Top Ad unit 728 × 90

11 Tempat Wisata di Kampar dan Bangkinang yang Hits Bikin Tercengang

-- --
wisata kampar - image via ariimoto - susanto.xu
Memulai perjalanan wisata ke Bangkinang, ibukota Kampar - akan cukup banyak tempat menarik dan indah yang tak terduga.

Dari tepian mahligai, danau rusa, sungai gulamo sampai candi muara takus adalah sebagian contoh wisata Kampar yang diunggulkan sendiri oleh Provinsi Riau. Selain tempat tersebut, Kabupaten Kampar menyimpan objek wisata alam dan air terjun. Bahkan, beberapa diantara destinasi itu sama sekali belum pernah terdengar sebelumnya.

Tempat wisata di Kampar merupakan opsi terbaik kalau sahabat PSN bermaksud menjelajah destinasi Riau yang eksotik. Budaya yang dipenuhi tradisi unik hingga munculnya destinasi terbaru di Bangkinang dan beberapa kecamatan sekitarnya, menjadikan kabupaten yang dijuluki Serambi Mekah ini semakin memesona.

Tempat Wisata di Kampar

Berikut ulasan pariwisatasumut.net tentang 11 tempat wisata di Kampar dan Bangkinang yang patut direkomendasikan.

1. Ulu Kasok

wisata kampar
ulu kasok - image via @kiddrock85/pkucity
Enggan melepas pandangan mata tatkala menatap Ulu Kasok, pulau-pulau yang berhimpit elok di antara danau buatan itu mengingatkan kita akan destinasi di barat Indonesia. Pesona alam Riau tersebut, nyaris serupa dengan destinasi Raja Ampat.

Sebagai salah satu tujuan berlibur, objek wisata di 13 Koto Kampar ini memiliki sederet spot bukit yang biasa dijadikan pengunjung untuk menikmati panorama alam Ulu Kasok dari ketinggian. Masing-masing menyediakan spot berfoto kekinian, misalnya Puncak Kompe, Bukit Kelok Indah dan Puncak Tuah.

Sejarahnya, Ulu Kasok merupakan waduk yang diinisiasi oleh stake holder untuk memenuhi kebutuhan irigasi air. Setelah melalui beberapa prosedur lingkungan, desa Pulau Gadang di lembah Tanjung Alai itu kemudian berubah menjadi bendungan terindah di Pulau Sumatera.
Info detail
Tiket masuk: Rp10.000 - Lokasi: Desa Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kecamatan XII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau (peta google).

2. Air Terjun Batang Kapas

air terjun batang kapas - image via ahmad rivaldy/exploriau
Air terjun tertinggi di Kampar sekaligus terindah adalah air terjun Batang Pangkalan Kapas. Objek wisata di Kiri Hulu ini menampilkan bentangan air dengan tinggi kurang lebih 150 meter dari tebing bebatuan granit putih. Lantaran berada di pedalaman Sumatera dan harus menembus hutan, maka destinasi minat khusus tersebut lebih banyak dikunjungi oleh para penikmat wisata petualangan.

Batang Kapas hanyalah satu dari sekian banyak destinasi adventure di Kampar Riau. Tapi, kawasan Lubuk Bigau ini menyisipkan eksotika alam liar yang lebih menawan. Di balik gemuruh airnya itu, beberapa satwa liar hidup bebas dan kerap menunjukkan diri. Pun, deretan pohon berusia ratusan tahun akan membuat kita tercengang.

Bila libur panjang, cobalah menyisir permainya ekowisata yang sedang naik daun ini. Persiapkan tenda dan kebutuhan camping lainnya, sebab berkemah adalah kegiatan paling dianjurkan bila hendak mengeksplor pesona Batang Kapas.
Info Detail
Biaya guide lokal Rp200k, Lokasi Desa Batu Sasak, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

3. Tepian Mahligai

image via @raf2909
Semula, Tepian Mahligai adalah lahan dermaga perkebunan karet di sekitar PLTA Koto Panjang. Atas inisiasi dan peran warga, tempat ini kemudian dibenahi sehingga menciptakan tujuan wisata terbaru yang tak butuh waktu lama untuk segera anyar.

