Top Ad unit 728 × 90

17 Tempat Makan di MEDAN, dari Restoran Murah hingga Kuliner Lokal Enak

-- --
tempat makan di medan
tempat makan di medan - image via ferik kenedy koki sunda
Mencari tempat makan yang enak di seputaran Medan bukanlah hal sulit. Hampir di setiap sudut kota, dapat dijumpai restoran atau rumah makan terdekat. Medan Fair misalnya, mall terkenal tersebut layak sekali jadi sarana destinasi kuliner terbaik.

Kendati demikian, bukan berarti jajaran restoran di Medan yang lain tidak kalah eksis. Bahkan tidak sedikit pula tempat makan di ibukota Sumut ini menyajikan harga murah dengan dekorasi cantik sehingga banyak direkomendasikan untuk pelancong.

Tempat Makan di Medan

Tinggal pilih lokasi yang bagus dan sesuaikan dengan bajet. Berikut pariwisatasumut.net ulas 17 tempat makan dan restoran yang membuat penikmat gastronomi tergiur selama melancong di Medan.

1. Soto Sinar Pagi

soto sinar pagi - image via @pengejarmakanan
Tempat pertama yang wajib foodies nikmati makanannya adalah Soto Sinar Pagi. Mewakili lezatnya soto khas Medan, seantero penikmat kuliner pasti kenal betul rumah makan yang dibangun Zulkarnaen ini, namanya sangat legendaris sampai sekarang!

Jadi langganan figur publik untuk mencicipi beragam jenis soto dengan anek cita rasa, RM Sinar Pagi punya banyak pilihan soto, dari ayam, paru, campur sampai babat. Rasanya, satu porsi tak cukup kalau makan di tempat terkenal tersebut.

Untuk sahabat PSN yang dalam waktu dekat ini ingin plesiran ke Sumatera Utara dan mendarat di Medan, Soto di rumah makan tersebut patut dicicipi kenikmatannya. Bisa sih makan di warungnya, tapi karena pembeli silih berganti, sangat dianjurkan untuk dibungkus saja kemudian dicicipi di penginapan.

Lokasi: Jalan Sei Deli, Silalas, Medan Barat (peta google). Harga: Mulai dari Rp28.000 per porsi.

2. Rumah Makan Tabona

tempat makan di medan
rm tabona - image via sofyan_tan_asiong
Rumah Makan Tabona merupakan tempat makan halal di kawasan Medan Maimun yang mengandalkan menu daging kari, bakmi dan bihun.

Area rumah makan cukup luas, baik outdoor maupun indoor-nya selalu terisi tamu karena rasa dan popularitasnya. Perlu diketahui bahwasanya RM Tabona sudah dibuka sejak tahun 80-an. Yap, irisan daging yang lembut saat dikunyah sampai olahan mie-nya memang tiada duanya, pokoknya mantap!

Lokasi: Medan Maimun Jalan Mangkubumi No 17, Simpang Aur, Sumatera Utara. Harga: Rp30k-40k. Jam operasional: 06.30-19.00 setiap hari

3. Mie Aceh Titi Bobrok

tempat makan medan
mie aceh di medan image via sumandakdrb
Medan ini bung, kota paling multi-etnis yang bikin kuliner-nya serba beragam. Bukan cuma makanan Melayu, cobalah keliling ke bilangan Setia Budi, di situ ada tempat makan enak dan murah, Mie Aceh Titi Boborok namanya.

Porsi mie di sini ekstra besar, rempah Aceh-nya juga terasa kental. Apalagi tambahan sea food yang nangkring di sela-sela mie-nya, wih asli lah bikin ngiler. Eits, ada nasi goreng dan menu lainnya juga kok di Titi Bobrok.

Lokasi: setia budi no 17 d, sei sikambing, medan sunggal. (lihat peta) Harga: Rp18k-40k.

4. Ondo Gril Batak

makan medan
image via ondomedan
Ondo Gril Batak adalah gudangnya kuliner khas Batak non halal di Kota Medan. Tempatnya ditata seperti pedesaan sehingga membuat kita terasa pulang ke kampung halamn. Tapi dari desain ruangan hingga penyajian setiap makanannya justru disisipi dengan sentuhan kultur Korea.

