Widget HTML Atas

Pantai Pandan - Aktivitas Liburan Seru dan 6 Potret Daya Tarik

pantai pandan - image via putra muliadi/hidayati oksari
Keunikan lokawisata pantai berpasir putih di ujung pesisir dengan suasana laut indah menjadikan Pantai Pandan sangat populer dan disukai oleh para pelancong. Pun kamu, pasti akan berminat untuk liburan ke Pandan Beach setelah mengetahui pesona yang dimiliki destinasi Tapanuli Tengah ini.

Diperkenalkan sejak tahun 90-an oleh Pemko Sibolga, Pantai Pandan adalah tempat di mana kamu akan menemukan ketenangan alam. Pantai bernuansa tropis ini menawarkan pengalaman berwisata low bajet.

Keindahan Pantai Pandan merupakan kelebihan utama yang dapat dinikmati pengunjung. Tempat pelancongan ini memiliki panorama yang elok dan terus menawan sepanjang tahun. Selain itu lokasinya juga strategis, dekat dari tempat wisata lain seperti Pantai Hollywood dan Bumi Asih.

Pantai Pandan

Banyak orang menyebut Pantai Pandan sebagai pusat rekreasi terlengkap. Jika kamu ingin mengetahui apa saja daya tarik, lokasi dan aktivitas yang menarik untuk dilakukan. Jangan lupa untuk terus membaca hingga akhir review pariwisatasumut.net berikut ya.

1. Akses Menuju Lokasi Pantai Pandan

sunset-di-pantai-pandan
image via desilia selvida
Hampir 70 persen pantai di Tapteng berada di tepi garis jalur perlintasan jalan. Begitu juga dengan arah Pantai indah ini, terletak di jalan Sisingamangaraja, Desa Pandan, Kec Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kamu bisa mengakses tempat wisata ini dengan sangat mudah. Karena infrastruktur menuju destinasi tersebut sudah sangat mendukung, maka perjalanan yang nyaman akan kamu rasakan selama berkendara.

Tak jarang juga didapati pengunjung domestik yang berjalan kaki ke sana. Pasalnya, dalam hitungan 13 menit saja mereka sudah bisa sampai dari beberapa tempat penginapan yang berbaris di sepanjang bibir pantai Bumi Asih.

2. Fasilitas dan Tiket Masuk Pantai Pandan

image source: instagram.com/whawansrc
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa destinasi ini dapat dinikmati secara gratis. Maka pelancong tidak harus mengeluarkan biaya untuk membeli karcis atau retribusi lainnya. Kecuali jika memakai fasilitas parkir kendaraan.

Sebagai ruang rekreasi publik, destinasi ini sepenuhnya dikelola Pemda. Mengenai jam operasional, wisatawan diizinkan menikmati tempat liburan tersebut sepanjang hari. Kapan saja? mulai dari pagi hingga malam hari selama 24 jam.

Di areal wisata pantai Pandan sudah tersedia beberapa sarana penunjang. Baik berupa tempat beristirahat, spot berfoto dan kuliner pantai. Jadi kamu tak akan merasa kesulitan menemukan sarana berlibur, semua sudah disiapkan oleh pengelola.

Daya Tarik Pantai Pandan dan Aktivitas Utama

Kami sangat yakin sebagian besar dari kamu berfikir tentang daya tarik pantai. Sekaligus kegiatan seru seperti apa yang bagus untuk dilakukan di sana, bukan? Ini dia beberapa diantaranya!

3. Berendam di Tepian Pantai

pantai pandan sibolga via arwin simatupang
Ketenangan air di Pantai Pandan menjadikan tempat ini bagus untuk melakukan sederet aktivitas wisata. Hal pertama yang wajib kamu coba adalah berendam. Abaikan rasa khawatir, ombak yang mengarah ke daratan tidaklah kencang. Kamu bisa merasakan bagaimana serunya ketika gelombang air laut menghempas tubuh.

Beberapa warga lokal di sana selalu stand by menyediakan ban pelampung untuk disewakan kepada wisatawan. Agar penampilanmu semakin khas layaknya beach lover. Cobalah tidur di atas ban tersebut sembari berjemur di bawah terik matahari.

Kelebihan lain yang dimiliki pantai ini yaitu destinasinya yang dirancang untuk setiap usia. Terbukti dari tersedianya aktivitas wisata keluarga yang lengkap. Seperti menaiki jet ski dan bermain banana boat yang membuat destinasi ini semakin hype.

Jika hari telah senja, luangkan waktumu untuk menunggu pemandangan matahari terbenam. Teluk Sibolga yang membentuk lembah seyogianya menciptakan sudut sempurna untuk melihat sunset. Pendar cahaya langit ketika senja tak pernah gagal memberikan nuansa romantis.

4. Makan dan Membeli Souvenir

pantai-pandan-sibolga
image credit: hasnandani dani
Kawasan pariwisata di Pantai Pandan ini memang berkembang lebih dahulu dibandingkan pantai di Sibolga. Karenanya, menemukan tempat untuk bersantap di seputaran Pandan tidaklah sulit. Warung-warungnya tertata rapi di sepanjang pantai. Apalagi sekarang sudah ada juga destinasi lain yaitu Pantai Hollywood yang kekinian.

Kamu mau makanan seafood? atau sekedar minum air buah kelapa yang menyegarkan? Mudah sekali menemukan tempat makan di Pantai Pandan ini. Apalagi rata-rata menyajikan masakan khas yang sesuai dengan selera lidah orang Indonesia.

Sebelum pulang dari sini, luangkan waktu untuk membeli oleh-oleh atau souvenir khas pantai. Seperti gelang, kalung atau bisa juga baju pantai. Harganya tidak akan menguras isi kantong kok. Dari Rp5.000-an per item.

Daya tarik terakhir yaitu spot berfoto yang bertuliskan "Horas Tapteng" bisa jadi menu penutup dari perjalananmu ke Pantai indah Pandan.

Berlangganan via Email