Top Ad unit 728 × 90

12 Tempat Wisata di Sibolga dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

-- --
wisata sibolga | credit:@dhonyzr
Jika sedang mencari kota terkecil di Indonesia yang punya segudang destinasi wisata menarik, maka Sibolga adalah jawabannya. Tersohor sebagai pintu gerbang sisi barat dari Sumatera Utara, pariwisata Kota Sibolga sudah sejak lama memukau banyak wisatawan.

Daya tarik wisata Sibolga ada pada kontur wilayah yang berupa bentang alam Teluk Tapian Nauli dibalut pesona laut menawan. Sederet pulau cantik nan eksotik ditambah destinasi sejarah serta pantai di sekitarnya semakin menambah beragam tempat wisata di Sibolga.

Untuk menuju Sibolga, ada dua opsi yang dapat dipilih yakni bus travel dan pesawat. Transportasi tersebut tentu memudahkan wisatawan yang hendak traveling ke Sibolga, apalagi terdapat Bandara Pinang Sori dan Pelabuhan Sibolga yang menjadi akses penghubung Sibolga dengan kota lain di Sumatera Utara.

Tempat Wisata di Kota Sibolga dan Sekitarnya

Berlibur ke Sibolga pasti akan menyenangkan, sebab terdapat sederet wisata hits dan instagenik yang mudah ditemukan baik di pusat kota Sibolga sendiri maupun di tempat lain sekitarnya. Lalu, destinasi apa saja yang wajib dikunjungi ketika di Sibolga?

1. Pulau Poncan Gadang

pulau poncan | credit: w.nasution
Ciri khas dari Sibolga yakni kota bahari yang terdiri dari wilayah kepulauan seluas 187 hektar. Satu dari empat pulau di Sibolga yang asri dan cukup terkenal adalah Poncan Gadang. Pulau terluas di kawasan pantai Barat merupakan obyek wisata di Sibolga yang paling mudah dikunjungi.

Di Poncan Gadang, pengunjung dapat menikmati hamparan laut yang luas dengan bibir pantai berpasir putih di sepanjang pinggir pulau. Menariknya, disini telah berdiri beberapa penginapan dan resort wisata mewah.

Untuk memasuki Pulau Poncan, tiket masuknya cuma Rp5.000 untuk sekedar berkunjung sedangkan transportasi yang digunakan adalah kapal boat atau nelayan. Jaraknya tidak jauh dari Sibolga, cuma 15 menit waktu tempuh.

2. Pesona Pantai Ujung Sibolga

pantai ujung sibolga
Pantai di Sibolga yang merupakan lokasi favorit bagi penduduk lokal untuk menghabiskan waktu demi menikmati suasana sunset di sore hari ini tak pernah sepi. Di Pantai Ujung Sibolga, tampak jelas pemandangan alam dan bahari.

Disini, hiruk pikuk para pelaut yang sedang berlabuh membawa hasil laut hingga cahaya mentari terlihat sangat apik untuk dipotret. Pantai Ujung Sibolga sudah dikelola secara modern, perlintasan di terangi pencahayaan dan spot foto pun sudah tersedia.

Sebagai tempat bersantai, tempat wisata di Sibolga ini dilengkapi fasilitas memadai seperti sarana permainan, gerai kuliner hingga kursi yang ditempatkan menghadap ke laut luas.

3. Pulau Bangke

pulau bangke | credit:hijau doank
Namanya unik nih, tetapi jangan salah, pulau tersembunyi di laut Sibolga ini tidaklah kalah menawan dibandingkan destinasi lainnya. Serunya, pulau Bangke menyatu dengan Poncan dan dapat dijelajah ketika laut sedang dalam kondisi surut.

Objek wisata di kota Sibolga ini sebenarnya cocok sekali jika traveler sedang mencari hunting foto pre-wedding lantaran secara visual, pemandangannya cukup unik dan kecil. Nah, ketika laut sudah pasang, pulau ini bakal terpisah lagi dari Poncan. Sebab itu wajib mengenal suasana laut supaya tidak harus berenang sekembalinya dari Pulau Bangke.