Rumah makan Batak di Medan Petisah tersebut mengandalkan menu utama dari daging babi yang ekstra lezat. Sebut saja BPK, tanggo-tanggo hingga varian arsik. Yang unik, kita bisa mencicipi banchan, makanan Korea yang nikmat.

Lokasi: jalan pabrik tenun 45. Telepon: (061) 4511608). Harga: Rp200k-800k.

5. Rujak Tembung di Simpang Jodoh

rujak medan - image via juni lim
Nikmat Rujak Tembung memang tiada tandingan. Ketika sampai di Simpang Jodoh, berjejer lapak pedagang rujak di pinggir jalan. Jangan kaget, tempat ini memang banyak didatangi lantaran rujaknya sudah terkenal seantero Medan.

Potongan buah segar seperti nenas, semangka, sawo dan mangga muda begitu menggiurkan. Berbeda dengan rujak di daerah lain yang biasa ditaburi somboy, rujak simpang jodoh justru dituangi kentalnya saos kacang plus cabe rawit pedas yang langsung diulek ketika dipesan.

Lokasi: pasar 7, percut sei tuan (peta google) Harga: Rp15k-20k.

6. Bakso Amat

bakso amat via @mal_van
Nge-bakso emang enaknya di Bakso Amat, tempat jualannya dekat dari Hotel Delta dan jalan lingkar Ir. Juanda. Selain bisa dibeli untuk dibawa pulang, kita juga bisa makan di sini karena lapaknya cukup luas.

Bakso ini sudah langganan orang banyak sih, makanya nggak perlu kaget kalau siang hari berderet mobil parkir di depan toko. Baksonya terbuat bulatan daging halus dicampur sedikit tepung. Kuahnya lezat dan tidak terlalu berminyak. Tambah lagi potongan daging cincangnya pasti bikin ngiler.

Lokasi: jalan ir. h. juanda 112 medan. Buka: 10.00 wib (jumat tutup) Harga: 15-20k per mangkok.

7. Martabak Mekar

tempat makan di medan
martabak medan image via ardychen
Pingin makan martabak tetapi bingung martabak dimana yang enak? salah satu opsinya adalah Martabak Mekar. Meski harus antri untuk membeli tapi karyawannya sangat sigap nih. Jadi nggak perlu berlama-lama menunggu, dalam hitungan menit martabak sudah siap di tangan.

Martabak Mekar menawarkan beragam varian martabak. Menunya ada martabak sepasang (manis telur) sapi, ayam, jamur, udang atau kepiting. Topping-nya berbeda-beda lho. Kita bisa pilih mau topping kacang, coklat atau keju, green tea, kismis dan yang lezat lainnya.

Alamat: jalan prof hm yamin 92c, sidodadi medan timur. Buka: selasa-sabtu (14:00-22:00) Harga:  Rp60k-140k per porsi.

8. Sop Sumsum Langsa

sop sumsum langsa medan
Biasanya makan sup sumsum itu digetok, tapi di Sop Sumsum Langsa justru disedot dengan pipet. Cara menikmatinya yang unik itu membuat toko Lukmanul, perantau asal Langsa selalu kebanjiran pengunjung.

Selain sop sumsum, pengunjung akan disodori pilihan sop lainnya, seperti buntut, babat, paru atau ayam. Semua diolah dengan teliti sehingga menghasilkan daging bertekstur lembut. Saat ini, toko Sop Sumsum Langsa sudah ada di 3 tempat yakni di Ngumban Surbakti, Glugur dan daerah Sunggal.

Lokasi: jalan setia budi 17, sei sikambing, medan sunggal (peta google). Buka: 10:30-22:00. Harga: <22k per porsi.

9. Roti Tissue Martabak Gapa

tempat makan di medan
roti tissue image via maggieyang14
Kembali ke tempat makanan berbau lokal yang khas, roti tissue gapa layak jadi alternatif lain kala sahabat PSN ingin mencicipi kuliner kota Medan bercita rasa tradisional India yang sedikit rempah-rempah.

