung dapat memperkirakan jarak dan waktu tempuh yang dibutuhkan, Maka secara akurat dapat melihat peta yang telah disematkan berikut: pantai biru.

Pengunjung dari Medan setidaknya harus berkendaraan selama 2 jam (jarak tempuh 63 kilometer) supaya bisa sampai di sana. Melalui rute umum arah Sei Limbat, Tanjung Langkat hingga ke titik koordinat Desa P Tambunan.

Walau lumayan jauh dari ibukota sarana jalannya sudah sangat bagus. Sehingga dapat dipastikan momen perjalanan tidak akan terganggu. Sayangnya, tak ada transportasi publik dengan jadwal rutin, lebih baik memakai kendaraan motor atau mobil pribadi.

pengunjung pantai biru tampak bermain ban

Fasilitas dan Tiket Masuk Pantai Biru

Untuk fasilitas telah disediakan mushola dan bilik bilas yang tentu saja wisatawan nikmati secara gratis. Sedangkan gazebo atau pondok kecil, ban dan tikar dapat dipakai dengan sistem sewa.

Guna memenuhi kebutuhan akomodasi bagi para pengunjung dari luar kota, penginapan di Pantai Biru juga segera diselesaikan beberapa waktu ke depan. Akomodasi tersebut saat ini sedang dalam tahap pembangunan.

Tiket masuk ke objek wisata alam di kawasan Salapian ini gratis. Para pengunjung hanya perlu membayarkan biaya parkir yakni Rp30 untuk bus pariwisata, Rp10 ribu roda empat dan Rp5 ribu untuk semua jenis sepeda motor.

daya tarik - image via swinto sitepu

Aktivitas dan Daya Tarik Pantai Biru Langkat

Tak hanya mengunggulkan keasrian alam, sederet daya tarik Pantai Biru dapat membuat pengalaman berlibur sahabat PSN tambah seru terutama bagi yang butuh tempat untuk melakukan sederet kegiatan menyenangkan.

1. Pemandian Alam yang Luas
Di Sumatera Utara, kapan lagi bisa jejeguran di antara riak-riak air yang hijau dan jernih bila bukan di Salapian. Puas-puaskan berenang di sini deh, hampir semua titik sungai tidak dalam. Bahkan ada yang hanya selutut tingginya. Area itu bisa dijadikan spot mandi bagi anak-anak.

2. Buka Setiap Waktu
Tempat ini dapat dikunjungi kapan saja tanpa menyesuaikan hari atau jam. Kapan pun mau melakukan jadwal kunjungan, pengelola siap menerima kedatangan tamu.

Sabtu dan Minggu biasanya adalah hari teramai. Supaya mendapatkan momen terbaik, cobalah datang berkunjung lebih awal, sekitar pukul 10:00 WIB. Dengan begitu, waktu berlibur tidak akan terasa terlalu singkat. Suasananya juga lebih bisa dinikmati lantaran wisatawan belum berdatangan.

Apabila butuh ketenangan ekstra, dianjurkan ngetrip di hari senin - jumat. Percayalah, pemandian alam ini akan seperti objek wisata pribadi.

suasana wisata alam yang tenang - image via loka nando
3. Kegiatan Bakar-bakar Ikan di Pinggir Sungai
Mengingat kawasan wisata ini dibentengi oleh perbukitan dan hutan, tak heran jika dinginnya udara kerap menghampiri tubuh. Apalagi setelah berenang cukup lama.

Tentu selain memakai jaket tebal dan kain penghangat tubuh, kegiatan paling ideal di Pantai Biru yaitu bikin acara panggang ikan atau bakar-bakar daging ayam. Aktivitas ini dijamin akan membuat keceriaan bersama.

Tempat makan di Salapian memang banyak, tapi akan berbeda rasanya apabila menikmati sepiring nasi dengan suasana desa yang asri. Tambah lagi dinginnya udara yang bikin selera makan semakin bertambah.

Segala daya tarik serta serangkaian aktivitas menyenangkan di atas hanyalah sebatas impian berlibur jika sahabat PSN tak berencana untuk melakukan kunjungan ke Pantai Biru Langkat. Atur jadwal, yuk telusur destinasi Salapian dan segera bersenang-senang.

Berlangganan via Email