Widget HTML Atas

9 Tempat Wisata di Dumai yang Layak Dikunjungi Sepanjang 2020

tempat wisata di kota dumai - image via sepdum
Dumai sendiri merupakan salah satu kota minyak di Pulau Sumatera dan Indonesia. Terletak di pesisir timur provinsi Riau, kota ini sangat maju di berbagai sektor industri, termasuk bidang transportasi dan wisata.

Kemudahan akses dan kelengkapan amenitas wisata sekaligus menjadikan Dumai sebagai kota destinasi favorit. Tidak hanya mall, tempat berlibur yang mengandalkan keindahan alam, pantai, kuliner serta sejarah pun bisa dijumpai.

Hal itu menandakan bahwa tempat wisata di Dumai memang beragam jenisnya. Seperti daftar tujuan berlibur yang pariwisatasumut.net ulas berikut. Selain indah, beberapa diantaranya masih baru sehingga wajib didatangi selama tahun 2020.

1. Pantai Puak Marina

pantai di dumai, puak marina - image via eni sofhia harahap
Sebut saja Pantai Puak Marina yang merupakan objek wisata keluarga di sekitar Teluk Makmur ini. Nuansa laut yang tenang cocok untuk bersantai. Pemandangan alamnya pun juara, sesekali kita bisa melihat kapal Ro-ro melintasi samudera biru.

Rata-rata jajaran wisata pantai terdekat dari kota Dumai terhampar di sepanjang sisi Sumatera. Letaknya berada di kawasan Medang Kampai, tepat di seberang atau berhadapan langsung dengan Pulau Rupat.

Kendati terpaut jarak 30 kilometer dari pusat kota Dumai, pantai di kawasan Teluk Makmur justru difavoritkan sangat oleh pelancong. Tak hanya bisa bermain air, warung sea food yang berderet di tepi pantai seru juga untuk tempat makan.

2. Taman Putri Zara

putri zara, taman dumai
Bagi sebagian orang, mungkin taman kota sudah membosankan ya. Apalagi kalau isinya begitu saja dan tidak ada perubahan. Ujung-ujungnya cuma buat jogging. Tapi tempat berikut justru elok dengan wahana selfie ciamik, yaitu Taman Putri Zahra.

Taman Putri Zara ialah spot rekreasi hijau, dihiasi aneka tanaman seperti bunga matahari dan pepohanan. Atmosfernya romantis plus instagenik. Terutama di zona restoran dan danau kecil yang oke untuk berswafoto.

Misalnya ingin bikin acara seperti gathering, arisan dan lainnya, boleh juga lho di sini. Lokasinya cukup luas dan beralamat di Tanjung Palas, RT 04, Dumai Timur. Tiket masuknya cuma Rp5.000 per pengunjung.

3. Ekowisata Bandar Bakau

hutan wisata dumai - image via suci_ck
Pesisir Dumai mewarisi 30 hektar lahan hutan mangrove yang cantik membentang dan menjaga daratan dari abrasi laut. Jika kita berkunjung ke Pangkalan Sesai, terdapat sebuah kawasan eco-tourism yang belum lama ini naik daun yakni Bandar Bakau.

Bandar Bakau merupakan objek ekowisata yang dikembangkan oleh Pokdarwis lokal. Selain dirancang sebagai kawasan rekreasi alam. Hutan ini menyisipkan program wisata pendidikan dengan mengenalkan 20 lebih jenis mangrove kepada publik.

Pengelola hutan ini menyiapkan beragam aktivitas bagi pengunjung. Di antaranya penanaman pohon, pembelajaran di sekolah alam serta kegiatan penjelajahan hutan.

4. Danau Bunga Tujuh

danau di riau - image via menyapariau.com
Belakangan ini nama Danau Bunga Tujuh tambah ramai dikunjungi pelancong. Suguhan kecantikan danau tersebut semakin komplit saja, Pandangan akan terpana dan kagum menyaksikan alam yang lestari.

Di atas danau itu, kereta air dan perahu dapat digunakan wisatawan untuk berkeliling. Tambah lagi, udara di sini tak sepanas di kota sehingga cocok untuk refreshing. Nah, bagi remaja yang butuh tempat untuk nongkrong, di sana ada sederet cafe apung yang estetik.

Wisata tersebut berlokasi di Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur dan jaraknya cuma terpisah sekitar 7 km dari arah kota. Tergolong destinasi yang murah meriah. Pasalnya, pengunjung tak perlu membeli tiket masuk.