Baca Juga: Tempat Wisata di Tapanuli Tengah

4. Tor Simarbarimbing

tor simarbarimbing | credit:@kamibersamalam
Bukan hanya bahari, ada juga tempat hiking dan camping di Sibolga bernama Tor Simarbarimbing yang merupakan salah satu dataran tinggi berupa gunung. Tor Simarbarimbing adalah salah satu spot terbaik untuk menyaksikan landskap view di kawasan Tapian Nauli.

Uniknya, para pengunjung akan menemukan beberapa hal menarik selama di perjalanan menuju Tor Simarbarimbing. Ada sebuah pemukiman Suku Nias yang akan dilewati, disini terdapat replika dari lompat batu atau hombo batu.

Wisata Sibolga yang pas untuk kegiatan mendaki ini terletak di Sibolga Utara. Mengenai fasilitas, Tor Simarbarimbing telah dilengkapi sarana gazebo atau bangunan kecil yang disediakan sebagai tempat beristirahat bagi pengunjung.

5. Pulau Poncan Ketek

poncan ketek | credit:@erwandiputra
Sesuai namanya, daratan di laut Sibolga ini punya luas lebih kecil dari Poncan Gadang dan lokasinya cukup berdekatan. Pulau tersebut khas dengan bebatuan berwarna hitam dan hanya ditumbuhi sedikit pohon kelapa.

Sayangnya, Poncan Ketek jarang sekali dikunjungi wisatawan. Padahal, kedua pulau ini sering dikaitkan dengan perkembangan Sibolga di era 1840-1850 yang dulunya dijuluki 'Sibolga Julung Basusuk' lewat pantun pesisir Sibolga 'Poncak Ketek Poncan Gadang, Di Tangga-tangga Pulo Bangke, Sibolga Ketek Kito Pagadang, Buli Hidup Indak Marase,"

6. Tangga Saratus

tangga 100 | credit: indah riana
Jika tengah menginap di salah satu akomodasi hotel di Sibolga dan hendak berolahraga sebelum traveling, cobalah ke Tanggo Saratus. Selain kerap dijadikan spot jogging oleh masyarakat Sibolga, Tangga Saratus ini termasuk ikonik karena susunan tangga yang terhubung lebih dari 100.

Spot wisata olahraga di Sibolga tersebut biasanya ramai setiap weekend terutama di pagi hari. Udara yang keluar dari pepohonan hijau di alur track membuat suasana di Tanggo Saratus terasa sangat segar.

Baca Juga: Hotel di Sibolga dan Tapanuli Tengah

7. Bukit Benteng Ketapang

view sibolga dari bukit benteng ketapang
Sebuah bangunan tua di Sibolga bernama Bentang Ketapang menjadi saksi bisu pada masa agresi Jepang terhadap Teluk Tapian Nauli. tempat wisata sejarah Sibolga ini terdiri dari 2 lantai dan sudah permanen.

Jika naik ke lantai 2, maka pemandangan Tapian Nauli dari Bukit Benteng Ketapang sangatlah indah. Benteng Jepang ini tepat di Kota Beringin, Sibolga Kota dan mudah diakses. Sayangnya, wisatawan luar tidak banyak mengetahui obyek wisata Benteng Ketapang ini.

8. Pulau Sarudik

pulau sarudik | credit:aam chaniago
Terkenal sebagai tempat mancing di Sibolga, Pulau Sarudik pun sebenarnya layak direkomendasikan bagi traveler, disini seru untuk melepas penat dan menikmati hamparan laut sekaligus menyaksikan para nelayan hilir mudik.

Dari pusat kota, Pulau Sarudik hanya berjarak kurang lebih 300 meter dan tentunya harus menggunakan kapal menuju Pulau Sarudik yang bersebelahan dengan Pelabuhan Bahari Sambas. Selain pantai, dominasi tumbuhan sejenis Mangrove di Sarudik menambah daya tarik pulau tersebut yang bisa dikembangkan sebagai tujuan ekowisata.

