Top Ad unit 728 × 90

10 Potret Pantai Batu Hoda, Primadona Pelancong Luar Negeri

-- --
pantai batu hoda
pantai batu hoda
Pantai Batu Hoda - Tak semua objek wisata dapat menarik hati turis luar negeri ketika mereka traveling ke Danau Toba. Tetapi, Pantai Batu Hoda rupanya cukup ngena di hati pelancong. Formula destinasi yang tepat menjadikan tempat rekreasi di Dusun Malau, Simanindo tak ubah seperti primadona baru yang disukai wisatawan mancanegara.

Pantai Batu Hoda adalah salah tujuan wisata pasir putih di kawasan kaldera Toba yang belum lama ini dioperasikan. Wahana rekreasi alam tersebut diklaim paling keren di gugusan Kab. Samosir. Pasalnya, tersedia juga hotel dan penginapan terdekat.

Perjalanan Ke Pantai Batu Hoda

Pantai yang mulai dirintis sejak 2017 lalu ini terpaut jarak kilometer dari Medan. Durasi perjalanan yang panjang, sekitar 6-7 jam menuju Dusun Malau hanya dapat dicapai dengan menggunakan jalur darat. Sedangkan dari ibukota kabupaten ke lokasi yakni Desa Cinta Dame, diperkirakan estimasinya antara 10-15 menit.

Tak perlu menyebrangi Danau Toba dengan kapal untuk sampai ke pantai ini. Dari arah Sidikalang, ikuti saja rute via Tele. Kecuali sahabat PSN berada di Parapat atau Pematangsiantar, maka terpaksa naik kapal langsung ke Simanindo.

tiket masuk dan lokasi pantai batu hoda - image via andys_766hi/instagram

Tiket Masuk Pantai Batu Hoda

Jangan karena banyak turis asing di pantai ini malah jadi sungkan untuk berkunjung. Sebagai sarana wisata publik, asal membayarkan tiket masuk sebesar Rp15k per pengunjung, semua orang bisa bertamasya ke dalam sekaligus menghabiskan waktu di pantai pasir putih ini.

Lain hal jika kita ingin memakai pondok istirahat karena membawa keluarga serta dalam trip. Sewa gazebonya Rp60 k seharian. Misal tak pandai berenang dan memerlukan ban supaya bisa mengambang, perlu bajet ekstra yaitu Rp5 k per ban. Selebihnya, Rp6 k untuk biaya parkir mobil dan Rp6 k untuk kendaraan motor.

Lantas, biaya penginapan di sekitarnya berapa? Kalau tak sabar dan buru-buru ingin tau info tarif kamar per malam, silahkan simak review pariwisatasumut.net di postingan artikel berikut: penginapan di pangururan.

ikon wisata batu hoda

Daya Tarik

Pantai Batu Hoda ialah kawasan wisata seluas 3 hektar yang keseluruhan areanya tertata hijau dan bersih. Sejak dibuka resmi sampai sekarang, destinasi yang memiliki ikon patung kuda hitam tersebut otomatis memegang predikat sebagai pantai terluas di Danau Toba.

Daya tariknya tidak itu saja, Ada sebuah kisah unik mengenai penamaan Batu Hoda yang jika diartikan dari bahasa Batak ke Indonesia adalah Batu Kuda. Konon, di sekitar pantai ini dahulunya sering muncul seekor kuda yang berasal dari dalam danau. Disebutkan pula, jika kuda tersebut menunggu pasangan.

Namun, kesetiaan sang kuda yang menunggu sepanjang waktu justru tak berbuah manis. Lambat laun, hewan tersebut berubah menjadi batu. Legenda Batu Hoda ini sekaligus menjadi alasan mengapa di sekitar pantainya terdapat puluhan batu besar.

spot foto dan zona camping

Wahana Pantai Batu Hoda

Bila berbicara tentang pantai, tak afdol jika tidak membahas wahana-wahana apa saja yang ditawarkan oleh pengelola. Alangkah membosankannya suatu destinasi seandainya kita hanya duduk tanpa melakukan kegiatan wisata, bukan?

Tenang, di sini terdapat banyak sekali wahana foto. Hal tersebut tentu menjadi kabar baik bagi penikmat destinasi kekinian, utamanya generasi milenial dan gen z yang selalu ingin update serta terlihat hits sekaligus fancy.

Ketika memasuki area pantai, mata kita akan tertuju pada sekumpulkan objek yang elok untuk dijadikan latar berfoto. Mulai dari payung terbang, rumah pohon hingga tirai putih yang digantung berjejer di tepi pantai pasir putih.

Jejeguran di Pantai Batu Hoda benar-benar bisa melepas rasa galau. Kita dapat mencoba sarana permainan olahraga air yang tersedia. Sebut saja jet ski dan banana boat. Kalau hobi memancing, di salah satu sudut disediakan pula lapak untuk para pemancing.

fasilitas pantai

Fasilitas Pantai Batu Hoda

Amenitas dan fasilitas yang ramah untuk setiap kalangan wisatawan dapat dijumpai. Dari tempat beribadah yakni musholla, kamar mandi dan toilet pun mudah kita temukan. Untuk masing-masing fasilitas tersebut, kita tentunya tak perlu membayar lagi.

Lain hal jika ingin berkemah, kita perlu mengeluarkan biaya Rp25k. Seperti dijelaskan sebelumnya, pantai ini memang sangatlah luas. Jadi bagi yang ingin mengadakan malam keakraban atau hanya ingin bermalam di dalam tenda, pasti akan selalu kebagian tempat camping.

Baca Juga: Hotel Parapat Lengkap dengan Tarif dan Fasilitas

Sebagai komplek wisata terpadu, Batu Hoda Beach tentu berusaha memanjakan para tamu di segala kondisi. Termasuk ketika lapar, misalnya ingin minum atau makan. Kita bisa membeli di food & drink area.

Alamat dan Kontak

Lokasi Pantai Batu Hoda terletak di Dusun Malau, Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Samosir, Sumatera Utara, Kode Pos 22359. Lokasinya sendiri sejajar dengan Menara Pandang Simanindo. Atau, lihat pada gambar peta berikut



Jika ingin mendapatkan informasi lainnya, bisa menghubungi nomor telepon 082369242149.

Dengan segala kecantikan dan kelengkapan amenitas yang dimiliki oleh Pantai Batu Hoda, amatlah wajar bila objek wisata Samosir ini menjadi primadona turis mancanegara atau pelancong yang datang dari luar negeri.
10 Potret Pantai Batu Hoda, Primadona Pelancong Luar Negeri Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/09/2020 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.