Apa istimewanya roti tissue? roti tissue adalah makanan khas India yang dibuat dari bahan dasar telur, tepung, mentega dan susu. Usai tercampur, adonan akan dibentuk tipis sebelum dipanggang.

Penyajiannya juga unik, kalau pernah lihat roti yang dibentuk kerucut dan memanjang, itulah roti tissue yang pertama kali dipopulerkan oleh martabak Gapa. Nggak itu doang, masih banyak lho kuliner India lainnya yang disajikan.

Alamat: jalan perniagaan 15 kesawan, medan barat. Buka: 12:00-24:00 (setiap hari). Harga: Rp30k-80k.

Restoran di Medan

Makan di restoran yang cantik mungkin impian bagi setiap orang romantis. Jika bersantap dengan keluarga atau sahabat, harga murah tetapi tidak mengabaikan rasa yang enak pun jadi pertimbangan. Di bawah ini sederet restoran yang bisa dipilih.

10. Sam's Bistro Lounge

restoran di medan
sams bistro
Dari sekian puluh bahkan ratusan restoran yang punya menu lokal di Medan, lokasi yang ini lebih memilih dekorasi klasik ala Eropa nan cantik, yaitu Sam's Bistro Lounge.

Sam's Bistro akan mengajak kita makan dengan suasana tenang, pernak-pernik temporer yang desainnya begitu piawai tak henti memanjakan mata.

Susunan menu yang bisa dieksplorasi pun condong ke western, mulai dari wagyu steak hingga beef roudaless. Tentu, seteguk minuman disela-sela acara santap akan membantu kita menyegarkan tenggorokan.

Lokasi: jalan uskup angung 17, madras hulu. Telepon: (061) 4536469. Harga: Rp40k-60k per menu.

11. Nuansa Sky Lounge Restoran

restoran di medan
nuansa sky lounge
Di sekitar Polonia, tempat makan bertipe restoran paling asik yang suasananya tak kalah keren dan syahdu yaitu restoran Nuansa Sky Lounge.

Sky Nuansa Polonia sendiri cocok untuk menyantap makanan bersama keluarga. Apalagi tersedia menu all you can eat dengan harga dibawah Rp100 ribu. Yap, tak salah lagi kalau menyebutnya sebagai restoran murah di Medan.

Gedung restoran yang mengandalkan steamboat ini pun istimewa. Desainnya yang dibuat menghadap panorama luar akan semakin membuat kita berselera menyantap hidangan. Yap, asik juga untuk tempat nongkrong di seputaran Polonia.

Lokasi: jl adi sucipto, suka damai, polonia (google map). Telepon: (061)80019638. Harga: >Rp78k.

12. Ismud Park (D'RAJA Coffe)

restoran di medan
ismud park
Layaknya sedang berada di bekas pelabuhan container, dari kursi bekas drum, meja kursi kayu sampai dinding unik tampak mengisi ruangan. Ya, Ismud Park begitu membius pengunjung oleh penataan yang tiap sudutnya terlihat instagramable.

Tempat makan di bilangan Iskandar Muda yang baru dibuka pada 2015 sedikit berbeda. Konsepnya disebut menyerupai market place sehingga tenant dari berbagai brand ikut bergabung. Mungkin, lokasi kuliner yang dekat dari Medan Mall ini lebih pas untuk anak muda.

Pada 2019, Ismud Park telah berganti nama dan sekarang lebih dikenali sebagai D'Raja Coffe. Desain restoran murah ini masih tetap sama seperti dahulu.

Alamat: jalan iskandar muda, babura. Telepon: 082374481800. Harga: Rp20k-60k.

13. Lesehan Bambu

tempat makan di plaza medan fair
lesehan bambu medan fair image via fiza faurika
Entah sedang hangout atau belanja di Medan Mall, tempat makan di lantai 2 ini, Lesehan Bambu yang merupakan restoran untuk kalangan menengah ke bawah, seyogianya bisa memenuhi kebutuhan perut yang lapar.