Baca Juga: 7 Pulau di Tapanuli Tengah

9. Destinasi Sejarah Batu Lobang

batu lobang | credit: @chalid_
Kalau ke Sibolga melalui jalur darat, maka akan melewati terowongan bernama Batu Lobang yang merupakan salah satu jalan penghubung antara Kab. Tapanuli Utara dan Sibolga. Sering juga disebut Goa Belanda, Batu Lobang dibangun saat Belanda berada di Indonesia.

Keunikan dari Batu Lobang sepanjang 20 meter membuat banyak pengunjung selalu singgah untuk sementara dan berfoto. Ukuran terowongan ini tidak terlalu luas dan hanya muat 1 kendaraan saja. Sebab itu, mobil atau angkutan yang melintas wajib bergantian. Meski masuk ke wilayah Tapanuli Tengah, destinasi ini biasanya tak dilewatkan oleh wisatawan yang mau plesiran ke Sibolga.

10. Pantai Pelabuhan Lama

pantai pelabuhan lama sibolga | credit: @exploresibolgatapteng
Tak jauh dari Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga, Pantai Pelabuhan Lama di Jalan Yos Sudarso ini adalah tujuan wisata idaman bagi orang Sibolga. Airnya jernih dengan kedalaman yang cukup dangkal sehingga bisa untuk berenang dan sesuai bagi anak-anak.

Dengan garis pantai yang cukup luas, Pelabuhan Lama Sibolga asik untuk nongkrong terutama di sore hari. Pesona sunrise disini sangat menarik apalagi jika musim kemarau. Nah, kalau tanggal merah, Pantai Pelabuhan Lama selalu padat merayap karena tingginya minat pengunjung serta lokasinya pun berada di sekitar perkotaan.

11. Explore Tempat Kuliner di Sibolga

tempat kuliner di sibolga | credit: @sibolgastory
Ada banyak sekali tempat kuliner di Kota Sibolga, makanan disini tentu tak lepas dari sea food. Beberapa tempat kuliner yang paling terkenal di Sibolga diantaranya Rumah Makan Medan Seafood di Jalan Imam Bonjol No 29 yang menyediakan menu lobster, kepiting hingg ikan bakar. Cita rasanya jangan ditanya deh, top!

Selain itu, masih ada beberapa wisata kuliner Sibolga yang bakal bikin selera makan kamu bertambah seperti Ikan Bakar Sari Laut di Jalan S Parman yang juga menyediakan menu khas laut. Ada juga Cahaya Minang Rumah Makan di Jalan Sisingamangara No 999 yang menyajikan menu lebih beragam, rempahnya pas sesuai selera orang Sumatera.

Jangan lupa mencicipi kuliner khas dari Sibolga yakni Panggang Paccak dan Panggang Geleng. 2 jenis kuliner ini paling otentik dan khas dari kawasan pesisir Sibolga lho!

12. Taman Tanggo Saratus Sibolga

taman tanggo saratus | credit: @hardymanalu
Di bagian puncak dari Tanggo Saratus, berdiri sebuah destinasi wisata alam yang dinamai Taman Tanggo Saratus. Jika hendak kesini, pastikan stamina teman traveler lagi fit karena harus bisa melewati 293 anak tangga sekaligus, banyak ya?

Nah dari Taman Tanggo Saratus ini, lelah itu akan terbayar dengan view eksotik yang menampilkan perkotaan Sibolga yang perpadu dengan laut serta pulau-pulau kecil di kejauhan. Pemko Sibolga sudah memfasilitasi Taman Tanggo Saratus sehingga lebih nyaman bagi pengunjung. (AN/SK/PSN)
12 Tempat Wisata di Sibolga dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi Reviewed by Pariwisata Sumut on 5/07/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.