Widget HTML Atas

9 Tempat Wisata di Dumai Terkini dan Terbaru Wajib Dikunjungi

Dumai merupakan salah satu kota minyak di Pulau Sumatera dan Indonesia.Terletak di pesisir timur provinsi Riau, kota ini sangat maju di berbagai sektor industri, termasuk bidang transportasi dan hospitality yang sekaligus mewujudkan wisata Dumai menjadi tempat berlibur yang menarik.
 
wisata dumai
tempat wisata di kota dumai - image credit: instagram/sendum

Kemudahan akses dan kelengkapan amenitas membuat tempat wisata di Dumai merupakan destinasi favorit dengan beragam pesona. Tidak hanya mall, tempat berlibur yang diunggulkan pun cukup bervariasi, terdapat juga objek wisata yang menawarkan keindahan alam, pantai, tujuan kuliner dan sejarah.

Dengan motto 'Kota Bertuah' dan berjarak 201 km dari ibukota Pekanbaru,berikut 11 Tempat wisata yang ada di Dumai, Riau. Mencakup tujuan wisata terbaru maupun destinasi lama yang wajib direkomendasikan untuk referensiberlibur.
 

Pantai Puak Marina

tempat wisata di dumai
tempat wisata di kota dumai - image credit: instagram/sendum
Sebut saja Pantai Puak Marina yang merupakan objek wisata keluarga di sekitarTeluk Makmur ini. Nuansa laut yang tenang cocok untuk bersantai. Pemandangan alamnya pun juara, sesekali kita bisa melihat kapal Ro-ro melintasi samuderabiru.
 
Secara topografi, memang rata-rata jajaran wisata pantai terdekat dari kota Dumai terhampar di sepanjang sisi Sumatera. Letaknya berada di kawasan Medang Kampai, tepat di seberang atau berhadapan langsung dengan Pulau Rupat.
 
Kendati lumayan jauh lantaran berjarak kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota Dumai, pantai di kawasan Teluk Makmur ini justru sangat difavoritkan baik oleh warga lokal maupun para pelancong. Selain bisa bermain air, warungsea food yang berderet di tepi pantai seru juga untuk tempat makan dan nongkrong.
Lokasi: Tlk. Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai, Riau
Jam Buka: 08.00 - 19.00 WIB
Tiket Masuk: Gratis

Taman Putri Zara

wisata dumai
taman putri zara yang indah
Bagi sebagian orang, mungkin taman kota sudah membosankan ya. Apalagi kalau isinya begitu saja dan tidak ada perubahan. Ujung-ujungnya cuma buat jogging. Tapitempat berikut justru elok dengan wahana selfie ciamik, yaitu Taman Putri Zahra.
 
Taman Putri Zara ialah spot rekreasi hijau, dihiasi aneka tanaman seperti bunga matahari dan pepohanan. Atmosfernya romantis plus instagenik. Terutama di zona restoran dan danau kecil yang oke untuk berswafoto.
 
Misalnya ingin bikin acara seperti gathering komunitas, arisan, perpisahan sekolah dan lainnya yang umum dilakukan di tempat terbuka, banyak yang merekomendasikan tempat wisata ini. Tak cuma lokasinya cukup luas, fasilitasnya pun pasti memadai.
Lokasi: Tanjung Palas, RT 04, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Provinsi Riau
Jam Operasional: 09.00 - 18.00 WIB
Tiket Masuk: Rp5.000/orang.

Ekowisata Bandar Bakau

tempat wisata di dumai
hutan wisata di kota dumai - image via suci_ck
Pesisir Dumai mewarisi 30 hektar lahan hutan mangrove yang hijau, bentang kawasan tersebut pada dasarnya berfungsi untuk dan menjaga daratan dari abrasi laut. Namun, bisa juga dikelola untuk tujuan wisata edukasi. Dan jika melawat ke Pangkalan Sesai, terdapat sebuah kawasan eco-tourism yang belum lama ini naik daun yakni Bandar Bakau.
 
Bandar Bakau merupakan objek ekowisata yang dikembangkan oleh Pokdarwis lokal. Selain dirancang sebagai kawasan rekreasi alam. Hutan ini menyisipkan program wisata pendidikan dengan mengenalkan 20 lebih jenis mangrove kepada publik.
 
Pengelola hutan wisata sengaja menyiapkan beragam aktivitas bagi pengunjung. Agar wisatawan betah berlama-lama menikmati kawasan mangrove tersebut. Beberapa kegiatan wisata populer di sana di antaranya penanaman pohon, pembelajaran di sekolah alam serta kegiatan penjelajahan hutan.
Alamat: Ratu Sima, Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau 28826
Jam Buka: 08.30 - 19.00 WIB
Tiket Masuk: Rp5.000

Danau Bunga Tujuh

wisata dumai
image credit: istimewa
Belakangan ini nama Danau Bunga Tujuh tambah ramai dikunjungi pelancong. Dipadukan dengan sebuah restoran terapung, suguhan kecantikan danau tersebut semakin komplit saja, Pandangan akan terpana dan kagum menyaksikan alam yang lestari.
 
Di atas danau itu, kereta air dan perahu dapat digunakan wisatawan untuk berkeliling. Tambah lagi, udara di sini tak sepanas di kota sehingga cocok untuk refreshing. Nah, bagi remaja yang butuh tempat untuk nongkrong, cafe terapung yang estetik pas untuk memuaskan hobi berfoto.
 