Memanjakan lidah dengan sajian serba tradisional seperti sop ikan, gurame bakar, nasi goreng dan terong goreng saus tiram tak akan menguras isi dompet. Walaupun berada di dalam mall, atmosfernya memang tenang.

Tempat makan di plaza medan fair tidak terhitung jumlahnya. Selain lesehan bambu, tersedia beberapa alternatif lain yang juga membandrol harga relatif terjangkau seperti Srikandi atau Kalasan.

14. Koki Sunda

tempat makan keluarga di medan image via eljohnnews.com
Adapun Koki Sunda amat ramai setiap hari, itu membuktikan bahwa tempat makan di lantai 1 Plaza Medan Fair ini tak hanya hemat untuk kulineran dengan keluarga. Tetapi setiap sajiannya selalu pas dengan selera.

Mencicipi nasi liwet plus plus tahu kipas beserta tempe-nya dijamin bikin mulut tak henti mengunyah. Menu Sundanya memang mendominasi, namun beberapa makanan khas Medan dan Tapanuli ikut disediakan, daun ubi tumbuk misalnya.

Tempat makan keluarga ini diberi sentuhan kultur Sunda, musik yang lembut akan mengiringi momen ngumpul dengan saudara dan anak-anak. Kendati tradisional, tapi bagi yang doyan selfie, restoran ini tak mau ketinggalan menyediakan wahana berfoto.

Lokasi: plaza medan fair lt 1. Telp: 061 88816583. Harga: Rp20k-275k per item.

15. Burger King

tempat makan di medan fair
Restoran cepat saji di Medan Fair tak kalah berjubel jumlahnya. Satu yang jaringannya selalu ada di kota besar dan membuka outlet di sini adalah Burger King.

Cheese burger, ice cream dan fried chicken paling banyak dipesan pengunjung. Agar lebih murah, jangan lupa untuk selalu update promo King Burger di Instagram. Atau, pakai sistem pembayaran online yang sering memberikan potongan harga.

Lokasi: lantai 1 plaza medan fair. Telp: 06188813419. Harga: Rp25k-70k per item.

16. Hakata Ikkousa

restoran jepang di medan
hakat ikkousha
Hakata Ikkousa menjadi restoran Jepang yang melengkapi destinasi kuliner di Medan yang mengangkat menu makanan khusus dari negara bunga sakura.

Hakata Ikkousa dirancang dengan desain tempat makan layaknya di Jepang. Kursi kayu di ruangan indoor-nya dibuat berjejer. Pilihan makanan terbaiknya adalah ramen yang lezat dan kuah kentalnya yang terasa menggiurkan.

Lokasi: jl taruma 80-82, medan petisah, Telp: 061 4561165 Harga: mulai Rp45k.

17. Dae Bak Korean BBQ Restaurant

restoran korea di medan
restoran korea di medan, dae bak korean bbq
Tempat makan Korea pun ternyata banyak lho di ibukota Sumut. Misalnya Daebak Korean BBQ Restaurant yang diklaim sebagai restoran Korea halal pertama di Medan.

Keunggulan Daebak Korean BBQ Restaurant terletak pada makanannya yang rupanya diimpor langsung dari negeri gingseng. Berbekal menu andalan seperti sam gye tang, chamchi kimchijjigae dan hae mul pa jeon.

Restoran Korea yang mengutamakan kualitas masakannya ini sering juga membuka stan di berbagai event. Mudah ditebak, sama seperti di tokonya yang dipenuhi antrian, stan-nya selalu dikerumuni para penikmat makanan khas Korea.

Lokasi: jalan timor t1-t2 komplek jati junction. Telp: 06180501700. Harga: >Rp60k

Direktori destinasi gastronomi di Medan memang tak terhitung jumlahnya. Sebagai rekomendasi, ke 17 spot tempat makan di Medan yang sudah diulas tersebut dapat sahabat PSN jadikan pilihan. Entah di mall atau rumah makan yang punya menu andalan khas. 
17 Tempat Makan di MEDAN, dari Restoran Murah hingga Kuliner Lokal Enak Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/26/2020 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.