Di objek wisata Taman Mahligai, pengunjung disajikan destinasi alam yang tertata modern. Danau di sisi dermaga dipadati oleh sederet permainan air. Sedangkan sudut lainnya dibangun pula spot kuliner dan jejeran kursi menghadap danau untuk tempat nongkrong.

Tiket masuk boleh dibilang cukup murah, hanya sebesar Rp5.000 per orang membuat pengunjung objek wisata Taman Mahligai menyebut bahwa destinasi ini sangat direkomendasikan. Selain bisa berhemat, bagus pula untuk liburan anak-anak dan keluarga.

Dari destinasi yang kerap disebut Taman Seribu Bunga Kampar ini pula, pelancong dapat menaiki sampan untuk mendarat ke Pulau Jodoh yang merupakan dataran kecil di seberang dermaga yang asik untuk bermain hammock.
Lokasi: Desa Pulau Gadang, Kec xIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau (google map)

4. Stanum Bangkinang

wisata bangkinang
wisata stanum bangkinang
Beranjak sejenak ke kota Bangkinang, wisata Stanum yang merupakan taman rekreasi meliputi area skate board, gedung pertemuan, penginapan dan restoran dan kolam renang dalam satu kawasan patut dimasukkan dalam agenda liburan.

Dekat dari pusat perkotaan dan berada di wilayah Langgini, objek wisata tersebut sebenarnya telah lama berdiri, sejak era 90-an. Namun, munculnya berbagai tipe destinasi di Bangkinang membuat Stanum sempat tak dilirik oleh masyarakat. Kini, fasilitas dan wahananya telah diperbaiki dan lebih instagenik.

5. Sungai Gulamo

image via yul_achyar
Menyingkap Sungai Gulamo yang merupakan objek wisata geo (geo tourism) Tanjung Alai sangatlah menantang. Destinasi potensial ini menawarkan pemandangan cantik, permadani hutan hijau dan pemandian alam di tengah hutan Riau.

Sangking eloknya, tempat tersebut diklaim Green Canyon-nya tengah Sumatera. Siapa pun pasti terpana melihat panorama bebatuan besar, curug hingga aliran sungai yang tampak begitu jernih hingga ke dasar Sungai Gulamo.

Untuk bisa menikmati potret alam nyata ini, pelancong bisa menyewa kapal motor yang akan membawa tamu mengarungi sungai. Selama seharian penuh, biayanya sekitar Rp500 ribu per rombongan.

6. Bukit Naang

bukit naang
Menemukan tempat yang menyediakan sarana outbond di Kampar tidak terlalu sulit lho, Bukit Naang misalnya. Di sini, pengelola telah mempersiapkan berbagai kegiatan seru seperti jaring-jaring, flying fox.

Terletak di seputaran Petapahan, Agrowisata Bukit Naang dijamin bikin adrenalin terpacu. Lengkapnya amenitas di objek ini membuat wisatawan datang silih berganti. Apalagi tidak hanya tamu yang ingin ber-outbond saja yang bisa masuk. Pun, pengunjung umum dapat berlibur ke sana.

Lokasinya mudah diakses dari kota Bangkinang, biaya masuknya hanya Rp10k dan sesudah membayar tiket retribusi Bukit Naang. Pengunjung sudah bebas menikmati wahana di sana. Tak lupa, terdapat kebun binatang atau taman hewan mini di sini.

7. Taman Nadin

image via @yaumil.awaliyahh
Rumah terbalik melengkapi pesona objek wisata Sungai Pinang yang tak kalah hits dibandingkan destinasi kekinian di Indonesia bagian barat Kampar, yaitu Taman Agro Nadin.

Taman Agro Nadin tak jauh berbeda dengan Go Green Kampar. Konsepnya persis sama, mengikuti trend wisata terbaru dan kekinian. Jadi jangan kaget kalau melihat bangunan unik di sini, seperti rumah kurcaci, rumah pohon dan juga rumah terbalik.

Taman tematik di Kecamatan Tambang ini banyak diulas oleh para pengunjung. Setiap musim libur nasional seperti hari raya lebaran dan tahun baru, pengunjung destinasi yang berada di Desa Tambang tersebut akan membludak. Kendati demikian, harga masuknya tetap normal, Rp10k per orang.

