Top Ad unit 728 × 90

15 Tempat Wisata di PARIAMAN yang Ngetrend Tahun 2020

-- --
wisata pariaman - image left via @ariefrahman.982 - right @aldisahansyah01
Jika membahas wisata Pariaman, orang akan fokus terhadap beberapa tempat populer seperti Pantai Gandoriah, Monumen Ikan dan Pulau Angsa Duo. Padahal kota "Sabiduak Sadayung" di Sumatera Barat (Sumbar) ini masih punya beberapa destinasi yang elok untuk dikunjungi.

Bagi sahabat PSN yang rencananya ingin berlibur ke Padang Pariaman, sederet objek wisata alam, bahari, atraksi budaya hingga pusat kuliner sudah menanti. Selain tepat untuk tujuan berlibur anak muda, rekomendasi 15 tempat wisata di Pariaman berikut juga cocok untuk destinasi keluarga.

Tempat Wisata di Kota Pariaman

Menjelajah tempat wisata di Pariaman akan sangat menyenangkan. Lokasinya tidaklah terlalu jauh dari kota dan kabupaten, beberapa destinasi terbaru bahkan berada di sekitar Pariaman sendiri lho, yuk check it out!

1. Pulau Kasiak

pulau kasiak - image via stevanus.indra
Pulau Kasiak adalah destinasi favorit bagi penikmat wisata bawah laut lho!. Nah, tempat wisata ini semakin populer seiring maraknya tren traveler yang gemar memamerkan foto under water.

Mungkin karena termasuk pulau tak berpenghuni, maka vegetasi terumbu karang dan kekayaan laut di sini begitu terjaga. Luasnya sendiri tidak lebih dari 3 hektar. Dikelilingi pasir putih dan pohon-pohon kelapa.

Satu-satunya akses ke sana hanya bisa melalui laut. Titik keberangkatan dari Pantai Gondoriah dan menggunakan kapal yang banyak disewakan oleh nelayan. Waktu tempuhnya cukup singkat, sekitar 25 menit saja. Yuk, berlibur ke Pulau Kasiak.

2. Pantai Talao Indah

wisata pariaman
pantai talao indah - image via khairis novianti
Tempat wisata yang terletak di Jalan Pasir Pauh, Pariaman Tengah ini boleh dibilang paling kekinian. Pantai Talao Indah namanya, merupakan destinasi hits dengan latar laut lepas yang dihiasi berbagai variasi spot foto.

Pantai Talao Indah jadi pusat rekreasi terdekat dari wilayah perkotaan. Konsepnya modern dan bikin traveler serasa dimanja. Tepi pantainya berjejer gazebo yang terhubung dengan jembatan. Pengunjung bisa bersantai di sana sambil menunggu sunset. Jangan ngaku anak hits kalau belum menginjakkan kaki di tempat nongkrong romantis di Pariaman ini.

3. Muara Manggung

wisata pariaman
muara manggung image via al fakhri
Sesuai namanya, objek wisata selanjutnya ini memang berada di kawasan pertemuan laut dan sungai. Jadi air pantainya tak terlalu elok dipandang. Seandainya sahabat PSN hanya punya waktu berlibur yang cukup pendek, pilihan terbaik adalah Pantai Muara Manggung.

Kerap juga disebut Rawa Mati, Muara Manggung ini cuma 14 menit dari Kota Pariaman. Tepat di sebelah komplek gedung DPRD. Puncak ramainya selalu sore hari. Selain mengindari sinar matahari, menurut wisatawan yang pernah ke sana sih, momen sunset-nya paling keren.

4. Pantai Gandoriah

wisata pariaman
gandoriah beach - image via gfinashuda
Destinasi wisata populer lainnya adalah Pantai Gandoriah. Tak banyak yang tahu kalau pantai ini sudah jadi tempat plesiran semenjak 1983. Kendati sudah terkesan usang, sampai sekarang masih diminati oleh masyarakat.

Di Pantai Gandoriah sering juga diadakan event pariwisata, Festival Tabuik misalnya. Selain daya tarik itu, hampir semua kegiatan bahari dapat kita lakukan di sana, sebut saja berenang hingga berselancar. Pun panoramanya, kita bisa menatap 6 buah pulau di pesisir Pariaman

Bagi rakyat Minangkabau, Pantai Gandoriah sebenarnya memiliki sejarah atau legenda tersendiri. Dituturkan bahwa legenda tersebut menceritakan tentang kisah asmara antara Puti Gandoriah dan Anggun Nan Tongga.