Objek wisata tersebut berlokasi di Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur dan jaraknya cuma terpisah sekitar 7 km dari arah kota. Tergolong destinasi yang murah meriah bagi setiap kalangan. Pasalnya, pengunjung tak perlu membeli tiket masuk.
Lokasi: Bukit Batrem, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai, Riau 28826
Jam Buka: -
Tiket Masuk: Gratis

Telaga Tirta

tempat wisata di dumai
telaga tirta image via @novhya_silaban
Pakem destinasi kota selalu identik dengan tempat yang sepi. Paling tidak, asik untuk berteduh kendati objeknya tak terlalu luas. Pentingnya sih punya tempat untuk duduk dan ada sesuatu yang bisa dilihat. Telaga Tirta Patranya misalnya.
 
Telaga Tirta Patra sebenarnya merupakan bagian dari komplek Pertamina Bukit Datuk. Namun, warga Dumai kerap memilih tempat ini untuk sekedar bersantai di sore hari. Meskipun tidak terlalu hits, ruang terbuka hijau ini memiliki panorama tersendiri. Apalagi saat sunset, pantulan cahaya yang dibiaskan telaga bikin hati tentram.
 
Di tengah telaga tersebut ada pulau buatan. Untuk ke tengah pulau pengunjung harus melewati jembatan yang menggantung di atas telaga. Dari atas jembatan tersebut, pengunjung dapat menyaksikan atraksi ikan berwarna-warni tampak memanjakan mata.
Lokasi: Komplek Pertamina Bukit Datuk, Jl. Cilacap Umum, Bukit Datuk, Kec. Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau 28826
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: Tutup Sementara

Bukit Gelanggang

wisata dumai
image via robysugaraa

Taman Bukit Gelanggang menjadi sentra kuliner terlengkap di Kota Dumai. Apabila pertama kali ke sini, gerbang megah bercorak budaya Melayu yang mencolok dan kontras dengan warna kuning akan menyambut kedatangan kita.Bukit Gelanggang ini selalu ramai terutama malam hari. Lampu hias yang terang benderang. 
 
Acara-acara musik atau berbagai perhelatan event seperti pasar malam selalu diadakan di Bukit Gelanggang. Selain karena luas, letaknya juga tepat di tengah pemukiman. Di sini ada internet gratis juga lho. Jadi jangan kaget kalau banyak pengunjung menghabiskan waktu untuk menikmati wisata Dumai Riau.
Lokasi: Tlk. Binjai, Kec. Dumai Tim., Kota Dumai, Riau 28826
Jam Buka: 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Koneng

tempat wisata di dumai
pantai koneng - image via udaphoto
Ingin melihat pantai berpasir putih di Dumai, inilah Pantai Koneng yang wajib dikunjungi sahabat PSN. Seru rasanya menginjakkan kaki di pasirnya yang begitu cemerlang, apalagi saat langit luas sedang memancarkan biru.
 
Pantai Koneng ini adalah tempat hunting foto paling populer di Dumai. Tak sedikit fotografer memilih lokasinya untuk kebutuhan gambar prewedding. Percaya deh, hasil jepretan kamera dijamin cantik. Pantai alami ini tentunya sudah dikelola maksimal, jadi fasilitasnya sangat memadai. Dari kamar mandi sampai pusat jajanan. Misalnya pengunjung mau memasang tenda, pengelola membolehkan untuk camping eksklusif di sana. 
 

Resto Rumah Pohon Miaki

wisata dumai
image credit: rumah pohon miaki

Biaya masuk ke Rumah Pohon Miaki murah sekali, berbekal uang Rp5.000 saja, pengunjung sudah leluasa menikmati pesona rumah pohon di Dumai tersebut. Utuh dengan konsep kekinian, restoran ini tiap tahun selalu menghadirkan wahana terbaru.
 
Dari seru-seruan di arena water ball, berolahraga di arena flying fox sampai games meja apung yang menggembirakan pengunjung. Sedangkan untuk kuliner, tempat makan ini menyediakan varian menu yang cocok dilidah orang Indonesia.
 

Kampung Teratai

tempat wisata di dumai
wisata kampung teratai, dumai - image via desianggraini

Eloknya Kampung Teratai menjadikan objek wisata di Bagan Besar ini menyenangkan untuk mengisi hari libur. Entah paska idul fitri, natal bahkan tahun baru sekalipun. Apalagi sekarangnya, pemilik rekreasi itu telah membenahi tempatnya secara menyeluruh.
 
Seusai dengan maksud namanya, maka Kampung Teratai identik dengan bunga teratai yang memadati area kolam ikan di depan bangunan induk. Suasana di objek wisata tersebut begitu asri yang alhasil tidak akan membosankan saat berada di sana.

Baca Juga: Tempat Wisata di Kampar

Rasanya tempat wisata di Dumai ini cukup romantis untuk berlibur dengan pasangan. Karena tidak begitu ramai sehingga lebih tenang untuk menikmati suasana. Di beberapa sudut RM ini disediakan spot kekinian.
 
Mengunjungi kota Dumai untuk berwisata pasti menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Seperti 9 destinasi yang direkomendasikan tersebut, wajib banget dikunjungi. Mana tau, akan ada objek lain yang muncul dan membingkai kota minyak sebagai tujuan favorti di Riau.