8. Sungai Hijau

sungai hijau pintu dua
Selalu ada hal menakjubkan yang disuguhkan fenomena alam, seperti salah satu destinasi di Kecamatan Salo yang unik. Yaitu sebuah aliran sungai yang memantulkan warna hijau lantaran dasarnya ditumbuhi ganggang lumut. Tempat itu dinamai Sungai Hijau.

Sungai ini pun tak terlalu dalam, ukurannya hanya 1 meter. Sepanjang bibir sungai, batu-batu kecil, rerumputan dan pepohonan memberikan suasana meneduhkan. Lantaran alirannya tidak pula terlalu deras, maka Sungai Hijau sangat nyaman untuk berendam. Tak salah bila tempat itu dikenal sebagai tujuan pemandian alam.

Sungai Hijau sebenarnya terbagi lagi ke dalam 4 wilayah wisata. Perbedaannya hanyalah pemilik atau pengelolanya saja. Meski sebagian lagi sudah menyulap lingkungan sekitar menjadi lebih kekinian dan dilengkapi ragam permainan.
Info detail
Tiket masuk Rp10k/orang. Lokasi: Bangkinang, Desa Salo, Kecamatan Kampar, Riau (titik koordinat)

9. Komplek Candi Muara Takus

image via @indraperdanasimangunsong

Salah satu ikon wisata kabupaten Kampar paling terkenal dan harus dikunjungi kendati bertipe destinasi cagar budaya adalah Candi Muara Takus. Objek sejarah ini terdiri dari candi Palangkan, Mahligai Stupa dan candi Bunsu sehingga sarat akan keindahan arsitektur masa kerajaan.

Layak untuk tujuan edukasi, Komplek candi Muara Takus tak hanya diminati oleh wisatawan dalam negeri. Tak jarang pula turis mancanegara ikut mengabadikan pesona seni visual dari peninggalan peradaban kerajaan Sriwijaya.

Candi Muara Takus digambarkan sebagai bukti kejayaan penguasa laut, yakni Kerajaan Sriwijaya yang begitu legendaris. Beberapa peninggalan wisata paluta juga memiliki bentuk serupa dengan peninggalan sejarah di Kampar tersebut.
Info Detail
Tiket masuk Rp5.000. Lokasi: Desa Muara Takus, XII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

10. Jembatan Waterfront City

jembatan bangkinang - image via nasar kohari/ptwijayakarya
Adakah wisata malam di seputaran Kampar? Jawabannya tentu beragam. Tapi, kita perlu memutar kemudi dulu ke Bangkinang, malam hari di kota ini tak akan membosankan. Bisa berburu kuliner khas atau melangkahkan kaki ke pinggir Jembatan Waterfront City Bangkinang.

Berada di jembatan tersebut, kita akan menyaksikan kerlap-kerlip lampu yang terpasang di tiang-tiang penyangga. Ketika berjalan di trotoar yang sengaja dibuat bagi pejalan kaki, suguhan Sungai Kampar tampak berkilau.

Bagi penyuka fotografi, di sinilah tempat hunting foto malam hari kota Bangkinang yang terbaik.

11. Desa Wisata Buluh Cina

image via desabuluhcina
Mengeksplor Siak Hulu, hutan wisata Buluh Cina tujuan adalah tujuan pertama yang wajib disinggahi. Yap, desa wisata ini memang kawasan konservasi yang dilindungi oleh BKSDA sehingga semua ekosistem di dalamnya tergolong asri.

Hal menarik lainnya yang akan membuat pelancong tercengang yakni keberadaan desa adat yang diklaim tertua di Riau, dapat kita temukan disini. Danau Buluh Cina terdiri dari beberapa atraksi wisata, meliputi arena pacu sampan, taman burung dan 8 danau hutan tropis.

Baca Juga: Waterpark di Pekanbaru

Tempat ini paling asik untuk wisata mancing. Beberapa danau di Buluh Cina seperti Danau Tanjung Putus pun bisa dikelilingi dengan perahu wisata. Uniknya, pelancong bisa bertemu dan berinteraksi dengan gajah yang dirawat langsung oleh BKSDA.

Menyusuri keindahan Kampar sekaligus Bangkinang di berbagai rekomendasi tempat wisata hits tentu akan membuat kagum. Sudah siap untuk menjelajahi objek tersebut?
11 Tempat Wisata di Kampar dan Bangkinang yang Hits Bikin Tercengang Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/19/2020 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.