5. Pulau Angso Duo

pulau angso duo - image via @iqbalmcbale
Ingin tau destinasi yang selalu diincar oleh traveler lokal? jawabnya adalah Pulau Angso Dua. Nah, kamu pun wajib menjadikan pulau mungil ini sebagai tujuan utama seandainya hendak menjelajah keindahan Pariaman.

Sebagai tujuan terbaik untuk wisata keluarga di Pariaman, pulau Angso Dua aksesnya sudah sangat mudah. Jadwal kapal penyeberangan sudah ditentukan secara rutin. Titik keberangkatannya dari Gandoriah. Plus! di pulau paling keren ini tersedia penginapan.

Perahu wisata ke pulau itu akan mengantarkan penumpang menjemput eksotika laut yang menawan. Sesampainya disana, traveler bisa berziarah ke makam tua, memancing atau snorkling. Tenang, pengelola Pulau Angso Dua telah mempersiapkan beragam permainan air seperti donut boat dan banana boat. Seru banget pokoknya main ke sini!

6. Pantai Kata Pariaman

wisata pariaman
pantai kata - image via ayokepariaman
Pantai Kata Pariaman adalah destinasi unik di nagari Karan Aur yang menawarkan pengalaman berlibur cukup menarik, saat menginjakkan kaki di sini rasanya seperti sedang berada di area hutan pinus yang menyejukkan.

Terletak di kecamatan Pariaman Tengah, pantai ini tetap mewarnai trend wisata keluarga. Dari lebatnya pohon cemara hingga kebersihan pantai yang terjaga baik membuat pelancong tak ingin beranjak dari Pantai Kata.

Biaya masuk ke Pantai Kata di Pariaman diklaim sangat hemat bajet, bermodalkan Rp10k ditambah sewa pakiran Rp3-5k, pelancong sudah bebas menikmati pesona alam yang elok tersebut. Fasilitasnya pun sangat lengkap.

8. Taman Hutan Mangrove Pariaman

taman di pariaman - image via @rivoammi
Ingin menyusuri destinasi yang bermanfaat, maka Taman Hutan Mangrove di Jalan Nipah, No 38, Berok Nipah, Pariaman Utara yang dikelola oleh Tabuik Diving Club ini sangatlah layak direkomendasikan.

Tujuan wisata ekologi dan pendidikan di Pantai Apar Pariaman tersebut bukan hanya menampilkan hutan bakau semata. Pengetahuan tentang hewan langka laut di kawasan konservasi penyu pun akan didapatkan. Pengunjung akan ikut dilibatkan untuk menanam mangrove atau terumbu karang.

Paling asik yakni melepas anak-anak penyu ke laut lepas usai dikembangbiakkan di Taman Hutan Mangrove. Dengan luas 1,5 hektar dan sepenuhnya ditumbuhi hutan bakau, taman pariaman ini terletak di desa apar. Tiket masuk per pengunjungnya Rp8k dan dibuka setiap hari.

9. Pulau Tangah

image via muhammadzulfikar04

Memang tak salah jika menyebut Sumatera Barat sebagai provinsi seribu pulau. Sebut saja pulau yang hanya seluas 3 hektar di samudera ini. Eksotik dan ibarat pulau pribadi, tempat ini jadi tujuan plesiran paling asik bagi pemburu keindahan. Pulau Tangah namanya.

Wisatawan hanya perlu duduk di atas speed boat selama 30 menit agar sampai ke sana. Butiran pasir halus, relief terumbu karang dan gradasi laut sejernih kaca tak akan henti membuat takjub. Terbayang bukan bagaimana indahnya Pulau Tangah ini?

Terletak di bagian utara Kota Pariaman, potensi bahari Pulau Tangah telah banyak memikat hati pengunjung. Tempatnya memang elok sehingga diprediksi akan tetap masuk jadi tren tujuan berlibur terbaik di seputaran Sumbar.

Tempat Wisata di Kabupaten Padang Pariaman

Dengan ibukota Park Malintang, berikut ini rangkaian rekomendasi objek wisata di Kabupaten Pariaman.

10. Pantai Tiram

pantai tiram - image via iggoy
Pantai Tiram merupakan destinasi wisata Pariaman yang cantik dan terkenal. Seperti diwartakan oleh antaranews.com melalui pernyataan Disparpora Pariaman, pengunjungnya bahkan bisa mencapai 6 ribu orang sehari jika sedang musim libur nasional, seperti ketika hari raya idul fitri dan tahun baru.