5. Telaga Tirta

telaga tirta image via @novhya_silaban
Pakem destinasi kota selalu identik dengan tempat yang sepi. Paling tidak, asik untuk berteduh kendati objeknya tak terlalu luas. Pentingnya sih punya tempat untuk duduk dan ada sesuatu yang bisa dilihat. Telaga Tirta Patranya misalnya.

Telaga Tirta Patra sebenarnya merupakan bagian dari komplek Pertamina Bukit Datuk. Namun, warga Dumai kerap memilih tempat ini untuk sekedar bersantai di sore hari. Meskipun tidak terlalu hits, ruang terbuka hijau ini memiliki panorama tersendiri. Apalagi saat sunset, pantulan cahaya yang dibiaskan telaga bikin hati tentram.

Di tengah telaga tersebut ada pulau buatan. Untuk ke tengah pulau pengunjung harus melewati jembatan yang menggantung di atas telaga. Dari atas itu, ikan berwarna-warni tampak memanjakan mata.

6. Bukit Gelanggang

image via robysugaraa
Taman Bukit Gelanggang menjadi sentra kuliner terlengkap di Kota Dumai. Apabila pertama kali ke sini, gerbang megah bercorak budaya Melayu yang mencolok dan kontras dengan warna kuning akan menyambut kedatangan kita.

Bukit Gelanggang ini selalu ramai terutama malam hari. Lampu hias yang terang benderang. Acara-acara musik atau berbagai perhelatan event seperti pasar malam selalu diadakan di Bukit Gelanggang. Selain karena luas, letaknya juga tepat di tengah pemukiman.

Di sini ada internet gratis juga lho. Jadi jangan kaget kalau banyak pengunjung menghabiskan waktu untuk menikmati fasilitas itu.

7. Pantai Koneng

pantai koneng - image via udaphoto
Ingin melihat pantai berpasir putih di Dumai, inilah Pantai Koneng yang wajib dikunjungi sahabat PSN. Seru rasanya menginjakkan kaki di pasirnya yang begitu cemerlang, apalagi saat langit luas sedang memancarkan biru.

Pantai Koneng ini adalah tempat hunting foto paling populer di Dumai. Tak sedikit fotografer memilih lokasinya untuk kebutuhan gambar prewedding. Percaya deh, hasil jepretan kamera dijamin cantik.

Pantai alami ini tentunya sudah dikelola maksimal, jadi fasilitasnya sangat memadai. Dari kamar mandi sampai pusat jajanan. Misalnya pengunjung mau memasang tenda, pengelola membolehkan untuk camping eksklusif di sana.

8. Resto Rumah Pohon Miaki


Biaya masuk ke Rumah Pohon Miaki murah sekali, berbekal uang Rp5.000 saja, pengunjung sudah leluasa menikmati pesona rumah pohon di Dumai tersebut. Utuh dengan konsep kekinian, restoran ini tiap tahun selalu menghadirkan wahana terbaru.

Dari seru-seruan di arena water ball, berolahraga di arena flying fox sampai games meja apung yang menggembirakan pengunjung. Sedangkan untuk kuliner, tempat makan ini menyediakan varian menu yang cocok dilidah orang Indonesia.

9. Kampung Teratai

wisata kampung teratai, dumai - image via desianggraini
Eloknya Kampung Teratai menjadikan objek wisata di Bagan Besar ini menyenangkan untuk mengisi hari libur. Entah paska idul fitri, natal bahkan tahun baru sekalipun. Apalagi sekarangnya, pemilik rekreasi itu telah membenahi tempatnya secara menyeluruh.

Seusai dengan maksud namanya, maka Kampung Teratai identik dengan bunga teratai yang memadati area kolam ikan di depan bangunan induk. Suasananya termasuk asri dan tidak membosankan.

Baca Juga: Tempat Wisata di Kampar

Rasanya tempat wisata di Dumai ini cukup romantis untuk berlibur dengan pasangan. Karena tidak begitu ramai sehingga lebih tenang untuk menikmati suasana. Di beberapa sudut RM ini disediakan spot kekinian.

Mengunjungi kota Dumai untuk berwisata pasti menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Seperti 9 destinasi yang direkomendasikan tersebut, perlu dikunjungi selama tahun 2020. Mana tau, akan ada objek lain yang muncul dan membingkai kota minyak sebagai tujuan favorti di Riau.

Berlangganan via Email