Widget HTML Atas

Bah Silulu, Wisata Pemandian Alam di Gunung Malela

Sedang berjalan-jalan ke Dolok Malela? salah satu tempat wisata di Gunung Malela yang wajib banget dikunjungi adalah Pemandian Alam Bah Silulu. Kalau punya spare time yang banyak, berwisata agro ke Perkebunan Karet Bangun juga deh sekalian.

bah silulu
bah silulu di gunung malela, simalungun
Pemandian Alam Bah Silulu terletak di Nagori Silulu, sebuah desa kecil di kecamatan Gn. Malela, Simalungun. Daerah tersebut memang belum diketahui orang luar. Padahal, destinasi ini sudah menjadi tujuan berlibur warga semenjak 17 tahun lalu. Pun biaya masuknya, sangat sesuai untuk kaum low budget traveller.

Lantaran cuma berjarak 17 kilometer dari Siantar, jadi lokasi Bah Silulu gampang banget untuk diakses, jalannya juga mulus kalau teman-teman mau naik roda dua atau empat pasti aman. Terus, daya tariknya apa saja ya? ikuti ulasan Pariwisata Sumut berikut yuk!

Pemandian Alam Bah Silulu

Bah Silulu menawarkan sensasi pemandian alam dengan fasilitas yang bakal memanjakan pengunjung.

1. Sekilas tentang Gunung Malela


Kecamatan Gunung Malela berada di ketinggian 1.453 mdpl dan merupakan kecamatan yang terdiri dari 16 nagori (desa) di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Wilayah berkode pos 21175 ini dikenal sebagai daerah perkebunan sawit.yang diapit oleh Gunung Maligas dan Hutabayu Raja.

Adapun Desa Silulu berada di sebelah barat Dolok Malela. Dari ibukota kecamatan ini, tersedia 2 rute menuju lokasi obyek wisata yang dapat kamu pilih, pertama melalui Jalan Jaumar (15 menit) atau jalan Perkebunan Sawit (21 menit).

Tapi, kamu sepertinya wajib bawa kendaraan pribadi nih, pasalnya belum tersedia pilihan layanan angkutan umum reguler ke arah pemandian alam di Desa Silulu. Satu hal lagi nih sobat PSN, jalan ke sana belum terlalu bagus.

2. Wisata Pemandian Silulu

bah silulu wisata gunung malela
wisata di gunung malela
Coba tebak, kalau ke pemandian alam itu enaknya ngapain, tentunya renang dan seru-seruan kan? Nikmatnya lagi, wisata pemandian Silulu tawarkan dua spot kolam berbeda, yaitu kolam mata air dan kolam renang permanen.

Kolam renang di Dolok Malela yang bernuansa alam ini begitu menyejukkan mata. Kesegarannya akan sangat terasa tatkala digunakan untuk berenang karena bersumber dari mata air mineral. Makanya, destinasi tersebut tak hanya dikunjungi warga sekitar. Sebagian besar pengunjung wisata Bah Silulu malah berasal dari Serapuh, Pematang Asilum dan Sahkuda.

Semenjak awal dibuka oleh pengelola, pemilik mengatakan bahwa potensi objek wisata di Gunung Maligas memang sengaja dibuat untuk sarana rekreasi. Jika dahulu hanya dilengkapi kolam mata air, sekarang dihadirkan juga kolam renang yang dibangun beberapa tahun terakhir.

3. Rekomendasi Kegiatan Wisata Pemandian Silulu

kolam renang
Sambil menikmati alam Gunung Maligas yang udaranya cukup dingin, pengunjung bisa berendam di atas mata air sekaligus merasakan lembutnya pijatan relaksasi alam. Destinasi alam ini juga lumayan banyak dikunjungi keluarga karena tersedia spot khusus permainan anak.

Demi melihat airnya yang jernih seperti blue lagoon, kamu tentu tak sabar untuk segera nyemplung. Ketika kamu ke kolam renang alami di Dolok Malela, jangan lupa membawa water proof atau action camera agar bisa mengabadikan dasar mata airnya dari kedalaman 2 meter.

Rekreasi alam ini aman untuk anak-anak karena tinggi atau kedalaman kolam renangnya dibuat berjangka. Lagi pula, tak ada yang perlu dikhawatirkan secara serius, pasalnya pemilik objek wisata ini adalah seorang atlit renang.

4. Fasilitas

image via @eviyulinda
Kendati berada di daerah terpencil Gunung Malela, tetapi fasilitasnya sudah lebih dari cukup. Kita bisa menjumpai 1 buah kolam renang modern dan beberapa kolam mata air yang dasarnya masih dilapisi oleh bebatuan alam.

Destinasi yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga besar ini juga menyediakan pondok kecil. Gazebo tersebut disewakan Rp10.000 per hari. Nah, terdapat juga warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ringan.

Baca Juga: Hotel di Simalungun

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bah Silulu adalah pagi hingga siang hari. Jika datang siang, matahari yang terik akan memberikan nuansa segar dan airnya yang kebiruan memantul secara sempurna. Kalau memilih pagi hari, tentu belum terlalu banyak wisatawan yang datang sehingga bisa puas berenang.

5. Lokasi dan Tiket Masuk

Tak sulit menemukan lokasi dimana Bah Silulu terletak, yaitu jalan Besar Serapuh, Nagori Silulu, Kecamatan Gunung Malela, Kab. Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, 21175. Rute dan titik koordinat selengkapnya dapat dilihat di sini.

Soal tiket masuk sepertinya tidak akan menjadi kendala besar ya. Karena pengunjung hanya wajib membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang untuk hari libur nasional termasuk Sabtu dan Minggu. Sedangkan hari biasa, hanya dibanderol Rp2.000 per pengunjung.

Berlangganan via Email