Di gerbang retribusi, pelancong bisa membeli karcis atau tiket masuk seharga Rp8 k per orang. Tak hanya karena amenitas wisata-nya yang selalu dibenahi pengelola. Tapi, rata-rata pengunjung juga terpikat oleh sedapnya sajian plaza kuliner di Pantai Tiram.

Beralamat di Desa Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Objek wisata ini hanya terpaut 13 kilometer dari ibukota Parit Malintang.

11. Air Terjun Nyarai

air terjun nyarai - image via hendisyahputra
Bak memecah kesunyian dengan tinggi 9 meter dan lebar 3 meter, akan terdengar gemuruh air tatkala kita tengah menginjakkan kaki di cagar alam Hutan Gamaran Lubuk Alung. Oleh warga, destinasi wisata air yang dinamai Nyarai ini merupakan air terjun terindah di Kabupaten Padang Pariaman.

12. Air terjun Lubuk Bonta

air terjun lubuk bonta - image via @riztozakri
Air terjun yang memiliki permukaan air jernih berwarna biru muda ini tidak cukup jauh dari Parit Malintang. Terpaut jarak sekitar 34 kilometer saja dan berada di kenagarian Kapalo Hilalang.

Baca Juga: Tempat Wisata di Bukittinggi

Namun perjalanan dari tepi jalan untuk sampai ke sana akan sedikit melelahkan. Perlu menggunakan kendaraan pribadi dan melintasi pemukiman warga. Nah sesampainya di Korok Tarok. Kita akan menjumpai air terjun Lubuak Bonta.

13. Taman di Bendungan Anai

wisata padang pariaman - image via pasangmata.detik.com
Di Lubuk Alung, pernah dibangun sebuah bendungan yang tentunya berfungsi untuk mencegah banjir, menjaga intensitas sungai dan pengairan. Nah, sekarang bendungan tersebut telah dilengkapi taman hijau yang letaknya persis di tepi danau buatan di Kabupaten Padang Pariaman itu.

14. Lubuak Batu Palimauan

tempat wisata di pariaman
lubuak batu palimau - image via ardiesensei
Tak sekedar pemandian, Lubuak Batu Palimauan ternyata menyimpan nilai historis. Hanya sedikit orang yang tahu kalau objek wisata alam di kecamatan Patamuan ini memiliki kaitan dengan Khatib Sangko.

Di sini, terdapat 7 buah batu yang sengaja dilubangi. Menurut penuturan warga, bebatuan itu dahulunya adalah tempat balimau sosok terkenal dari Tandikek, Khatib Sangko. Uniknya lagi, pemandian ini dipercaya dapat menyembuhkan beragam jenis penyakit kulit lho! Hal itu diakui pula oleh pengunjung. Kendati belum terlalu naik daun, jumlah kunjungan wisata ke sini per harinya sudah lebih dari 150 orang.

Menyegarkan badan dengan berendam di Lubuak Batu Balimau tentu akan membantu merilekskam tubuh. Apalagi jika jadwal kerja cukup padat. Maka, sempatkanlah ke wisata alam dan sejarah di Kab. Padang Pariaman ini.

15. Festival Tabuik

tempat wisata di pariaman
festival tabuik - image via @haniffaisal16
Wisata Padang Pariaman yang cukup menyita perhatian turis mancanegara dan rutin diadakan setiap tahun ketika menyambut Asyura adalah Festival Tabuik.

Sebagai pesta rakyat, Festival Tabuik yang sudah ada semenjak tahun 1916 sangat menonjolkan tradisi budaya lokal Mingkabau. Event ini sangat dinanti oleh segenap lapisan masyarakat Sumbar terutama penduduk asli Pariaman.

Tabuik adalah peti yang dibuat menyerupai buraq. Saat ini ada 2 buah jenis tabuik yakni tabuik subarang dan tabuik pasa. Festival terbesar di Pariaman tersebut akan ditandai dengan beragam prosesi dan ritual. Pagelaran akan berlangsung 7 hari lamanya. Setiap kali diadakan, pengunjungnya akan tumpah ruah dan memadati lokasi.
15 Tempat Wisata di PARIAMAN yang Ngetrend Tahun 2020 Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/15/2020 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.